English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kamis, 15 April 2010

Latihan Gabungan LANJUT II FAJY

Mencoba menjawab Kebutuhan Penggiat Arung Jeram Yogyakarta

Rangkaian kegiatan latihan gabungan lanjut II forumnya arung jeram Yogyakarta yang memakan waktu hampir sepanjang bulan Maret selesai sudah. Dimulai dari rangkaian latihan fisik dan materi ruang selam 4 hari (15-18 Maret 2010), kemudian di lanjutkan dengan tryout di sungai Elo Magelang (20-21 Maret 2010) dan terakhir pengarungan sungai Serayu, Banjarnegara (27-28 Maret 2010). Berikut adalah hasil kegiatan latgab yang diliput secara langsung oleh wartawan KAONAK yang kebetulan juga tergabung dalam kepanitiaan latgab.
Kegiatan diawali dengan technical meeting pada tanggal 12 Maret 2010 di sekretariat
Madawirna UNY. Dari hasil TM, diperoleh 36 peserta dari berbagai OPA (bisa dibaca di edisi sebelumnya, Red) dan memenuhi target panitia yang memang menyediakan kuota 36 orang peserta, dengan catatan jika ada kelebihan peserta akan dimasukkan dalam daftar waiting list hingga terpenuhi maksimal 1 perahu. Setelah TM kemudian dilanjutkan dengan latihan fisik dan materi ruang, dengan muatan latihan fisik adalah sit up, pull up, back up dan jogging. Sedangkan muatan materi ruang antara lain adalah refresh tentang Teknik Dasar Arung Jeram, Skipper, Boat Rescue, dan Pemetaan Jeram. disela-sela rangkaian juga dilaksanakan simulasi yang bertempat di Embung Tambak Boyo (Condong Catur) dengan muatan materi antara lain teknik dayungan (awak dan skipper), simulasi flip-flop, self rescue dan simulasi rescue menggunakan throw bag.
Tryout, 20-21 Maret 2010
Kegiatan selanjutnya adalah tryout di Sungai Elo Magelang (20-21 Maret 2010). Berangkat dari Jogja pada hari Sabtu tanggal 20 Maret, dengan berkumpul terlebih dahulu di sekeretariat Sasenitala (ISI), dan berangkat menggunakan bis kampus ISI menuju basecamp Mendut Rafting Magelang, tempat yang digunakan sebagai basecamp selama kegiatan tryout. Malam harinya, setelah makan malam sekitar pukul 19.30 diadakan briefing untuk kegiatan tryout dan refresh materi yang akan disimulasikan keesokan harinya, dan dilanjutkan dengan tidur bersama. Hari Minggu, tanggal 21 Maret 2010, pagi-pagi setelah sarapan, peserta segera mempersiapkan perlalatan dan perlengkapan team, di pandu oleh PL masing-masing kelompok (terbagi dalam 6 kelompok), dan segera menuju start area di Desa Blondo. Sebelum memulai pengarungan, terlebih dahulu dilakukan stretching dan foto bersama. Tryout di awali dengan swim check untuk peserta latgab. Kondisi arus yang lumayan deras dan kondisi sungai Elo pada saat itu sedang mengalami sedikit gejolak, membuat beberapa peserta harus ekstra dan menguras fisik, bahkan ada peserta yang bablas (hanyut) terbawa arus, padahal sudah dapat meraih tali throwing bag tapi terlepas karena tidak kuat menahan arus, namun dengan kesigapan Team Rescue peserta tersebut bisa di evakuasi dalam keadaan selamat dan melanjutkan kegiatan.
Setelah swimcheck, selanjutnya adalah simulasi trouble di antara Jeram Welcome dan jeram Kedung Celeng, yaitu perahu di-flip kan dari exit
jeram welcome, dan diharapkan dapat di-flop kan sebelum masuk di Jeram Kedung Celeng. Namun hampir semua perahu melewati jeram Kedung Celeng dengan posisi flip, sementara awak-awaknya ada yang berhasil naik ke perahu, namun lebih banyak lagi yang berceceran dan harus renang jeram. Selanjutnya adalah simulasi flip-flop di flat sekitar jembatan bambu. Kemudian pengarungan dilanjutkan melewati jeram demi jeram. beberapa jeram sebelum jeram keriting, pada sebuah jeram di lakukan eksekusi jeram dengan cara diulang berkali-kali (setelah keluar jeram kemudian portaging untuk kemudian di arungi lagi) dan bergantian menjadi skipper. Selanjutnya simulasi renang eddies to eddies di sekitar jeram tersebut.
Pengarungan dilanjutkan lagi, dan sebelum mengeksekusi Jeram Keriting, para peserta melakukan scouting untuk mengambil k
eputusan bersama jalur mana yang akan dilewati. Setelah itu eksekusi jeram keriting, dan dilanjutkan dengan renang jeram dimulai dari flat setelah jeram keriting, hingga rest area Elo. Kondisi arus yang deras lagi-lagi membuat para peserta kesulitan menepi di rest area dan harus dibantu dengan throwing bag, bahkan ada salah satu peserta yang bablas (hanyut) hingga jeram selanjutnya. Kesigapan team rescue kembali di uji dalam kegiatan ini dengan menempatkan para rescuer di titik-titik kemungkinan terjadinya trouble, dan standby rescue by boat di jeram selanjutnya mengantisipasi adanya peserta yang hanyut dan juga dibantu para peserta yang sudah menepi untuk membantu standby throw bag.
Setelah simulasi renang jeram yang melelahkan, peserta istirahat bersama seraya mengganjal perut yang di supply oleh team darat. Lokasi istirahat adalah di hutan bambu setelah jeram Rest Area. Setelah istirahat, peserta bergantian menjadi skipper di dampingi oleh PL masing-masing perahu hingga finish.

Setelah finish, kembali ke basecamp, dilanjutkan dengan istirahat dan makan, dan di akhiri dengan evaluasi keseluruhan rangkaian kegiatan tryout. Antusias peserta terlihat ketika interaktif dengan para PL mengenai beberapa trouble atau hal-hal yang baru dan kejadian seru lainnya yang baru saja mereka alami.

Pengarungan Sungai Serayu, 27-28 Maret 2010
Setelah tryout di Sungai Elo, Pengarungan selanjutnya adalah di sungai Serayu. Hampir sebagian peserta yang sebelumnya belum pernah mengarungi sungai Serayu menantikan saat-saat ini. Kebernagkatan pada hari sabtu tanggal 27 Maret, diawali dengan berkumpul di Silvagama UGM dengan menggunakan truck TNI. Perjalanan panjang ini dilewati dengan canda tawa sepanjang perjalanan menuju lokasi basecamp. Tempat yang digunakan sebagai basecamp adalah Balai desa Selomerto, dekat start Belimbing. Setibanya dibasecamp, peserta beristirahat sejenak dan dilanjutkan dengan makan malam dan Briefing untuk teknis pengarungan keesokan harinya.
Pagi hari, Minggu tanggal 28 maret 2010, sekitar pukul 07.00, para peserta stretching bersama. Ada sedikit kendala dalam persiapan pengarungan, dikarenakan perahu yang akan digunakan terlambat datang. Perahui tiba di starting point sekitar pukul 08.30, dan langsung diturunkan untuk selanjutnya di portaging menuju sungai. Sebelum pengarungan, terlebih dahulu diawali dengan doa bersama dan dilanjutkan dengan pemanasan dayungan di sekitar lokasi start.
Pengarungan pun dimulai. TMA air pa
da saat itu menunjuk angka 38 (dari meter air Jembatan Sungai Krasak). Untuk sekedar informasi, start dari belimbing merupakan sungai Krasak, yang nantinya akan bertemu (delta) dengan sungai Serayu yang sebenarnya dari mata air pegunungan Dieng. Jeram demi jeram dieksekusi dengan pacuan adrenalin yang membawa kita terbuai dengan alunan standing wave, namun langsung terhenyak ketika tiba-tiba di ujung ada hole. Yah, begitulah karakter Sungai Serayu. Dalam pengarungan ini, beberapa kali terjadi trouble seperti perahu nge-wrap dan ngeflip, dan juga awak-awak perahu yang terlempar ketika keluar dari hole. Kesigapan team rescue kembali diuji. Dengan menempatkan rescuer dibeberapa titik rawan trouble dan standby boat.
Mulai dari jeram Welcome Serayu yang sempat membuat para peserta terhenyak, kemudian jeram cawat dan Jeram Tangga yang mendebarkan, jeram Gate yang mengharuskan para peserta untuk melakukan scouting terlebih dahulu sebelum di eksekusi (jeram Gate). Setibanya di Dam Tunggoro, perahu kembali di portaging untukmelewatinya, dan kembali melanjutkan pengarungan
menuju Jeram Tabrak, Jeram S3, Jeram Block Out hingga Jeram Watu Kodok sebelum akhirnya istirahat di Rest Area Bojanegara. Jeram-jeram tersebut merupakan karakter khas sungai serayu, dengan bentukan bends dan Satnding Wave, di barengi dengan adanya hole, dan juga undercut dibeberapa tebing jeram.
Setelah beristirahat, kemudian pengarungan dilanjutkan hingga finish, melewati jeram Double Drop, Jeram Dwi dan jeram-jeram lainnya hingga finish di jembatan Singo Merto, dekat Basecamp Serayu Adventure. Sealnjutnya portaging perahu menuju mobil jemputan, dan kembali menuju basecamp untuik beristirahat. Dalam pengarungan di sungai Serayu ini juga di ikuti oleh beberapa OPA yang turun dalam1 team pengarungan, salah satunya adalah dari Mapala Unisi. Selain itu turut serta juga para “kayakers” dari club kayak Tirta Seta purwokerto yang juga turut membantu dalam rescue mengguanakan kayak. Bahkan tak ketinggalan juga, operator Serayu Adventure juga menurunkan 1 team riverguidenya untuk menemani para peserta latgab, walau mereka start dari Jembatan Bandingan, jeram istana batu, sekaligus standby rescue membantu panitia. Dalam agenda sebelumnya, setibanya di basecamp setelah beristirahat sejenak, akan dilakukan evaluasi keseluruhan, namun karena ada kendala dari kendaraan pengangkut, maka diputuskan dan disepakati evaluasi dilaksanakan dua hari setelahnya bertempat di Silvagama UGM.
Rasa letih, capek, pegel bercampur dengan suasana gembira dengan masing-masing menceritakan pengalaman-pengalaman yang tentunya pengalaman seru setelah pengarungan. Suasana keakraban terjalin, symbol kekeluargaan dalam komunitas. Semoga dengan kegiatan Latihan Gabungan Lanjut II kali ini, dapat memenuhi kebutuhan dan potensi penggiat aru

Salam Dayung,
By : Thole/378/GPA
(Hasil liputan untuk Bulletin KAONAK Edisi 057-April 2010)

93 komentar:

Blogger 19 April 2010 pukul 23.26  

wah uenak tenan ini mas arum jeram...
say ga pernah nyoba pingin banget sepertinya..
salam kenal mas...
Sukses Slalu!

Seri 20 April 2010 pukul 02.33  

seri ngak bisa berenang jadi aktiviti seperti ini takut mau mencoba.

Mhya 20 April 2010 pukul 21.59  

wah asyik donk bisa arum jeram, pingiiinnn......

Anonim,  20 April 2010 pukul 22.35  

ikutan maen donk hehehe,,,,

Suara Petualang 21 April 2010 pukul 10.36  

@ Mhya : ayo, maen aja ke jogja..:D

@ aniknhya83 : boleh....

Mhya 21 April 2010 pukul 11.27  

ow dari jogja ya,,,, suasananya asyik disana....

Pengobatan Amandel 6 Juli 2012 pukul 12.20  

petualangan yangs angat mengasyikan

OBAT HERBAL KELENJAR GETAH BENING 6 Juli 2012 pukul 22.37  

seneng banget ya bisa mengikuti kegiatan seperti ini.

Dhidhit 13 September 2012 pukul 14.29  

Tetap semnagat dan terus berlatih

Arti Mimpi Kelabang 4 November 2012 pukul 16.40  

Hai suara petualang, wah terimakasin atas artikelnya Latihan Gabungan LANJUT II FAJY. Saya senang sekali membaca artikel blo suara petualang tentang Latihan Gabungan LANJUT II FAJY . Saya berharap semoga tulisan suara petualang tentang Latihan Gabungan LANJUT II FAJY bisa bermanfaat bagi sahabt blogger lainnya.

Anonim,  29 November 2012 pukul 15.15  

LE,,,,bagus juga artikelnya....sayang tatomu ikutan luntur waktu nyebur ke air...wkwkkwkw

sonjol

toko bunga banjarnegara 9 Desember 2012 pukul 09.25  

kapan ke serayu lagi??? mampir ketempat kami

rental dehumidifier 28 Desember 2012 pukul 08.50  

salut deh buat mas yg 1 ini jiwanya petualang abis.

taruhan bola online 28 Desember 2012 pukul 08.52  

kayanya seru tuh bro. saya jadi pengen coba deh

Membuat Menu Horizontal 18 Februari 2013 pukul 11.56  

anggota komunitasnya banyak banget

http://herbalkankerterbaik.blogspot.com/ 11 Juni 2013 pukul 02.23  

kegaiatan positif dan sebuah pengalaman yang sangat menarik...

bany 23 Juli 2013 pukul 10.31  

makasih atas infonya, sangat bermanfaat...

syabany 27 Juli 2013 pukul 08.15  

makasih gan infonya sangat berguna

adit 2 Agustus 2013 pukul 10.45  

informasi yang sangat menarik sukses terus gan..

ami 27 Agustus 2013 pukul 10.19  

Informasinya sangat bermanfaat sekali gan..
Banyak pelajaran yang saya daptkan.. semoga sukses

cep _choky 27 Agustus 2013 pukul 10.28  

Infonya mantap keren...
Banyak pengetahuan yang saya dapatkan setelah saya berkunjung ke blog ini...
Makasih infonya... Sukses deh...

dian 28 Agustus 2013 pukul 10.27  

Infonya mantap keren ...
Saya mendapatkan pelajaran yang bermanfaat dalam blog ini
terimakasih semoga sukses

egi 28 Agustus 2013 pukul 10.32  

Izin nyimak gan...
Blognya bagus semoga semakin suksesnya..
Saya tunggu postingan selanjutnya

robi 28 Agustus 2013 pukul 10.39  

Terimakasih banayk atas infonya...
Ternyata banyak pelajaran ilmu pengetahuan yang saya dapatkan...
Semoga semakin suksenya...

Nabila 30 Agustus 2013 pukul 16.30  

Waahhhh.. seru banget kegiatannya.. apalagi melihat petualangan mereka mengarungi sungai Serayu.. Mantab gan

true woman indonesia 5 September 2013 pukul 09.30  

sungai yg digunakan untuk try out keliatan kurang jernih (sepertinya)

Obat Herbal Abses Payudara 13 September 2013 pukul 10.59  

Informasinya sangat bermanfaat sekali....
Terimakasih banyak atas informasinya...
Semoga semakin sukses...

Konsultan ISO 27 September 2013 pukul 09.46  

Asli seru bgt tuh.. keren broo

faujiah 8 Oktober 2013 pukul 09.28  


Informasi yang unik dan inopatif gan :)

santi 8 Oktober 2013 pukul 16.32  


makasih gan atas infonya

obat kulit belang 11 Oktober 2013 pukul 10.46  


artikelnya sangat menakjubkan gen B-)

herbal1 2 November 2013 pukul 14.33  

informasi yang sangat luar biasa sekali menakjubkan
banyak pengetahuan yang saya dapat
teimakasih salam sukses

obat benjolan di belakang telinga 16 November 2013 pukul 16.29  

terimakasih banyak atas informasi nya
luar biasa bermanfaat
semoga sukses

gina 18 November 2013 pukul 07.54  

terimakasih banyak atas info nya sangat bermanfaat sekali
semoga semakin sukses nya

pengobatan terbaik 19 November 2013 pukul 13.50  

Luar biasa sekali info nya sangat bermanfaat
semoga sukses

shalat tahajud 26 November 2013 pukul 02.50  

asyik sekali ya petualangannya, saya juga mau seperti itu...thanks

obat benjolan di rahim 26 November 2013 pukul 11.26  

terimakasih banyak info nya
Bermanfaat sekali
Semoga sukses

obat lepra 27 November 2013 pukul 15.15  

info yang saca baca ternyata sangat menarik
dan bermanfaat
semoga sukses

obat sumilangeun 29 November 2013 pukul 08.05  

Terimakasih banyak atas informasi nya sangat bermanfaat semoga sukses

obat leher bengkak 29 November 2013 pukul 13.06  

terimakasih banyak atas info nya sangat bermanfaat sekali..
sangat menarik semoga sukses

ketiak bengkak 29 November 2013 pukul 13.15  

terima kasih banyak atas imformasinya ini sangat bermanfaat khususnya untuk saya pribadi, sukses ya gan

tina 2 Desember 2013 pukul 16.15  

. terima kasih banyak atas imformasinya ini sangat bermanfaat khususnya untuk saya pribadi, sukses ya gan..

obat herbal varikokel 2 Desember 2013 pukul 16.26  

informasi nya sangat bermanfaat..
banyak pengetahuan yang saya dapatkan...
semoga semakin sukses

fatimah 3 Desember 2013 pukul 12.44  

trimakasih banyak atas info nya
luar biasa ternyata sangat bermanfaat
dan juga sangatmenarik sekali...
semoga sukses

obat benjolan di pundak 9 Desember 2013 pukul 16.16  

artikel yang anda tulis di blog ini, sungguh sangat memotivasi diri saya untuk trus berkarya, terima kasih semoga kebaikan anda mendapatkan balasa yang lebih baik.

obat 11 Desember 2013 pukul 07.42  

terimakasih banyak tas informasi nya sangat mankjubkan sekali
informasi nya sangat bermanfaat..
semoga sukses
saya tunggu informasi selanjutnya..

obat herbal sifilis 11 Desember 2013 pukul 14.29  

terimakasih banyak atas info nya sangat bermanfaat
semoga sukses

cici 18 Desember 2013 pukul 08.39  


kereen bangettt sok artikelnya thanks infonya...

varida 18 Desember 2013 pukul 08.40  

trimakasi atas infonya semoga dapat bermanfaat gan

obat penyempitan pembuluh darah 20 Desember 2013 pukul 13.03  

nice infonya.... sukses terus ea ditunggu artikel selanjutnya!!!

panduan seo 16 Maret 2014 pukul 14.41  

benar - benar petualang sejati

US News 5 Agustus 2014 pukul 19.04  

I got what you impart, thanks for swing up. Woh I am glad to perceive this website finished google. Thanks For Share DUBSTEP GUNS 007 Video Recording Games | 007MRLUKIAN.

Flash card untuk bayi 20 Desember 2014 pukul 14.16  

Terima kasih telah membagi informasi, bisa jadi rekomendasi untuk yang menyukai arum jeram tsb

cat lantai 10 Februari 2015 pukul 22.08  

arung jeram di songa adventure kenanangan indah, nginap di tenda

bebek bakar madu lezat 24 November 2015 pukul 16.58  

jogjakarta kota ane tuh gan, hehehehe salam kenal yak :)

toko bunga bandung 6 Januari 2016 pukul 13.33  

wah jadinya pengin ikutan deh, hehe..
artikelnya keren kakak.. makasih yah

model kanopi baja ringan 6 Januari 2016 pukul 13.35  

ikut nyimak aja deh gan, biar tambah pengetahuannya

jasa security service 7 Januari 2016 pukul 11.53  

seru banget kayaknya...
jdi pengen ikutan jadinya

ozan 3 Maret 2016 pukul 11.51  

seru tuh arung jeram nya

Unknown 9 Juni 2016 pukul 11.39  

seru mainnya jadi pengen ikutan :( :) :D :D

kripik usus 13 Juni 2016 pukul 05.48  

wah asyik donk bisa arum jeram, pingiiinnn......

Make Money Online : http://ow.ly/KNICZ

BLOG BELAJAR 16 Juni 2016 pukul 13.20  

Suasana keakraban terjalin, symbol kekeluargaan dalam komunitas. Semoga dengan kegiatan Latihan Gabungan Lanjut II kali ini, dapat memenuhi kebutuhan dan potensi penggiat aru

Agen Poker online 25 Oktober 2016 pukul 10.03  

artikelnya mantap dan bermanfaat ya sobat :D

Poker Online 6 November 2016 pukul 14.20  

thanks sudah sharing ilmunya sob....;)

obat kesemutan pada punggung 8 Desember 2016 pukul 13.59  

track nya extrim skali, menantang banget kayaknya

Unknown 22 Desember 2016 pukul 19.18  

VIPbandarQ - YOUR No #1 BandarQ Online Indonesia
--------------------------------------------------------------------------------
Menyediakan 6 Jenis Permainan TerFAVORIT
BANDAR Q | ADU Q | DOMINO QQ | POKER | CAPSA SUSUN | Bandar Poker
--------------------------------------------------------------------------------
Di Dukung 5 Bank Ternama di INDONESIA
BCA - MANDIRI - BRI - BNI - DANAMON
--------------------------------------------------------------------------------
Bonus Terbesar di VIPbandarQ
1. Bonus Refferal TANPA SYARAT
2. Bonus Rolligan TIAP MINGGU
--------------------------------------------------------------------------------
Selalu Ada Kejutan Untuk Member VIPBANDARQ
--------------------------------------------------------------------------------
Gabung Sekarang Juga dan Raih Kemenangan Puluhan Juta Setiap Hari
CS ONLINE 24/7
BBM : 2B71618E
SKYPE : VIPBANDARQ
FACEBOOK : VIPBANDARQ
www. VIPBANDARQ. net

Unknown 12 November 2017 pukul 02.19  

Hallo kepada semua pecinta judi online
Agen terpercaya 100% di indonesia

kristalpoker menyediakan 7 game

Game yang di sediakan oleh kristalpoker :
- Sakong (New Game)
- Bandar Poker (New Game)
- BandarQ (Hot Game)
- Poker
- Domino
- Capsa Online
- AduQ

1. deposit dan withdraw hanya rp.15.000
2. Bonus Turnover 0,3% Setiap minggunya
3. Extra Bonus Cashback Setiap Minggunya
4. Bonus Referral 10%+10% Seumur Hidup
5. Bisa dimainkan di Smartphone Versi Android dan Iphone.
6. MIN DEPO IDR 15.000 dan Proses cepat 1 menit

silakan bergabung ya bagi yang belum terdaftar jadi member kristalpoker
jika ada kendala dalam pendaftaran atau kendala lainnya ,silakan hubungi CS kami langsung ya.

Unknown 19 November 2017 pukul 20.05  

Informasi yang sangat bagus dan bermanfaat gan. ditunggu informasi nya selanjutnya gan:) terima kasih ^^



Selamat Datang di Intanqq

Intanqq menyediakan 7 permainan dalam 1 ID
Berikut permainannya :
- BandarQ
- AduQ
- Bandar poker
- Bandar sakong
- Domino
- Poker
- Capsa

Berikut keuntungan bermain di Agent Poker Intanqq :
- Bonus Turnover 0.3% dibagikan setiap hari
- Bonus Extra turnover setiap minggu
- Bonus referal sampai 20% dan berlaku seumur hidup
- Proses depo dan wd HANYA 1 menit
- Minimal depo dan wd HANYA Rp.15.000
- Win Rate 98%

Ayo tunggu apalagi? segera bergabung bersama kami dan kunjungi website kami bosku ^^. menangkan hadiah nya bosku ^^

Posting Komentar

free counters

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Indonesian Blogger Suara Petualang Adventure Blogs - Blog Catalog Blog Directory Free Automatic Backlink kostenlose backlinks