English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Jumat, 23 Juli 2010

Tentang Sebuah Catatan Perjalanan

Halo sahabat petualang sekalian, semoga sahabat petualang sekalian diberkati oleh Tuhan dalam setiap aktivitas nya. Pada postingan kali ini, saya ingin membahas sebuah bagian yang tidak kalah penting (menurut saya) dari aktivitas petualang, entah apapun itu bentuknya, mulai dari mendaki gunung, panjat tebing, susur goa, arung jeram, atau hanya sekedar travelling ke suatu tempat untuk mengunjungi hal-hal yang baru dengan suasana yang baru juga. Apakah itu….??? Mungkin jawaban dari saya adalah “Catatan Perjalanan”. Yah, catatan perjalanan merupakan serangkaian tulisan atau cerita yang ditulis dalam sebuah wadah catatan (cth : buku,handphone, notebook, dll) yang ditulis dalam sebuah rangkaian perjalanan yang mempunyai fungsi dan tujuan tertentu (cth : artikel atau berita). Nah, kalo definisi yang baru dibaca oleh sahabat petualang itu menurut saya lho…mungkin sahabat petualang punya persepsi yang berbeda dari saya (itu terserah masing-masing saja ya…hehehehe….). Kemudian juga tidak lupa sertakan media rekam baik itu foto atau video yang bisa menceritakan suasana yang selaras dengan alurnya.

Mengapa kita perlu menuliskan catatan perjalanan…??? Bagi saya pribadi, menulis setiap kejadian yang saya alami dalam setiap perjalanan itu merupakan sebuah keasyikan (dan keunikan) tersendiri dalam melakukan sebuah perjalanan. Dalam buku catatan perjalanan yang biasa saya lakukan, saya sering menulis tempat dimana saya berkunjung, dalam rangka apa saya melakukan perjalanan, siapa saja personel yang ikut berpetualang bersama saya, jam berapa saja dan saya ngapain aja, harga ongkos/tarif angkutan berapa, naik angkutan apa saja, lewat rute mana saja, siapa saja yang saya temui, apa yang saya temukan, bagaimana kondisi daerah yang saya temui, bagaimana suasana nya, dan masih banyak lagi hal-hal yang biasa nya saya tulis dalam buku catatan perjalanan saya. Dari catatan perjalanan tersebut, biasanya saya sertai dengan memotret (foto) bagian-bagian penting dalam perjalanan saya itu (terutama untuk Narsis-narsis’an…hehehehehe…..)

Membuat catatan perjalanan bisa membuat saya terkadang kangen (rindu) untuk kembali ke tempat-tempat dimana saya pernah berkunjung. Banyak petualang-petualang hebat dan pernah (melegenda) yang terkadang menjadi inspirasi dan motivator saya dalam menulis sebuah catatan perjalanan. Sebut saja Soe Hok Gie (alm) yang sosoknya begitu di kenal dalam dunia pecinta alam hingga sekarang yang hingga detik-detik akhir menjelang kematiannya di gunung Semeru sempat menuliskan sesuatu, kemudian Norman Edwin (alm) yang selalu berpetualang dan membawa serangkaian cerita tentang petualangannya dan catatan terakhir sebelum beliu akhirnya ditemukan meninggal di Aconcagua. Kalo kedua orang barusan sudah almarhum. Kemudian ada bang Rizal Bustami seorang wartawan dari era ‘80an yang hingga kini masih sering aktiv menulis dan pemilik blog Cantigi Peace yang selalu membawa cerita dalam setiap petualangan beliau, dan salah satu yang jadi favorit saya adalah Trinity yang telah menerbitkan buku Naked Traveller, yang menuliskan apa saja tentang perjalanannya menjadi seorang backpackers yang telah keliling dunia.

Mungkin saya punya sedikit khayalan gila (baca: mengada-ada) dari buku catatan perjalanan yang saya miliki. Sesuatu yang terlalu muluk dan terlalu dini untuk di ungkapkan, “saya cuma ingin menikmati petualang seumur hidup saya” hehehehhehe…. Saya sedikit mengutip sebuah ungkapan dari Norman Edwin yang selalu ada di benak saya yang pernah dituliskan dalam buku tentang beliau “Jejak sang Beruang Gunung”, yaitu Saya akan terus berpetualang dan saya akan menceritakan tentang petualangan saya kepada kamu, dan suatu saat nanti, kamu lah yang akan menceritakan tentang petualangan saya ini kepada teman dan sahabatmu……(ini yang selalu menginspirasi saya).

Demikianlah sahabat petualang sekalian, untuk beberapa postingan yang akan datang saya akan mencoba mempublikasikan beberapa artikel tentang perjalanan petualangan saya seperti yang pernah saya posting sebelumnya tentang cerita hampir mati di Gunung Semeru, kemudian laporan tentang liputan kegiatan latihan Arung Jeram Forumnya Arung Jeram Yogyakarata (FAJY), Cerita tentang Pulau Terkecil di Dunia ada di Indonesia, dan beberapa lainnya yang pernah saya posting. Mohon maaf jika penyampaiannya masih terkesan acak-acakan dan semerawut…maklum, saya kurang pandai dalam merangkai kata-kata menjadi kalimat yang indah.

Semoga sedikit ulasan dari saya ini bisa bermanfaat untuk kita semua….
Tetap Semangat……!!!!
Salam,
Yohanes Kurnia Irawan

Foto : contoh dari catatan perjalanan saya.

343 komentar:

Anonim,  23 Juli 2010 pukul 14.33  

catatan apapun terlebih mengenai perjalanan & petualangan sangat penting dan dapat sebagai pelajaran juga tuk mengenang kembali ...

Kopi & Oatmeal 23 Juli 2010 pukul 14.36  

yang namanya pengalaman pribadi jika dituliskan dan bisa bermanfaat pada orang lain akan mendapatkan buah amal kebaikan :)

Akoey Jr. 23 Juli 2010 pukul 15.08  

Petualangan yang menarik Sob, semoga harapannya bisa tercapai.. amin.. :-)

Unknown 23 Juli 2010 pukul 16.14  

petualangan tanpa henti..demi alam..dan peduli alam tanpa merusaknya dgn hal yg tak berguna..Forza The Earth!!

Ami Junior 23 Juli 2010 pukul 17.27  

gue dukung loe brur... kalo bisa jalanin aja ama apa yang loe sebut khyalan gila itu hehehe. karena selama ini juga, gue termasuk bocah petualang lho...yang hidupnya terlantah kesana-kemari. silahkan loe baca di blog gue, My Journey in Maluku !
itu aja sob, raih mimpi loe lewati bintang-bintang di langit. God Bless you too

etam grecek 23 Juli 2010 pukul 18.27  

gw suka gaya lo sob........
segala sesuatu dijalankan dgn serius akan menjadi kenyataan....

Anonim,  24 Juli 2010 pukul 07.25  

your life is amazing!....

Melihat Indonesia 24 Juli 2010 pukul 10.27  

Perjalanan harus dicatat dan direkam dalam gambar, apalagi yang dikunjungi suatu tempat jauh dan menarik. Dengan demikian, perjalanan yang dilakukan juga bisa diketahui orang orang lain. Ingat, bahwa artikel Catatan Perjalanan, bukanlah Buku Harian atau Laporan Perjalanan, dimana setiap langkah harus diceritakan, tidak.
Yang penting dalam artikel itu diskripsi....

Suara Petualang 24 Juli 2010 pukul 10.35  

# Bang Rizal Bustami : thanks bang masukkan nya...sangat berguna sekali untuk saya, dan tentunya menambah wawasan saya...
sekali lagi terima kasih bang....

salam hangat.

Unknown 14 Agustus 2010 pukul 22.25  

Salut tuk sobat satu ini...teruskan bang... beberapa kisah ente ada yang jadi ispirasi buatku...

Sorry lama gak berkunjung..very busy di dunia nyata sana (chie sok sibuk),..

baca blog ente,..wah seru jadi inget masa lalu...

Unknown 20 Agustus 2010 pukul 20.54  

walah..ayo up date dab...lamo nian...naik? muncak?..hayooo

Anonim,  11 September 2010 pukul 12.49  

nice blog sob.. salam dari sesama petualang.. gw ada rencana backpacking malaysia timur, masuk dr singkawang, keluar dari nunukan.. bisa bantu?
oia. kunjungi juga electrum.wordpress.com
lestari..

Anonim,  27 Desember 2010 pukul 15.51  

Nulis di blog juga termasuk catatan perjalanan kan Om?? haha

akangbandung 13 Februari 2011 pukul 21.55  

sallam untuk sang petualang sy selalu salut kpd setiap petualang..salam kenal

xamthone plus 16 Agustus 2011 pukul 12.50  

catatan perjalanan yang dapat menjadi kenangan,,,,

reachschools.org 1 November 2011 pukul 08.47  

Catatan perjalanan itu bisa bermanfaat di kemudian hari. Bisa sebagai bahan nostalgia, atau mungkin bisa menjadi referensi untuk orang lain apabila dipublikasikan.

Dhidhit 15 Januari 2012 pukul 09.27  

Catatannya sangat bagus... sebagai catatan dalam berpetualang

tutorial komputer 21 Januari 2012 pukul 17.30  

itu sangat peru gan. apalagi klo dishare langsung di blog. sebagai saksi dalam menapaki kulit bumi ini

obat tradisional asam urat 30 Januari 2012 pukul 15.58  

patualangan yang sangat menarik gan...

Obat Herbal Stoke 1 Februari 2012 pukul 18.01  

memacu adrenalin..
boleh dicpba nih

resep masakan 14 Februari 2012 pukul 02.36  

catatan perjalanan anda menginspirasi banyak orang yang berkunjung ke blog ini.. salam kenal

obat tradisional kanker rahim 20 Februari 2012 pukul 09.35  

perjalanan yang keren...
salam kenal saja

pengobatan maag kronis alami 20 Februari 2012 pukul 22.27  

salam kenal ya ....
ini kunjungan pertama saya

obat tradisional kanker rahim 21 Februari 2012 pukul 09.23  

semoga perjalanannya penuh dengan kesenangan

obat tradisional kanker payudara 25 Februari 2012 pukul 14.38  

salut dah buat ente yang ga henti hentinya berkelana kawan...
lanjutkaann...

obat tradisional kanker payudara 25 Februari 2012 pukul 14.39  

salut dah buat ente yang ga henti hentinya berkelana kawan...
lanjutkaann...

Obat Penyakit Asma Tradisional 8 Maret 2012 pukul 09.31  

semuanya terbungkus rapi dalam sbuah catatan !!
mantaao dah ...

cara mengobati penyakit nyeri sendi 22 Maret 2012 pukul 13.16  

perjalanan yang menyenangkan, saya cinta alam, lanjutkan bank,,

Dhidhit 9 Juni 2012 pukul 18.26  

membuat sebuah catatan perjalanan memang asyik

Pengobatan susah punya anak 6 Juli 2012 pukul 11.54  

perjalannan dan petualangan memng bsa mnjadi sebuah kennangan ,tak peeduli knangan baik ataukah buruk

Obat Herbal Kangker Prostat 12 Juli 2012 pukul 22.46  

Thanks for share informations !

saya salut banget dengan perjuangannya !

obat herbal nyeri haid 8 Agustus 2012 pukul 14.15  

kaya ny seru bgt ya berpetualang. jd pngen nyoba :D

management consultant 28 Agustus 2012 pukul 19.57  

Terima kasih untuk penglamanya gan, pasti seru punya pengalaman berpetualang...:D

VPS Murah 8 September 2012 pukul 16.40  

Catper itu merupakan kenangan yang tak ternilai, lebih2 sekarang, era digital, catper masa2 kini pasti diwarnai dengan banyaknya foto2 menarik... salam lestari.

yandi 9 September 2012 pukul 23.10  

dengan mencatat catatan kecil pada saat berpetualang sangat penting agar kita bisa melihat history kegiatan kita selama berpetualang.

konkoow 12 September 2012 pukul 08.46  

makasih ya gan atas informasinya
Sangat menarik

wooow 12 September 2012 pukul 08.47  

matep gan
Haruskah gua bilang wooow

Dhidhit 14 September 2012 pukul 10.38  

Cerita perlu ditulis dalam sebuah catatan perjalanan

agen jelly gamat luxor jakarta pusat 18 September 2012 pukul 11.10  

Berpetualang memang harus mempunyai catatan, biar bisa mengenang petualangan tersebut.

OBAT HERBAL TUMOR LAMBUNG 18 September 2012 pukul 11.15  

Dulu saya juga kalau habis berpergian, apalagi pergi mendaki gunung. Pasti bawa catatan. barang kali ada kejadian aneh.

foredi 5 Oktober 2012 pukul 08.24  

Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

foredi 5 Oktober 2012 pukul 08.33  

Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

foredi gel 5 Oktober 2012 pukul 08.36  

aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

foredi 5 Oktober 2012 pukul 08.38  

Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

foredi gel 5 Oktober 2012 pukul 08.41  

Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

obat gasa 5 Oktober 2012 pukul 08.44  

Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

obat gagah perkasa 5 Oktober 2012 pukul 08.45  

saya akan mencoba tipsnya yang sangat bermanfaat sekali

Obat Gasa 5 Oktober 2012 pukul 08.48  

Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

Kapsul Gasa 5 Oktober 2012 pukul 08.50  

Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

Gasa Boyke 5 Oktober 2012 pukul 08.52  

Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

Tissue Manjakani 5 Oktober 2012 pukul 08.55  

Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

Wish Intimate Tissue Majakani Extract Boyke & Co 5 Oktober 2012 pukul 09.07  

Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

Cara Menghilangkan Selulit 5 Oktober 2012 pukul 09.10  

Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

Tips Mengatasi Selulit 5 Oktober 2012 pukul 09.12  

Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

Penyebab Umum Selulit 5 Oktober 2012 pukul 09.14  

Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu

Mengatasi Selulit Ketika Hamil 5 Oktober 2012 pukul 09.16  

Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

Jenis Makanan Dan Minuman Penyebab Selulit 5 Oktober 2012 pukul 09.18  

Terimakasih Banyak Tips dan Artikelnya, boleh dicoba. Salam sukses

Selulit 5 Oktober 2012 pukul 09.20  

Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

Menghilangkan Selulit 5 Oktober 2012 pukul 09.22  

setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

Menghilangkan Selulit Secara Alami 5 Oktober 2012 pukul 09.24  

Saat membaca Artikel dan Tipsnya yang benar benar menarik. Jadi ingin mencoba. Salam sukses selalu

Cara Menghilangkan Selulit Dengan Kopi 5 Oktober 2012 pukul 09.27  

cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

Menghilangkan Selulit Secara Alami 5 Oktober 2012 pukul 09.29  

Wibesite yang menarik di dalamnya banyak Artikel dan Tips yang mengandung Ilmu Pengetahuan, Harus dicoba.Terimakasih

Mencegah Stretch Marks 5 Oktober 2012 pukul 09.32  

Saya senang membaca Info dan Artikel yang di buat di Wibesite ini. Patut dicoba. Salam Sukses selalu.

Penyebab Timbulnya Selulit 5 Oktober 2012 pukul 09.41  

saya senang setelah membaca tipsnya,pasti saya akan di coba..

Tips Menghilangkan Selulit Saat Hamil 5 Oktober 2012 pukul 09.42  

terimakasih tips yang sangat amazingnya, pasti saya akan coba tipsnya

obat selulit 5 Oktober 2012 pukul 09.44  

Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

Pengertian Selulit 5 Oktober 2012 pukul 09.53  

Artikel yang bermanfaat dan berguna, wajib di coba. sukses selalu

Abe Cell 5 Oktober 2012 pukul 09.57  

Ilmu yang sangat Hebat, boleh dicoba Artikel dan Tipsnya. Semoga berhasil

AbeCell 5 Oktober 2012 pukul 10.00  

Artikel yang benar benar sangat infomantif dan Kreatif. boleh dicoba, sukses selalu

Harga AbeCell 5 Oktober 2012 pukul 10.01  

setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

Obat AbeCell 5 Oktober 2012 pukul 10.06  

wah bagus sekali infonya pasti say akan coba sekarang juga, sukses yah

BioJANNA 5 Oktober 2012 pukul 10.10  

Tipsnya boleh dicoba, Artikelnya sangat bermanfaat.

Kandungan Dan Khasiat Buah Kelapa 5 Oktober 2012 pukul 10.12  

Terimaksih untuk info yang sangat efektif, boleh dicoba.

Manfaat Buah Kelapa 5 Oktober 2012 pukul 10.15  

saran yang sangat bermutu dan amazingp, boleh di coba tipsnya. Salam sejahtera

Seputar Kesehatan 5 Oktober 2012 pukul 10.17  

Sebanyak saya membaca Artikel,baru kali ini saya menemukan Artikel yang Amazing. boleh di coba. Terimaksih

BioJANNA 5 Oktober 2012 pukul 10.19  

Saran yang bagus. Mungkin sebagian dari kita juga sudah mempraktekkannya. Makasih infonya

fuadherbal 5 Oktober 2012 pukul 11.01  

super artikel..sepertinya muluk muluk padahal tidak...it's yours

Kredit Nissan 10 Oktober 2012 pukul 10.31  

sy jg lg belajar bikin catper

Foredi 17 Oktober 2012 pukul 08.23  

Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

foredi gel 17 Oktober 2012 pukul 08.26  

Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

Foredi Gel 17 Oktober 2012 pukul 08.29  

Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

foredi 17 Oktober 2012 pukul 08.31  

aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

foredi gel 17 Oktober 2012 pukul 08.33  

Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

garuda airlines 31 Oktober 2012 pukul 06.57  

Bermanfaat tips, trik, dan saran tentang Garuda Airlines. Singkat dan Langsung panduan Garuda Airlines.

Arti Mimpi Mandi 4 November 2012 pukul 16.38  

Hai suara petualang, wah terimakasin atas artikelnya Tentang Sebuah Catatan Perjalanan. Saya senang sekali membaca artikel blo suara petualang Tentang Sebuah Catatan Perjalanan ini. Saya berharap semoga tulisan suara petualang Tentang Sebuah Catatan Perjalanan bisa bermanfaat bagi sahabt blogger lainnya.

Mampir Gan 16 November 2012 pukul 09.03  

info yang sperti ini yg sangat berguna, kreatif sekali dan berkualitas postingan nya :D

agen foredi 20 November 2012 pukul 08.36  

Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

agen foredi gel 20 November 2012 pukul 08.49  

Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

cara mengatasi ejakulasi dini 20 November 2012 pukul 08.53  

Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

Obat Herbal Kista 22 November 2012 pukul 09.31  

Catatan memang sangat penting,untuk mengingatkan kita disaat lupa.

agen sbobet 12 Desember 2012 pukul 18.32  

Dulu saya juga kalau habis berpergian, apalagi pergi mendaki gunung. Pasti bawa catatan. barang kali ada kejadian aneh.

agen ibcbet 12 Desember 2012 pukul 18.33  

sallam untuk sang petualang sy selalu salut kpd setiap petualang..salam kenal

agen sbobet 12 Desember 2012 pukul 18.34  

Salut tuk sobat satu ini...teruskan bang... beberapa kisah ente ada yang jadi ispirasi buatku...

kalipucang kulon 12 Desember 2012 pukul 18.36  

Entah kenapa saya suka sekali dengan catatan itu sob... salut.

taruhan bola online 19 Desember 2012 pukul 08.55  

bener gan sebenernya penting banget buat catatan pribadi, pasti ada rasa kangen dengan kejadian pernah terjadi

judi bola online 19 Desember 2012 pukul 08.59  

wah kalo saya setiap hari selalu membuat catatan tentang apa yg terjadi hari ini, seru loh gan

Digital Areas 19 Desember 2012 pukul 19.02  

saya kurang jelas melihat catatan dari gambarnya.. tapi sepertinya sebuah catatan yang bagus.. hahaha

Obat Ambeien 1 Januari 2013 pukul 07.36  

Setuju banget gan, catatan itu bagaikan rekaman yang kita rekam sendiri.

Aturan konsumsi Tricajus 1 Januari 2013 pukul 12.56  

Setuju banget. Tulisan memang sangat penting dalam hal apapun, termasuk saat berpetualang ke alam bebas.

obat herbal kanker darah 2 Januari 2013 pukul 22.04  

Perjalanan harus dicatat dan direkam dalam gambar, apalagi yang dikunjungi suatu tempat jauh dan menarik. supaya ada ingatan akan perjalanan kita..

obat herbal kanker hati 2 Januari 2013 pukul 22.04  

petualangan tanpa henti dan peduli terhadap alam tanpa merusaknya dgn hal yg tak berguna..

obat lupus 2 Januari 2013 pukul 22.06  

terima kasih ya buat artikelnya....
sangat menarik sekali, betul kalau setiap perjalanan harus dibuatkan catatan agar bisa mengingat setiap momen yang ada....
mantap...

obat herbal kanker prostat 2 Januari 2013 pukul 22.59  

Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

obat herbal kanker kelenjar getah bening 2 Januari 2013 pukul 23.00  

Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

obat batu empedu 2 Januari 2013 pukul 23.01  

Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

obat leukimia 2 Januari 2013 pukul 23.02  

sukses terus buat blognya.. :)

obat herbal kanker paru paru 2 Januari 2013 pukul 23.03  

saya senang setelah membaca tipsnya,pasti saya akan di coba..

Ferdinand.Bpunk 3 Januari 2013 pukul 01.14  

Emang ga bisa dianggap sepele... catatan petualangan bisa membantu saat kangen memori perjalanan saat itu, tapi mungkin juga bisa dijadiin buku cerita perjalanan hidup... salam kenal ya mas... :)

obat penurun kolesterol 3 Januari 2013 pukul 11.18  

catatan dalam hidup memang perlu dikenang.

obat herbal kanker hati 3 Januari 2013 pukul 11.19  

perjalanan hidup manusia memang bnyk cerita.

obat leukimia 3 Januari 2013 pukul 11.20  

hhmm...bgs nie buat inspirasi.

xamthone plus 4 Januari 2013 pukul 12.04  

perjalanan manusia yg cukup berliku harus jadi catatan hidup.

obat diabetes 4 Januari 2013 pukul 12.05  

kita harus selalu beryukur.

obat asma 4 Januari 2013 pukul 12.07  

waktu gak akan pernah terulang bro.

obat miom 4 Januari 2013 pukul 23.11  

setiap perjalanan akan menjadi kenangan apabila bisa diabadikan dalam sebuah catatan...

obat trigliserida 4 Januari 2013 pukul 23.12  

perjalanan memang lebih baik bisa diabadikan dalam bentuk tulisan ataupun dalam bentuk video...

obat jantung bengkak 4 Januari 2013 pukul 23.14  

catatan ini menginspirasi para petualang supaya menulis perjalanannya...

obat flek paru paru 4 Januari 2013 pukul 23.15  

pengalaman memang tak ternilai....
mantap sob..

obat sakit kepala 5 Januari 2013 pukul 13.47  

pekerjaan yg tidak memungkinkan.seringkali membuat hidup seseorang putus asa.

obat kolesterol 5 Januari 2013 pukul 13.48  

membuat diary sbg catatan hidup juga bgs.

obat wasir 5 Januari 2013 pukul 13.49  

info yg harus kita cerna.

obat kanker 5 Januari 2013 pukul 13.49  

inilah hidup yg harus kita jalanin.

xamthone plus 7 Januari 2013 pukul 22.39  

Petualangan yang menarik Sob, semoga harapannya bisa tercapai semua....sukses terus ya sob..

Obat tradisional asam urat 7 Januari 2013 pukul 22.40  

kadang penting juga untuk cerita petualangan yang kita alami ya supaya ga pernah lupa..

obat tradisional keputihan 7 Januari 2013 pukul 22.41  

terima kasih sob buat artikelnya....

obat tradisional darah tinggi 7 Januari 2013 pukul 22.42  

jadi ingin coba ne kalau lagi adain petualangan...
terima kasih ya buat tipsnya...

obat tradisional asma 8 Januari 2013 pukul 23.19  

terima kasih ya tipsnya....
mantap...

obat tradisional kolesterol 8 Januari 2013 pukul 23.19  

petualangan memang sangat menarik untuk lebih dikenang....

obat ambeien tradisional 8 Januari 2013 pukul 23.20  

salam dari sesama pecinta alam ya....
terima kasih ya sob...

obat tradisional kanker payudara 8 Januari 2013 pukul 23.21  

semoga sukses terus di setiap petualangannya ya sob....
makasih ya....

obat tradisional stroke 8 Januari 2013 pukul 23.21  

petualangan yang seru memang sangat berharga jangan sampai lupa ne...
hehehehe...

obat herbal kanker serviks 9 Januari 2013 pukul 22.48  

Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya.

obat paru paru basah 9 Januari 2013 pukul 22.50  

Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba.

obat gondok 9 Januari 2013 pukul 22.51  

setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat.

obat lupus 9 Januari 2013 pukul 22.52  

Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu.

obat miom 9 Januari 2013 pukul 22.52  

Setuju banget gan, catatan itu bagaikan rekaman yang kita rekam sendiri.

xamthone plus 10 Januari 2013 pukul 23.30  

Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba

obat asam urat 10 Januari 2013 pukul 23.31  

Terimaksih untuk info yang sangat efektif, boleh dicoba

obat diabetes 10 Januari 2013 pukul 23.32  

Bermanfaat tips, trik, dan saran tentang Garuda Airlines. Singkat dan Langsung panduan Garuda Airlines

obat darah tinggi 10 Januari 2013 pukul 23.33  

Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba.

obat asma 10 Januari 2013 pukul 23.34  

saya senang setelah membaca tipsnya,pasti saya akan di coba..

obat tradisional gagal ginjal 11 Januari 2013 pukul 08.27  

yang namanya pengalaman pribadi jika dituliskan dan bisa bermanfaat pada orang lain akan mendapatkan buah amal kebaikan

obat hiv aids 11 Januari 2013 pukul 08.27  

Perjalanan harus dicatat dan direkam dalam gambar, apalagi yang dikunjungi suatu tempat jauh dan menarik. Dengan demikian, perjalanan yang dilakukan juga bisa diketahui orang orang lain.

obat tradisional kista 11 Januari 2013 pukul 08.28  

perjalanan yang menyenangkan, saya cinta alam,

obat sinusitis 11 Januari 2013 pukul 08.30  

Terima kasih untuk penglamanya gan, pasti seru punya pengalaman berpetualang

obat penyakit ginjal 11 Januari 2013 pukul 08.32  

catatan petualangan bisa membantu saat kangen memori perjalanan saat itu, tapi mungkin juga bisa dijadiin buku cerita perjalanan hidup...

obat sakit kepala 11 Januari 2013 pukul 20.57  

Berpetualang memang harus mempunyai catatan,

obat kolesterol 11 Januari 2013 pukul 20.58  

Amazing artikel, Infonya bagus

obat kanker 11 Januari 2013 pukul 21.00  

Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya

obat herbal kanker payudara 11 Januari 2013 pukul 21.00  

Bermanfaat tips, trik, dan saran tentang Garuda Airlines.

cara mengobati kanker usus 12 Januari 2013 pukul 12.23  

makasih bnyak atas infonya sangat bermanfaat sekali

obat ginjal 13 Januari 2013 pukul 23.01  

petualangan tanpa henti dan peduli terhadap alam tanpa merusaknya dgn hal yg tak berguna

obat batu ginjal 13 Januari 2013 pukul 23.01  

Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

obat tbc 13 Januari 2013 pukul 23.02  

Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

obat hepatitis 13 Januari 2013 pukul 23.03  

terima kasih ya buat artikelnya....
sangat menarik sekali, betul kalau setiap perjalanan harus dibuatkan catatan agar bisa mengingat setiap momen yang ada....
mantap..

obat jantung koroner 13 Januari 2013 pukul 23.04  

Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu.

obat alami batu ginjal 14 Januari 2013 pukul 08.35  

catatan perjalanan sangat menarik untuk disimak....

obat tradisional tbc 14 Januari 2013 pukul 08.36  

ijin buat baca dulu ya sob..
terima kasih buat artikelnya....

obat herbal kanker kelenjar getah bening 14 Januari 2013 pukul 08.37  

kalau kita memang suka berpetualang, ga ada salahnya untuk menuangkan petualangan tersebut ke dalam sebuah catatan...

obat jantung koroner 14 Januari 2013 pukul 08.37  

segala sesuatu yang dijalanin dengan serius akan membuahkan sebuah hasil yang manis....

obat herbal kanker prostat 14 Januari 2013 pukul 08.38  

terima kasih buat postinganya sobat...
maju terus....

obat stroke 17 Januari 2013 pukul 17.37  

terima kasih sudah share blog nya

obat herbal gagal ginjal 17 Januari 2013 pukul 17.38  

terima kasih yah blognya.. bagus gan

obat hiv 17 Januari 2013 pukul 17.38  

numpang baca yah gan....
trims

obat herbal sinusitis 17 Januari 2013 pukul 17.39  

sukses dan jaya selalu buat kita semua

Masterbet88 Grand Opening Promo Bonus 50% Sportsbook dan Casino Online 20 Januari 2013 pukul 10.42  

Hasil didapat dari perjuangan, Jangan pantang menyerah untuk sesuatu yang kita inginkan. sukses terus..

obat ginjal 21 Januari 2013 pukul 15.07  

catatan perjalanan itu sangat penting

Tanggal Baru 22 Januari 2013 pukul 18.40  

petualangan , perjalan itu slalu dan pasti sangat mengasik kan. jd ingat muda dulu

Cerita Terbaru 22 Januari 2013 pukul 18.40  

perjalanan itu walau capek banyak dapat pengalaman nya loh

suratan makna 2 Februari 2013 pukul 14.35  

hebat sobat, emang ini yang dinamakan lelaki sejati.

Company Profile 27 Februari 2013 pukul 10.26  

petualangannya menarik, sukses ya :)

headrest monitor 27 Maret 2013 pukul 08.45  

jiwa petualang....sangat mengasikkan...

Posting Komentar

free counters

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Indonesian Blogger Suara Petualang Adventure Blogs - Blog Catalog Blog Directory Free Automatic Backlink kostenlose backlinks