Rabu, 04 Mei 2011

Aksi vandalisme, merusak keindahan bentang alam

Menjelang Hari Bumi 22 April...

Sore itu (15/04/2011), segerombolan siswa-siswi sebuah sekolah menengah kejuruan swasta di Kota Singkawang sedang asyik sembari tertawa dan bercanda ria di sekumpulan bongkahan batu di pinggiran pantai disalah satu lokasi favorit hunting landscape di kota itu. Kecerian mereka tercurah dalam coretan-coretan di baju mereka, beragam warna dan tulisan tanpa makna jelas menghiasi lembaran yang mereka coret. Ternyata mereka sedang merayakan hari terakhir mereka menyandang status siswa, sebelum mengikuti ujian nasional. Tak hanya itu saja, mungkin karena sudah kehabisan media untuk berkreativitas, mereka pun beralih menyemprotkan cat aneka warna ke batu-batu yang ada di sekitar mereka. Batu yang semula indah itu, kini sudah tercoreng akibat ulah mereka.


Kejadian ini persis di depan mata saya, hati nurani tak tahan menjerit menatap aksi mereka. Saya mencoba menegur mereka, namun jawaban yang saya peroleh sungguh memerahkan telinga bagi siapapun yang mendengarnya, terutama bagi pecinta alam seperti saya. Sebuah pertanyaan sederhana saya lontarkan kepada mereka, "apakah indah batu-batu itu kalian coret seperti itu...???", dan dengan entengnya mereka menjawab,"tergantung pemandangannya bang....!!!" Tertegun sanubari mendengar jawaban itu, dan jika saja aku waktu itu tidak berfikir panjang, mungkin sayaakan bertindak brutal untuk menghentikan mereka. Namun, saya bukan lah siapa-siapa yang bisa menghentikan perbuatan mereka saat itu. Dengan sadar mereka saya bidik dengan camera saya, biarlah lensa yang mengabadikan perbuatan mereka.

kembali dalam batin saya bertanya, apakah ini yang mereka peroleh dari hasil menimba ilmu di sekolah? Ataukah ini trend peninggalan budaya para pendahulu?
seandainya batu itu adalah saya, tentu saya akan menjerit. berkurang sudah keindahan dan ke alamian bentang alam yang kita dibanggakkan....

Photo & Teks :
Yohanes Kurnia Irawan

842 komentar:

maddavic 4 Mei 2011 09.13  

ga di kota ga di hutan,vandalisme ada dimana2... suka miris liatnya juga..

Belantara Indonesia 4 Mei 2011 15.16  

Berpulang pada mental rendah...merusak adalah cerminan kerendahan jiwa..siapa yg salah?...

ragaka-photography 6 Mei 2011 08.01  

skali2 suruh mereka cat muka mereka pake cat... biar jg ngerasain apa yg di alami bebatuan tuh...............

Yohanes Kurnia Irawan 27 Juli 2011 22.45  

thanks all atas apresiasinya...

isom 1 September 2011 11.38  

mungkin lebih baik kita berkaca dulu. bukan tidak mungkin kita lebih buruk dari mereka....
salam kenal.......

gambar lucu 3 September 2011 22.12  

kreativitas di tempat yang salah atau karena tidak punya nurani??

sms lucu 3 September 2011 22.14  

miris ngeliat vandalisme kayak gini.. pemandangan alam yang indah malah di rusak

resep masakan 3 September 2011 22.19  

ck ck ck kalau ada di depan tak saya jewer semua tuh anak anak

cerita lucu 3 September 2011 22.22  

anak anak yang berpikir pendek.. sayang banget keindahan alam malah di rusak

info obat herbal 8 September 2011 14.12  

kurng kerjaan jh tuh,... mending kita bersyukur pada tuhan,..

Pengobatan Alami Gold-g 8 September 2011 14.14  

anak remaja sekarang ,... hmmn,.. parah bukannya mempercanti alam ni mlh, merusak,.

obat tradisional luka bakar 8 September 2011 14.21  

wah,.. kbangetan tu,.!!! bukannya tampa di coret batu'' itu indah di pandang,..!

Agen Xamthone Plus madiun 20 September 2011 10.21  

kalau memng sdh kehabsn tmpt,ya jngnlh mreka bercoret-coret,,di dahinya aja daripda hrs merusak alam,,

Agen Xamthone plus Medan 20 September 2011 10.23  

ironis sungguh perbuatan yg mereka lakukan itu,,

obat herbal stroke 20 September 2011 10.58  

sungguh generasi muda telah berubah

obat asam urat tradisional 16 Oktober 2011 23.51  

kreativitas yang bagus ,,
thanks infonya n salam kenal ja

Pantangan Makanan Bagi Penderita Asam Urat 28 Oktober 2011 09.08  

masa2 yg labil dan tidak ada batasan untuk berbuat sesuatu
memang keturunan dari leluhur
klo coret2 mau menghadapi ujian nasional seperti itu

cara pemesanan gold g 28 Oktober 2011 16.59  

wahh ada2 aja tuh anak...

v munkin dktakan ada positifnya n ada negatifnya dalam melakukan hal seperti itu..
thanks mas share nya

obat alternatif asam urat 31 Oktober 2011 15.45  

Wah neh bocah kalo aje ane yang liat, ane jewer tuh kupingnya...

obat herbal infeksi saluran kemih 3 November 2011 16.35  

itu lah sikap para pelajar sekarang ketika akan mengakhiri setatus nya sebagai pelajar..

jus manggis xamthone 10 November 2011 08.34  

miris ngeliat vandalisme kayak gini.. pemandangan alam yang indah malah di rusak..

Obat Tradisional Hepatitis 12 November 2011 07.49  

memang budaya kita sudah tercemar dengan budaya corat coret, sifat egoisme tinggi untk melampiaskan sesuatu keberhasilan yg tdk jelas ujungnya. hargailah alam sekitar kita.

agen jus manggis surabaya 14 November 2011 15.42  

eeeemmmmmmmmmmMMMpzzZZ..
tak habis fikir..

wawan 21 November 2011 05.50  

dasar anak muda yg gak cinta lingkungan....

afk 21 November 2011 05.51  

prihatin ngeliatnya

diabetes 24 November 2011 14.53  

gag bisa jaga lingkungan banget aya anak muda jaman sekarang mahhh

Berita Honda 12 Desember 2011 16.45  

Setuju Gan,. ,. Orang" yg ga Berpikir Maju tuh yg Pada Suka Begitu,.<.

Anonim,  13 Desember 2011 13.05  

jd prihatin......, nice share....

Obat Herbal Hepatitis B 14 Desember 2011 11.00  

ulah ulah mereka membuat kuta semua merasakan kerusan alam kita

Angga-Fian 22 Desember 2011 21.13  

sangat memperihatin....
nice post.......

jamba juice 24 Desember 2011 17.35  

kita yang masih punya otak jangan sampai meniru mereka!!!

Obat Herbal Untuk Diare 29 Desember 2011 16.20  

wah mantap gan infonya
salam kenal ya

renovasi rumah 2 Januari 2012 17.37  

anak ABG - bocah begundal...selalu ngerusak bisanya...ane waktu SMP ga pernah corat coret....parraah

jual karpet 4 Januari 2012 10.39  

emang ga sadar banget akan keseimbangan alam ><

bangun rumah 8 Januari 2012 20.52  

itu karena kurang pengawasan dan kurang kesadaran...memang tabiat orang indonesia / negara tertinggal ya gitu..brutal, merusak, dan kanibal...lebay niy ane

Inverter Mitsubishi 13 Januari 2012 08.30  

seharusnya alam itu dijaga bukannya dirusak seperti itu

obat herbal kencing manis 14 Januari 2012 08.58  

ini mungkin karena kurangnya media untuk berkreativitas

Dhidhit 15 Januari 2012 09.18  

Yang seperti ini jangan ditiru

obat maag kronis tradisional 17 Januari 2012 09.04  

sayang banget jadi kurang enak di pandang mata..
ulah tangan-tangan jahil..

obat herbal keputihan 19 Januari 2012 20.33  

sangat di sayangkan..
mereka se'enaknya malah mencoret-coret btuan yang keliatannya sangat indah, sekarng jadinya kaya gini, kalo tangan sdh tdk nahan mencoret-coret, coret2 sja dinding rumah sendiri...

baju batik murah 20 Januari 2012 14.57  

jujur.. ane ngeri+prihatin ngelihat foto2 itu gan. gak punya rasa kalau dunia ini perlu dijaga. total fatal error tuh!.

agen xamthone plus pekanbaru 21 Januari 2012 08.53  

silahkan aja mencorat-coret baju kalian,toh itu baju kalian sendiri.
tapi jangan corat-coret ke indahan alan dong..

1001lagu 22 Januari 2012 20.50  

parah..
manusia-manusia yg tak mengerti seni..

Chute 24 Januari 2012 10.18  

Sangat d syangkan bgt yach pemandangan yg indah di coret" kya gtu...!!!!

Obat asam urat 24 Januari 2012 15.27  

Pemandangan alam yang tak ada duanya ,,, hijau yang mewan nan menawan menunjukan betapa agungnya ciptaan_NYA. sunggung yang terbaik pastinya yang alami ...

cara pemesanan jus kulit manggis 27 Januari 2012 20.58  

mreka buat coret coret itu untuk pamer saja..
itu pertanda jejak jejak kakinya katanya...

Obat Herbal Stroke 30 Januari 2012 15.39  

sebuah tindakan yang tidak terpuji

obat herbal kanker payudara 30 Januari 2012 15.40  

seharusnya ada larangan tegas disertai dengan tindakan tegas bagi yang melakukan pelanggaran

obat tradisional asam urat 30 Januari 2012 15.41  

tindakan yang sangat disayangkan

obat batu ginjal alami 31 Januari 2012 10.16  

sepertinya untuk beberapa wilayah udah jadi trend atau kebanggaan para anak muda melakukan seperti ini.

obat alami diabetes 31 Januari 2012 10.19  

harus di arahkan ke kesenian melukis

obat alami sakit tipes 31 Januari 2012 16.52  

mesti dikasih kertas gambar tuh..

pengobatan demam berdarah alami 1 Februari 2012 11.14  

harus ada pengarah dari sekolah agar bisa menjaga kebersihan lingkungan hususnya corat-coret pake cat semprot.

Obat Herbal Darah Tinggi 4 Februari 2012 11.23  

wah jangan sampai di kotori dong,,
jadi gak indah lagi nanti nya,,
kreatifitas nya jangn merusak alam gitu.

Abed Saragih 5 Februari 2012 00.03  

Terimakasih atas infonya untuk berbagi.


Sukses selalu
Abed Saragih Blog

91 6 Februari 2012 13.18  

ini Snagat jelas Tak menghoramti alam , saya sebagai pendaki gunung dan manusia merasa kecewa..

Obat Tradisional Kelenjar Getah Bening 9 Februari 2012 10.20  

bingung juga saya mau komen apa soalnya juga saya juga pernah muda seperti mereka dulu ..

obat herball 18 Februari 2012 09.52  

masa muda adlah masa yang terindah.....
dalam perjalanan hidup

obat tradisional kanker rahim 20 Februari 2012 09.33  

bisanya merusak saja...
kita itu harus membangun

kemon baca 20 Februari 2012 10.39  

hal semacam ini sudah banyak sering terjadi...
entah mengapa juga, aksi seperti ini tetap ada.

teringat dulu waktu jalan-jalan ke tugu kilometer Nol disabang aceh. Tugu tersebut juga tidak lepas dari aksi coret-coret seperti ini.

bahkan, prasasti dari batu marmer berisi tanda tangan wakil presiden tri-sutrisno (saat itu) juga gak luput dari hal ini.

obat herbal penyakit liver 20 Februari 2012 21.48  

itulah prilaku2 takbertanggung jawab

pengobatan hepatitis c 20 Februari 2012 22.26  

itulah kalo pelajar sekarang tidak pernah berfikir masa depan..

obat tradisional kanker rahim 21 Februari 2012 09.19  

ada hal yang lebih baik dari pada harus corat coret ...

tasbih souvenir pengajian 23 Februari 2012 09.49  

hadeuuhh apa sih maunya mereka, kan ngerusak keindahan alam tuh...

jasa pembuatan website di bali 27 Februari 2012 12.29  

murusak pemandangan aja.....
harus di berantas kejadian seperti itu

Arimurti 10 Maret 2012 18.48  

Kerjanya..cma merusak....orang yg tidak bertanggung jawab

nita 13 Maret 2012 11.02  

waduh, yg kayak gini banyak terjadi dimana2..
herannya apa di sekolah tidak pernak diajak berfikir, ramah dengan alam..

Obat Herbal Darah Tinggi 14 Maret 2012 17.22  

bikin nyampah n merusak pemandangan....ga bisa menjaga lingkungan....mereka harus dikasih penyuluhan tuh supaya bisa mejga kelestarian lingkungan...

mobil bekas seharga motor ? 20 Maret 2012 16.56  

mereka pikir itu keren tapi sebenarnya itu merusak !

dfn7 25 Maret 2012 06.33  

bisanya ngerusak..

Jelly gamat 26 Maret 2012 10.06  

wah wah anak jaman sekarang merusak keindahan alam coba liat tu baju nya juga cemo cemong semua nya dasar anak anak bandel wkwkwkwkkw,,,,,,,,,,

XAMthone 26 Maret 2012 10.07  

dasar anak anak kutu kupret main semprot aja tu pilok merusak keindahan alam aja ,,,,,

alam itu harus dijaga karena tempat tingal kita di bumi ini bisa nya merusak aja ke indahan alam

Kesehatan Gigi 28 Maret 2012 01.21  

informasinya menarik gan,,, thanks sudah berbagi.

Kata Motivasi, Kata Gombal, Kata Motivasi Kehidupan, Nexian Android
Ditunggu kunjungan baliknya gan...

Wanita Hamil 28 Maret 2012 13.31  

wahh, parah banget yak..
tidak ada rasa menghargai sama sekali terhadap keindahan alam...
:(

obat penyakit kanker prostat 29 Maret 2012 09.05  

hal yang tak layak di lakukan seorang lulusan skolah,, merusak pmandangan indah nya bongkahan batu mas brow...
mksih buat info nya gan,, di tnggu yg baru...

obat herbal kanker darah 30 Maret 2012 07.18  

merusak pemandangan alam..
mksih info nya gan..

diabetes melitus 30 Maret 2012 13.22  

gimana yah pikiran orang tua liat anaknya kelakuan nya kaya gitu?

Arimurti 1 April 2012 16.24  

kerjanya...cuman merusak saja...coba mari jiwa2 muda,,,perperilaku yg positif...jangan di tiru kelakuan di atas

company profile 2 April 2012 16.54  

terimakasih atas infonya semoga bermanfaat

will123 2 April 2012 19.03  

kelakuan dua orng yg ga patut di puji itu gan, thank's infonya . . .

cara mengobati tumor lambung 3 April 2012 10.33  

bukanya dijaga malah dirusak, heuuuh, itulah orang yang tidak mengetahui indahnya alam. info yang menarik gan, thanks

Mainan Anak 4 April 2012 09.38  

Iya... corat-coret yang bukan pada tempatnya.. apalagi ini dilakukan di alam. Bikin merusak keindahan aja..

Cara mengobati penyakit kanker payudara 5 April 2012 13.46  

hhmmm alam udah jadi kayak markas anak punk sekarang ya,,

obat herbal- penyakit jantung 11 April 2012 13.37  

sungguh lulusan pelajar yang tak terpelajar...

obat alami hepatitis 13 April 2012 15.37  

trimakasih infonya teman,,,

obat jerawat alami 13 April 2012 15.40  

trimakasih infonya teman,,,

Obat herbal- Kanker prostat 14 April 2012 10.03  

aduh harus di laporin sama ortu nya gan,, gxgx
tapi emg masa2 bandel nya sih anak sgde gtu mh...

Dwijayasblog 14 April 2012 11.31  

Memang ga mudah menjaga kelestarian alam tapi bukan berarti dirusak, ya.

Obat herbal Ambeien 19 April 2012 17.15  

sugguh ironi mereka itu pelajar tapi tak terpelajar!!!
jelas sdh bahwa pendidikan di indonesia hanya dijadikan formalitas saja!!!

danny 21 April 2012 11.40  

huh, aku jengkel juga ngeliatnya,,

obat herbal kanker prostat 24 April 2012 07.44  

terima kasih gan atas infonya
salam sukses selalu

obat diabetes herbal 24 April 2012 12.22  

mereka harus diberitai agar tidak mencorat-coret batu yang indah itu....

Yasir Utomo 24 April 2012 17.41  

Mereka udah di didik gan, udah mendapat ilmu dari sekolah. cuma kesadaran diri mereka sj yang belum mereka dapatkan.

rizky 28 April 2012 17.50  

memang anak remaja,. perlu arahan dan bimbingn setiap saat biar ngga kyk gni..

Cara Cepat Menurunkan Berat Badan 28 April 2012 20.04  

seharusnya di sekolah di ajarkan tentang mencintai alam..
nice post..

Cara Cepat Menurunkan Berat Badan 28 April 2012 20.05  

seharusnya di sekolah di ajarkan tentang mencintai alam..
nice post..

Testing Indonesia 30 April 2012 11.17  

tukang ngerusak aja ya!!

obat herbal stroke 1 Mei 2012 11.31  

terima kasih gan atas infonya
salam sukses selalu

obat tradisional diabetes melitus 1 Mei 2012 14.32  

itu orang yang tdk menghargai keinddahan alam klo ada yg seperti itu lagi ayo kita sma-sam basmi orangnya kita semprot dgn asap nyamuk malaria klo gk baygon..

obat tradisional hiv aids 1 Mei 2012 15.22  

mang seharusnya kalo sudah begitu seharusnya pemerintah lebih di perketat dong... makasi gan atas informasinya .....

obat herbal kanker payudara 2 Mei 2012 07.10  

makasih gan atas infonya
salam kenal selalu

obat herbal kanker darah (leukimia) 2 Mei 2012 08.42  

bagus sekali gan postingannya
salam sukses selalu

Crystal-X 9 Mei 2012 09.38  

Contoh dari sekian banyak anak muda goblok di negeri ini. Sekolah hanya mengisi otak mereka dg info normatif tapi perilaku dan etika mereka payah dan parah banget !

Obat Penyakit Miom 13 Mei 2012 11.27  

ngapain kali ya keindahan alam di rusak kaya gitu, mending kita jaga dan rawat agar tetap terjaga keindahannya...

dinameilani 14 Mei 2012 15.49  

ada ada sj tingkah anak muda sekarang...
tapi tidak dapat disalhkan juga..karena kebebasan yang los control lah yang jd penyebab utamanya..heehe..
lam kenal mas..

rahman 16 Mei 2012 10.03  

anak muda yag tak tau bahwa betapa indahnya batu'' di dunia ini ... coba apa maksudnya coret'' kaya gtu.....

cara pemesanan jus manggis 19 Mei 2012 20.18  

perbuatan yang sangat tidak bertanggung jawab

Tobadak 20 Mei 2012 21.51  

namanya juga anak muda.. hehe

Indovisual 25 Mei 2012 22.01  

Yaampun ngerusak keindahan alam bgt tuh, wahhh..
Thanks gan infonya :)

obat herbal demam berdarah 27 Mei 2012 13.14  

jangan merusak alam donx, kalau pengen corat coret..!!

tik tok 28 Mei 2012 16.15  

kalo pengen corat coret khan ada tempatnya...jgn merudak alam gitulah.
wadahnya khan dah disediain tuhh

Wisata bali 29 Mei 2012 18.04  

Mereka perlu arahan dan ditampung di wadah yang tepat untuk menyalurkan kreatifitas mereka.

Trik Mudah SEO 1 Juni 2012 14.11  

Gak kebayang kalau kita cari wisata alam, trus batu dan pohonnya penuh gambar jelek mereka

Promo Member Alfamart Minimarket Lokal Terbaik Indonesia 1 Juni 2012 14.14  

Harusnya rumah mereka juga dicoratcoret orang biar tahu rasa

Obat Herbal Diabetes 1 Juni 2012 18.55  

Ya sebaiknya peraturan tentang hal itu diperketat dan diberikan tindakan hukum, supaya orang yang melakukannya tidak berani dan upaya untuk melestarikannya harus terus disosialisasikan

Nama Bayi 2 Juni 2012 01.50  

Nah, yang seperti ini yang tidak bisa menghargai dan melestarikan lingkungan...

Obat Herbal Diabetes 5 Juni 2012 09.55  

Inilah contoh carut-marut bodohnya negeri kita, senangnya merusak bukan memelihara.

kang taqwim 6 Juni 2012 11.11  

itu menjadi PR kita bersama

obat alami darah tinggi 9 Juni 2012 14.32  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat alami diabetes 9 Juni 2012 14.34  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat alami gagal ginjal 9 Juni 2012 14.36  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat alami ginjal 9 Juni 2012 14.38  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat alami jantung 9 Juni 2012 14.43  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat alami kanker darah 9 Juni 2012 14.48  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat alami kanker hati 9 Juni 2012 14.50  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat alami kanker payudara 9 Juni 2012 14.51  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat alami kanker prostat 9 Juni 2012 14.53  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat alami kanker usus 9 Juni 2012 14.54  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat alami keputihan 9 Juni 2012 14.57  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat alami leukemia 9 Juni 2012 14.59  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat alami luka diabetes 9 Juni 2012 15.00  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat alami nyeri haid 9 Juni 2012 15.04  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat alami pelangsing 9 Juni 2012 15.06  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat alami penyakit glukoma 9 Juni 2012 15.07  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat alami penyakit gondok 9 Juni 2012 15.08  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat alami penyakit liver 9 Juni 2012 15.09  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat alami penyakit pinggang 9 Juni 2012 15.11  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat alami penyakit stroke 9 Juni 2012 15.12  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat alami radang paru-paru 9 Juni 2012 15.13  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat herbal darah tinggi 9 Juni 2012 15.29  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat herbal diabetes 9 Juni 2012 15.31  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat herbal gagal ginjal 9 Juni 2012 15.32  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat herbal ginjal 9 Juni 2012 15.38  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat herbal jantung 9 Juni 2012 15.42  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat sehat herbal ambeien 11 Juni 2012 14.40  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat sehat herbal asam urat 11 Juni 2012 14.44  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

Posting Komentar