Selasa, 09 Agustus 2011

Sembahyang Kubur, Ketika yang Hidup Menghormati Leluhur

Pagi menjelang, namun suasana kuburan yang biasanya sepi ini menjadi ramai seperti tempat wisata. Aroma khas dari dupa (hio) yang dibakar membuat harum suasana disana. Satu keluarga, mulai dari yang tua hingga yang masih balita. Ramai-ramai mereka menuju makam leluhur mereka masing-masing, mengirim bekal untuk mereka yang sudah terlebih dahulu menghadap yang kuasa. Uang emas, uang perak, baju kertas, sepatu kertas, aneka hidangan makanan dan minuman , beberapa batang dupa berpadu tersusun didepan nisan.
Sembahyang kubur di Kota Singkawang dilaksanakan dua kali dalam setahun, yaitu Cheng Beng atau Chiang Miang (dalam bahasa ‘khek’ Singkawang) setiap bulan ke-3 dan Chit Nyiat Pan yang dilaksanakan pada bulan ke-7 dalam penanggalan imlek. Sembahyang kubur merupakan salah satu bentuk penghormatan dari mereka yang masih hidup kepada leluhurnya. Saat yang tepat untuk memohon dan memanjatkan doa agar anak cucu yang hidup di dunia ini diberi kehidupan yang lebih baik dan bahagia. Dari berbagai penjuru para keluarga berdatangan, baik di dalam maupun dari luar negeri, datang menuju kota Singkawang, salah satu kota yang mayoritas penduduknya merupakan etnis Tionghoa.
Salah satu bentuk budaya yang masih diwarisi hingga sekarang, dan akan terus berlangsung,untuk menghormati para leluhur. Budaya yang terus dilestarikan, seiring meningkatnya jumlah polulasi manusia di bumi, sebuah penghormatan yang dilakukan dengan cara tersendiri, sebagai bentuk refleksi bahwa suatu saat nanti mereka yang saat ini masih di bumi juga akan berada ditempat seperti ini, dan keturunan mereka juga akan meneruskan tradisi ini dengan mengirim dan memanjatkan doa nya.

Foto & Text :
Yohanes Kurnia Irawan





1733 komentar:

Aang Ilahang 10 Agustus 2011 07.55  

Yon...nungguin momentnya ato sesajennya...hahaha

Obat Tradisional Hepatitis B 17 September 2011 10.21  

maaf mas saya mau nanya,knapa kirimannya harus di bakar?

Obat Tradisional Hepatitis C 17 September 2011 10.25  

wah ternyata warisan budaya yang sangat unik ya..

Pengobatan Kanker Serviks 17 September 2011 14.44  

wah ada acara begitu yah,,
hehe
makasih banyak atas ifonya sob

anditri 18 September 2011 22.17  

waw bernyata indah juga

obat jantung koroner 19 September 2011 23.58  

thanks infonya n salam kenal ja mas

jelly gamat 20 September 2011 23.33  

nice picture..
thanks sharenya

xamthone plus 22 September 2011 13.34  

mantap info nya sangat keren nie ............
makasih yach......

obat herbal asam urat 23 September 2011 10.12  

wah saya baru tau tradisi seperti ini.. makasih banyak infonya yaa

xamthone plus 24 September 2011 13.12  

oke juga nie info nya ............
nie dan mantap nie........

obat alami keputihan 26 September 2011 15.26  

tradisi leluhur yang masih di junjung tinggi..
makasih banyak infonya,

obat penyakit jantung 30 September 2011 14.52  

makasih atas informasinya,,,
salam kenal

jus manggis 6 Oktober 2011 12.31  

info nya sangat bagus dan sangat menarik nie...

obat penyakit insomnia 7 Oktober 2011 22.19  

sip..
good postingannya mas..

Obat Herbal Untuk Penyakit Asam Urat 18 Oktober 2011 11.03  

hemmm,,iya iya,,kita pasti akan mengalami hal itu dan pasti akan di do'a kan juga,,,
makasih buat infonya..salm kenal

Meningkatakan Penjualan dengan Specific keyword 23 Oktober 2011 18.54  

bagaimana nasib yang didalam kubur ya..........

Pantangan Makanan Bagi Penderita Asam Urat 28 Oktober 2011 08.53  

adat dan kebudaaayaaan yg berbeda-beda yaaa
jika agama islam tidak seperti itu

obat herbal HIV aids 3 November 2011 14.41  

membakar kiriman maksud nya apa tuh gan???

obat herbal penyakit kanker usus 3 November 2011 15.00  

panjang juga yah rangkaian acara nya....

obat herbal kanker prostat 3 November 2011 15.27  

warisan budaya yang takan pernah mati nih gan...

obat herbal penyakit keputihan 3 November 2011 15.38  

sebuah tradisi yang sangat baik nih gan...

obat alternatif asam urat 7 November 2011 20.38  

salam kenal ja mas//
good post n sukses aja

Lapar 11 November 2011 14.04  

Budaya memang harus di lestarikan.
tapi kita jangan terlalu memuja

salam kenal

Obat tradisional insomnia 11 November 2011 16.37  

warisan yang masih terjaga sampai sekarang, sungguh saya kagum :)

Obat Tradisional Hepatitis C 12 November 2011 07.44  

budaya dan tradisi memnag harus dijaga. tetapi jangan terlalu berlebihan. nice info

diabetes 24 November 2011 14.49  

thanks for infonya
salam kenal

obat diabetes 25 November 2011 13.25  

jadi merinding melihat nya :D

Ac Mobil 7 Desember 2011 11.43  

Owh Ternyata Bagus juga gan,. MAnstappp
Ana dukung gan,.

obat herbal penyakit tipes 8 Desember 2011 10.33  

itu kebisa orang kristen ya ????

Obat herbal untuk diabetes melitus 16 Desember 2011 17.42  

fantastik
info yang bermangfaat sob.
tetap selalu berkarya

obat alami asam urat 27 Desember 2011 09.26  

good post , thanks for share .
kebdayaan dan ritual setiap agama itu pasti berbeda , kita hargai saja .
ditunggu ya ga postingan terbarunya .
sukses trus ya ;)

renovasi rumah 2 Januari 2012 17.36  

ane jg ada keturunan tionghoa...sayangnya tradisi berhenti di bokap...abis itu ga ada sembahyang leluhur lg...sedih jg

jual karpet 4 Januari 2012 10.27  

saya jarang mendengar tentang budaya ini, but keep post yah ^^

Makanan Pemicu Timbulnya Jerawat 5 Januari 2012 10.15  

Thank For allinformationis beautyfull.................

lowongan kerja 7 Januari 2012 11.29  

Saya sangat menghormati semua budaya yg ada di kehidupan kita dari semua etnis, tak perlu membeda bedakan perbedaan yg ada,

Obat Herbal Asam Urat 7 Januari 2012 14.46  

kita harus menghormati budaya-budaya yang ada,,
walupun budaya kita berbeda-beda..

bangun rumah 8 Januari 2012 20.50  

foto-fotonya bagus mas...

Obat Herbal Darah Tinggi 9 Januari 2012 15.20  

makasih om saya jadi banyak tau nih...

Obat Tradisional Asam Urat 9 Januari 2012 15.22  

makasih om udah di post...
masih banyak budaya budaya yang belum saya ketahui...
good job om..

Aacalreunion 12 Januari 2012 04.56  

terimakasih atas infonya ya. . .

batu mustika 17 Januari 2012 14.22  

hmmm....tradisi yang beragam dan unik.......semoga tidak di salah artikan

obat herbal keputihan 19 Januari 2012 20.24  

Budaya yang terus dilestarikan, keren

Business Solution 20 Januari 2012 14.11  

Pemandangan di makan itu terlihat indah banget
Makasih udah shering tentang kebudayaan

Chute 24 Januari 2012 10.09  

Sngat beragam sekali tradisinya....!!!

xamthone 24 Januari 2012 15.31  

wahh,,sungguh banyakk yang berragam didunia ini ...
beragam namun satu jua ...

booklet desain 26 Januari 2012 10.13  

like bwt tulisan kamu :)

cara pemesanan jus kulit manggis 27 Januari 2012 20.56  

itu memang sdh jdi kebiasaan..
ada adab dan budaya masing masing

Obat herbal kanker darah 28 Januari 2012 11.21  

oke juga nie info nya gan,,,,,

cara cepat meningkatkan PR 29 Januari 2012 21.12  

pergi ke kubur mwngingatkan kita pada kematian

Obat Herbal Stoke 1 Februari 2012 17.59  

top gan infonya terima kasih

Blog Keperawatan 8 Februari 2012 10.45  

Banyak juga ritualnya sahabat...

Obat Tumor Ovarium Kista 9 Februari 2012 14.05  

mantap juga nie gan sangat bagus dan sangat menarik nie gan,,,,

Obat herbal keputihan 10 Februari 2012 19.46  

info nya sangat bagus nie gan,,,,

jelly gamat 15 Februari 2012 13.34  

wah gan infonya sangat bagus... thanx

AUDIO AMPLIFIER SCHEMATIC CIRCUITS 15 Februari 2012 22.05  

keren banget infonya gan...trims dah share

Lirik Lagu 16 Februari 2012 08.28  

info bagus...gambarnya juga high arts yang membakar kiriman itu saya suka....

xamthone plus 16 Februari 2012 10.07  

onfonya sangat bagus gan... makasih

6 biaya umrah 16 Februari 2012 14.18  

heem Indonesia terkenal karena budayanya yg menarik dan unik

obat herbal xamthone plus 18 Februari 2012 07.16  

infonya menarik gan ..
sip ...good post
n salam kenal

Dedy Fajar 18 Februari 2012 15.28  

menghormati leluhur sama jga menghormati kedua orang tua dan tidak hanya saat mereka hdup...bahkan ada kewajiban mendoakan moyang yang sdah tiada sekalipun, tradisi jawa mengenal ini dengan "slametan"

nice post..aq dh foloow...flow blik ya

Makanan 20 Februari 2012 09.03  

Itu Keyakinan Mereka. Tuhan Tahu Mana Yang Benar, Dan Mana Yang Salah

obat tradisional kanker rahim 21 Februari 2012 09.08  

beda agama beda pula caranya
tapi kita harus saling menghormati...

obat tradisional penyakit jantung 23 Februari 2012 13.52  

lah qok kuburan di sembah ya .. unik juga , kalau di tempat saya kuburan itu serem jarang di kunjungi paling satu tahun satu kali . wah seru ni template nya ,. coba budaya ini ada di kota menes ,. pasti kuburan itu rame dan ga di segani .. saya akan coba lestarikan untung datang k kuburan .. lucu juga ya .. he he he .. ..

How To Be Vegetarian 23 Februari 2012 17.19  

semua itu mmang wajib, smua untuk menghormati yg udah diatas sana duluan :)

Cara pemesanan xamthoeneplus 23 Februari 2012 19.52  

Sewaktu aku masih kecil hal seperti ini sering terdengar, karena tempat tinggalku berdekatan dengan pemakaman china, yang namanya tradisi nggak akan bisa hilang walaupun saat ini zamannya sudah berubah,,,,,,,,,lebih canggih dan modern,,,,,,

agen xamthone plus jakarta 29 Februari 2012 12.45  

info yang sangat unik...
makasih gan..

anisa herbal 5 Maret 2012 10.51  

intinya menyakini hidup setelah mati

obat herbal asam urat 5 Maret 2012 15.13  

info yang bagus nih....
penuh dengan pelajaran yang luhur

obat herbal asam urat 6 Maret 2012 13.52  

ya nih infonya sangat bagus banget gan...
makasih..

obat herbal nyeri sendi 7 Maret 2012 20.38  

wah seru juga tradisi ke kuburan , tapi sayang di kota saya kuburan itu sangat angker dan jarang ada pengunjungnya paling hari hari besar satu tahun satu kali itu juga jarang yang pengunjungnya ,,
mari kita budayakan ke kuburan untuk menghormati leluhur kita .
terimakasih atas informasinya

obat herbal penyakit kelenjar getah bening 7 Maret 2012 20.48  

kuburan , kuburan adalah salah satu objek wisata yang sangat serem , ha ha ha .. ia sih serem soal nya banyak hantunya
he he ,,

obat herbal penyakit demam berdarah 7 Maret 2012 21.11  

kuburan , memang satu fenomena yang sangat seram ,, bagi saya itu juga ,, karena kuburan adalah orang yang sudah meninggal dunia .. katanya kuburan ada setan nya kata mitos tapi saya percaya sama mitos tersebut .
tapi ini lucu juga postingan nya ,, kuburan kok di jadiin tempat wisata ,, wah lucu banget ,,

Obat Herbal Demam Berdarah 8 Maret 2012 15.34  

sembahyang kubur itu suka di lakukan oleh umat hindu yah ??

the food 9 Maret 2012 18.44  

nice article..
thanks for sharing with us...

toko online 15 Maret 2012 16.50  

tapi kalo di bakar di bukany di buang ke laut ya?

makasih atas infony ya.

Sudah Buka Toko Online hari ini? yux klik www.onigi.com dan buka toko anda sekarang!

Obat Herbal Luka Bakar 16 Maret 2012 01.23  

sembahyang kubur untuk orang tiong hoa iya kan gan,law ane turunan jawa paling ane ziarah kubur untuk mendoa'kan ...thanks gan shreny menarik skali.

busana wanita jeans premium 20 Maret 2012 16.50  

berbeda dan merdeka, itulah indonesia

camera CCTV gunnebo 20 Maret 2012 16.52  

ane juga pernah kok ngelakuin hal di atas..

Computer repair tips 20 Maret 2012 21.47  

ritual yang melegenda yang memang masih patutdilestarikan sebagai khasanah budaya

cara mengobati penyakit hepatitis b 24 Maret 2012 10.54  

ea agama memang penuh budaya, sesuai dengan kepercaya'anya masing masing ajalah, yang penting saling hormat menghormati,.! thanks infonya menarik banget.

jasa seo murah 27 Maret 2012 12.29  

mantab artikelnya, terima kasih atas infonya
...di tunggu kunungan baliknya di www.jasaseoindonesiamurah.com
www.jasaseoindonesiamurah.com

signature,
jasa seo murah

obat herbal kanker darah 30 Maret 2012 07.16  

mksih info nya gan,, msih ada yg kaya gtu ya.emg ritual leluhur kali ya...

will123 2 April 2012 19.00  

Bagus bngt artikel dan gmbrnya gan, lumayan nmbh lg wawasan hehehe . . .

tutorial blog 2 April 2012 20.49  

infonya menarik baru tahu aku. di desa nggak ada adat seperti itu

Obata Herbal Penyakit Kanker Prostat Paling Ampuh 3 April 2012 08.34  

mengunjungi makam bukan berati kita menyembah akan tetapi kita menghormati mereka yang sudah dahulu meninggal ..
memberikan do'a juga ..
mari kita budayakan jiarah kubur ini ..
salam

Obat Herbal Darah Tinggi 3 April 2012 08.52  

kuburan ha ha .. unik juga nih artikel nya ada ada aja ya pergi ke kuburan ternyata di jadiin sebuah tradisi ..
semoga tradisi ini terus berjalan
salam ..

misca 5 April 2012 16.23  

leluhur lebih baik tu didoakan dan dikenang gan

senam aerobik 9 April 2012 20.51  

terima kasih atas infonya...
menarik...
salam kenal...

Agldcnet 10 April 2012 00.04  

waw...keren infonya...

Flu Tulang 19 April 2012 13.19  

acaranya pasti seru bnget tuh kayanya..

Komplikasi 19 April 2012 13.20  

budaya leluhurnya msih terjaga..bgus bnget..

gamat luxor jambi 19 April 2012 13.42  

leluhur memang perlu di ingat dan di kenang

Obat Herbal Asam Urat 19 April 2012 17.01  

leluhur memang perlu di kenang v asal jangan d pakai tempat musrik aja!!!
thank gan info nya.

si jamblang 22 April 2012 12.22  

oowwh ternyata ada ziarah kuburnya juga ya,,,
memang kita harus selalu menghormati leluhur..
salam kenal om..

obat herbal kanker prostat 24 April 2012 07.42  

terima kasih gan atas infonya
salam sukses selalu

Obat Herbal Gagal Ginjal 24 April 2012 20.18  

Ya masing-masing keyakinan..tapi ini harus tetap dilestarikan karena setiap manusia punya keyakinan dan kepercayaan masing-masing

cara mengobati ambeien 30 April 2012 15.59  

berbeda tapi satu tujuan............

obat herbal stroke 1 Mei 2012 11.29  

terima kasih gan atas infonya
salam sukses selalu

obat tradisional hiv aids 1 Mei 2012 15.19  

ya mungkin juga harus tau , biarpun bukan adat saya .... makasi tapi gan...

obat herbal kanker payudara 2 Mei 2012 07.07  

makasih gan infonya
salam kenal selalu

Bisnis Rumah Tangga 3 Mei 2012 16.28  

infonya sangat menarik,,thank gan,,,salam kenal

Promo member Alfamart Minimarket Lokal Terbaik Indonesia 4 Mei 2012 06.39  

Tradisi yang menarik....nice article, thanks for share this :)

Obat Herbal Luka Bekas Operasi Melahirkan Caesar 4 Mei 2012 17.56  

Sangat toleran sekali dan saling menghormati.

Download Film The Avengers 5 Mei 2012 01.28  

Nice post,,, toleransi is number one

free apk game 5 Mei 2012 06.21  

wah acaranya butuh uang banyak tuh guys....

singaporepos 6 Mei 2012 21.11  

Terimakasih atas info yang anda berikan ini sangat berharga dan memberi pengetahuan baru untuk saya,.,,

nitip link :Yahoo Pos dan singapore pos

By:Yahoopos.blogspot.com

Pusatkomputerindo 6 Mei 2012 23.20  

Kematian memang jadi pemisah hubungan suatu makhluk, filosofis memandang jauh hakikat perpisahan itu. Penghormatan leluhur, terurai dari berbagai budaya dunia, tak lupa pula Indonesia. Nice Post.... ^_^

sistem integrasi 9 Mei 2012 14.31  

Nice information gan :)

cara ampuh mengobati ginjal 9 Mei 2012 16.05  

lestarikan budaya leluhur agar tidak punah...........

ricky 10 Mei 2012 19.50  

keluarga saya juga sering ada acara kaya gitu. cuma saya dah ga pernah ikut aja. cuma mama saya mah tetap masih pergi ampe sekarang.

Kamus Mandarin Online 10 Mei 2012 21.36  

Wah pengen bertulangan kembali nih..

Tips Trik SEO 11 Mei 2012 13.05  

Nice info, tapi ane takut dengan kuburan :)

Iklan baris gratis 11 Mei 2012 13.06  

Boleh juga acara ini, unik gan

Cara Alami Mengobati Komplikasi 12 Mei 2012 15.24  

jadi kepengen nih lintas alam,.,.

http://gamatluxorr.com/cara-alami-mengobati-komplikasi/

obat alternatif asam urat 14 Mei 2012 19.48  

jadi pingin lihat langsung...

obat herbal epilepsi 15 Mei 2012 07.44  

aduh jadi inget masalalu nie
salam sukses selalu

Trica Jus 15 Mei 2012 13.32  

berbagi Kata Kata Motivasi
Senyumlah, tinggalkan sedihmu. Bahagialah, lupakan takutmu. Sakit yg kamu rasa, tak setara dengan bahagia yg akan kamu dapat.
Air mata tak selalu menunjukkan kesedihan, terkadang karena kita tertawa bahagia bersama sahabat terbaik kita.

semoga bermanfaat :D

rahman 16 Mei 2012 09.40  

wehhh masih mengikuti tradisi nenek moyang nich kayanya

Obat Alami Penyembuh Hiv Aids 21 Mei 2012 16.59  

makasih gan untuk informasi dan artikel menariknya...

Obat Herbal Darah Tinggi 1 Juni 2012 18.49  

Masing-masing keyakinan, silahkan tergantung keyakinan. Terima kasih informasinya.

tita 6 Juni 2012 11.53  

ternyata masih banyak yang menggunakan keyakinan itu,tapi menurut saya tergantung keyakinan yang ada pada diri sendiri.

Harga hanphone 6 Juni 2012 15.01  

beda adat nih, semua terganung ama keyakinan kita masing2

obat alami darah tinggi 9 Juni 2012 14.31  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat alami diabetes 9 Juni 2012 14.33  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat alami gagal ginjal 9 Juni 2012 14.35  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat alami ginjal 9 Juni 2012 14.37  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat alami jantung 9 Juni 2012 14.42  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat alami kanker darah 9 Juni 2012 14.47  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat alami kanker hati 9 Juni 2012 14.49  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat alami kanker payudara 9 Juni 2012 14.50  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat alami kanker prostat 9 Juni 2012 14.52  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat alami kanker usus 9 Juni 2012 14.53  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat alami keputihan 9 Juni 2012 14.56  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat alami leukemia 9 Juni 2012 14.58  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat alami leukemia 9 Juni 2012 14.58  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat alami luka diabetes 9 Juni 2012 15.00  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat alami luka diabetes 9 Juni 2012 15.00  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat alami nyeri haid 9 Juni 2012 15.04  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat alami nyeri haid 9 Juni 2012 15.04  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat alami pelangsing 9 Juni 2012 15.05  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat alami pelangsing 9 Juni 2012 15.05  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat alami penyakit glukoma 9 Juni 2012 15.06  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat alami penyakit glukoma 9 Juni 2012 15.07  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat alami penyakit gondok 9 Juni 2012 15.07  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat alami penyakit gondok 9 Juni 2012 15.08  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat alami penyakit liver 9 Juni 2012 15.09  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat alami penyakit liver 9 Juni 2012 15.09  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat alami penyakit pinggang 9 Juni 2012 15.10  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat alami penyakit pinggang 9 Juni 2012 15.11  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat alami penyakit stroke 9 Juni 2012 15.12  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat alami penyakit stroke 9 Juni 2012 15.12  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat alami radang paru-paru 9 Juni 2012 15.13  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat alami radang paru-paru 9 Juni 2012 15.13  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat herbal darah tinggi 9 Juni 2012 15.28  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat herbal darah tinggi 9 Juni 2012 15.29  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat herbal diabetes 9 Juni 2012 15.30  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat herbal diabetes 9 Juni 2012 15.30  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat herbal gagal ginjal 9 Juni 2012 15.32  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat herbal gagal ginjal 9 Juni 2012 15.32  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat herbal ginjal 9 Juni 2012 15.38  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat herbal ginjal 9 Juni 2012 15.38  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

Posting Komentar