Minggu, 31 Juli 2011

Wahana Bermain : LUAS tapi BEKAS

Sore yang cerah itu tampak segerombolan anak-anak sedang asyik bermain di sebuah kolam , sambil mandi dan bersenda gurau. Kolam yang airnya berwarna coklat tersebut bertambah keruh ketika anak-anak itu menceburkan diri mereka ke dalam air. Kecerian mereka tercermin dari senyum dan gelak canda tawa mereka yang tak henti terdengar hingga sore menjelang dan mereka pun bergegas pulang.

Salah satu dari segerombolan anak tersebut bernama Arman. Dia adalah seorang anak laki-laki berusia sekitar 10 tahun dan masih duduk di kelas 4 SD setempat. Arman sedikit bercerita tentang aktivitas mereka di tempat tersebut. Arman dan teman-teman nya tau dan sadar bahwa tempat yang biasa mereka gunakan sebagai wahana bermain tersebut adalah bekas tambang galian emas yang sudah cukup lama ditinggalkan para penambang. Areal bermain mereka ini sangat luas, bahkan ukurannya lebih dari 10 kali ukuran lapangan sepak bola.

Kalimantan merupakan salah satu pulau yang rentan dengan aktivitas alih fungsi lahan, diantaranya adalah akibat aktivitas pertambangan emas tanpa izin (PETI) dan Kota Singkawang merupakan salah satu wilayah yang menjadi korban aktivitas tersebut. Salah satu dampak yang diakibatkan oleh aktivitas PETI itu adalah berupa kubangan-kubangan raksasa membentuk kolam bahkan danau, dan ditinggalkan begitu saja ketika kandungan lahannya dirasa sudah tidak menghasilkan emas lagi, tanpa ada usaha untuk reklamasi ketika meninggalkan lahan tersebut.

Lokasi yang digunakan Arman dan teman-teman nya untuk bermain ini adalah salah satu dari beberapa lokasi aktivitas PETI yang ada di Kota Singkawang, tepatnya di desa Pajintan, Kecamatan Singkawang Timur. Ada beberapa lokasi lagi di kota Singkawang yang tingkat kerusakannya sudah cukup parah dan belum ada penanganan yang serius dari pemerintah yang terkait untuk menanggulangi masalah ini. Potret masa kecil Arman dan teman-temannya, bermain bersama di wahana yang sangat luas, tapi bekas pertambangan emas tanpa izin.
















Foto dan Teks :
Yohanes Kurnia Irawan

1725 komentar:

pulsa elektrik murah 31 Juli 2011 13.40  

itulah indonesia,jangankan yang ilegal,pertambangan yang legal juga selalu menimbulkan dampak yang negatif terhadap lingkungan

Anonim,  31 Juli 2011 14.04  

Hal-hal macam ini harus ditulis, agar masyarakat Indonesia juga mengetahui hal-hal lain diluar daerahnya.(rizal bustami)

Aang Ilahang 1 Agustus 2011 09.08  

Yon...abis wahana bermain untuk orang...eks tambang dijadikan wahana berenang ikan2...kayak di Bangka.

Suara Petualang 1 Agustus 2011 13.02  

@ Rizal Bustami : terima kasih bang, semoga bisa tetap up to date lah...:)

@ Aang Ilahang : ya, sepertinya nanti akan ada fenomena seperti itu juga terjadi di Singkawang bu. Tinggal siapa yang lebih jeli melihat peluang itu....:) hehehhehe

yuliani indri lestari 4 Agustus 2011 15.14  

ooo kalo di singkawang itu bekasnya bekas tambang emas ya, kalo di kalsel n kaltim itu setau saya byk bekas tambang batu bara, mengerikan bgt bekasnya, jurang2 curam.

btw lama ga mampir sini, jjur krna sy byk kehilangan jejak tobat blogger :D

yuliani indri lestari 4 Agustus 2011 15.17  

sorry, edit. mksdnya bukan *tobat, tp *sobat :d

Suara Petualang 4 Agustus 2011 20.20  

@yuliani indri lestari : terima kasih atas komentar nya.

xamthone plus 16 Agustus 2011 12.56  

mmmzz..
gmn itu aiir ny bisa membahayakn kesehatan gk ?

resep masakan 3 September 2011 21.10  

bukan kah berbahaya jika lahan bekas tambang di jadikan tempat mandi dan berenang .. karena lahan tercebut sudah tercemar mercury dan logam berat lain

sms lucu 3 September 2011 21.12  

sedih jika melihat kondisinya seperti itu... yang saya ketahui lahan bekas tambang sangat tercemar dan bisa berbahaya efeknya untuk jangka panjang

cerita lucu 3 September 2011 21.15  

pertambangan tanpa analisa mengenai dampak lingkungan sangat berbahaya, bukan hanya merugikan jangka pendek tetapi akan berakibat jangka panjang.. semoga pemerintah lebih concern mengenai masalah ini

gambar lucu 3 September 2011 21.18  

terima kasih postingannya anda menambah luas jangkauan pandangan mata kami.. ini lah yang dinamakan internet membuka jendela dunia yang lain .. tulisan dan gambar yang anda liput sangat menambah wawasan

Convention Hotel Bandungan 9 September 2011 11.43  

postingan yang sangat menyentuh hati. .

nice post gan :'-)

agen xamthone plus bandung 13 September 2011 16.39  

oke juga nie postingan nya sangat bagus dan menarik nie gan..........

xamthone plus 15 September 2011 09.04  

mantap juga nie cerita nya sangat bagus....

Obat tradisional Kanker Serviks 17 September 2011 10.29  

ironis sekali bila dilihat dari cerita'a,tapi melihat anak" itu tersenyum apa boleh buat

jelly gamat gold 21 September 2011 20.25  

kalo anak-anak di kota sana, mungkin udah gak mungkin main-main kaya gitu..

agen xamthone plus surabaya 21 September 2011 20.34  

kalo di kota-kota besar udah gak ada yang kaya gitu..

obat alami keputihan 23 September 2011 10.03  

tempatnya indah.. cuman karena bekas pertambangan jadi kayak gtuu tuhh..
sayang sekali yaa..

obat herbal kanker payudara 23 September 2011 19.50  

nice post n good ertikelnya juga mas..
n juga salam kenal ja

obat radang paru-paru 27 September 2011 19.51  

oke juga postingan nya sangat bagus dan menarik mas....

obat asam urat tradisional 12 Oktober 2011 19.41  

ya kasian bangett..
takutnya nanti anak2 pada alergi dari air tersebut

cara pemesanan xamthone plus 14 Oktober 2011 17.50  

sip mas..
thanks infonay n good post

Cara Mengobati Penyakit Gagal Ginjal Secara Alami 20 Oktober 2011 09.26  

owhh,,ternyata itu hasil dari pertambangan emas ya,,,kasian banget masyarakat disana yang harus mendapatkan dampaknya semntara hasilnya MEREKA gunakan dengan enak,,
akan lebih baik jika ada potensi SDA di daerah saya, saya tidak mau di publikasikan,,heheheh

obat asam urat tradisional 24 Oktober 2011 21.47  

postingan yang sangat menyentuh hati. .

nice post mas

cara menjadi agen jus manggis xamthone 27 Oktober 2011 21.59  

sungguh menghawatirkan ..
v kayaknya mereka senang anget,,
mudah2n tidak terjadi apa2 ..
thanks sharenya n good post nya

Pantangan Makanan Bagi Penderita Asam Urat 28 Oktober 2011 09.00  

ternyata bekas bahan pertambangan yg bisa di jadikan tempat bermain anak2 daerah sekitar

obat herbal kanker payudara 3 November 2011 15.55  

luas banget yah tempat bermain nya yah.....

obat herbal liver empedu 3 November 2011 16.11  

tempat bermain yang luas dan geratis...

obat herbal penyakit infeksi kemih 3 November 2011 16.20  

seru banget tuh maen nya....
kalo di kota pasti sudah di bangun gedung tuh tempat nya...

obat asam urat tradisional 11 November 2011 10.18  

kasian juga ..v harus digimanain uda bagian dari kehidupan mereka ..
nthanks mas share nya n good post nya ..

Komunikan 11 November 2011 14.11  

Demi uank mereka rela merusak alam..
dan membuat makhluk yang lain kelaparan.

Obat Tradisional Hepatitis C 12 November 2011 07.46  

hargailah alam. semakin kita tdk menghargainya maka alam pun tdk akan menghargai kita dengan segala bencan dan musibah akhir2x ini krn keserakah manusia itu sendiri.

wawan 21 November 2011 05.49  

bgus sekali ni potretannya tentang kalimantan...
sungguh ironis hutan kalimantan lo lama kelamaan

diabetes 24 November 2011 14.51  

no komment
salam kenal ajah yaa

Berita Toyota 16 Desember 2011 14.13  

Tempat Wisata yg Luas tapi Bekas,. ,.

xamthone plus 16 Desember 2011 22.03  

wah bahaya juga tuh kalo main di bekas pnambangan

Obat herbal untuk darah tinggi 21 Desember 2011 13.39  

artikel yang menarik untuk disimak.
salam kenal all:)

universitas terbaik 2 Januari 2012 16.40  

miris sekali lihat keadaan kesenjangan diantara kita,,, mereka bermain disana dengan keadaan yang apa adanya, tapi kita dikota bermain di time zone dengan enaknya...

blogger trik 4 Januari 2012 18.52  

masih bisa bahagia walaupun dengan keadaan yang seperti itu

jual karpet 5 Januari 2012 11.47  

ternyata alam indonesia mempunyai banyak ekindahan alam yang memukau yah ~ :D keep psoting yah gan :D

Obat Herbal Sakit Maag 5 Januari 2012 15.56  

indo nesia memang sangat membangga kan.
tempat bekas juga bisa jadi permainan anak anak..sungguh luar biasa.

Obat Migrain / Sakit Kepala 7 Januari 2012 21.06  

indonesia kaya akan kekayaan alamnya,makasih infonya semoga sukses selalu gan,langsung saja ke tkp.

bangun rumah 8 Januari 2012 20.49  

indonesia kaya bgt alamnya syng nya di sia-siakan

Obat Herbal Kolsterol 9 Januari 2012 15.24  

keren mas jadi keinget waktu masih bocah..
:)

http://agengamatgold.com/obat-herbal/obat-herbal-darah-tinggi 9 Januari 2012 15.26  

semoga kekayaan alami seperti ini tak lekas hilang oleh kemajuan jaman...

obat herbal kencing manis 14 Januari 2012 08.48  

untuk mereka walaupun keruh tempat ini sungguh mengasyikan untuk bermain

Dhidhit 15 Januari 2012 09.13  

Asik, natural banget, tempat bermain yang sangat jarang dijumpai...

obat alami 16 Januari 2012 08.56  

tempat nya bagus tapi air nya bisa membahayakan untuk kesehatan terutama untuk anak-anak !!!

obat alami 16 Januari 2012 08.59  

tempat nya bagus tapi air nya bisa membahayakan untuk kesehatan terutama untuk anak-anak !!!

pengobatan asam urat 20 Januari 2012 10.25  

keren , sukses selalu ngeblognya

tutorial komputer 21 Januari 2012 17.28  

seperti masa kecilku dulu. bermain di sungai

Joy silalahi 21 Januari 2012 21.40  

Dimanapun kolamnya.kalo andinya bareng pasti seru!

Obat jantung koroner herbal 24 Januari 2012 15.29  

waw,,, kayakknya mereka sangatt asyik bermain dengan melakukan hal yang bebas mereka lakukan dialam yang terbuaka ini hanya untuk memanfaatkan alam yang ada ...

obat sakit kanker darah 25 Januari 2012 15.15  

infonya menarik juga untuk di simak....

Cara pemesanan xamthone plus 28 Januari 2012 03.34  

waaah sungguh tidak bertanggung jawab,,,

penyakit hiv aids 29 Januari 2012 06.43  

perlu ditindak lanjuti tuh para penambangan secara liar.?

penyakit kanker payudara 29 Januari 2012 06.45  

memang dampak dari penambangan secara liar,itu tidak baik untuk alam sekitar.

obat untuk ginjal 29 Januari 2012 06.48  

seru juga tuh kelihatanya mereka bermain,jadi teringat masa kecil.

obat sakit pinggang 29 Januari 2012 06.50  

sungguh tidak punya rasa tanggung jawab.

obat herbal jantung koroner 30 Januari 2012 16.13  

bukankah akan berbahaya karena adanya logam sisa penambangan tersebut

obat alami diabetes 30 Januari 2012 16.25  

ikutan nyebur dahhh... pasti segeerr bnget

obat penyakit jantung 2 Februari 2012 09.10  

ya namnya juga anak kecil tidak memikirkan dampak negatif dari air bekas perta,bangan itu..
kasihan mereka tempat bermain menjadi gak seindah dulu lagi..

obat penyakit jantung 2 Februari 2012 09.12  

ya namnya juga anak kecil tidak memikirkan dampak negatif dari air bekas perta,bangan itu..
kasihan mereka tempat bermain menjadi gak seindah dulu lagi..

obat penyakit jantung 2 Februari 2012 09.13  

ya namnya juga anak kecil tidak memikirkan dampak negatif dari air bekas perta,bangan itu..
kasihan mereka tempat bermain menjadi gak seindah dulu lagi..

obat penyakit jantung 2 Februari 2012 09.13  

ya namnya juga anak kecil tidak memikirkan dampak negatif dari air bekas perta,bangan itu..
kasihan mereka tempat bermain menjadi gak seindah dulu lagi..

Obat Herbal Kolesterol 3 Februari 2012 22.18  

cihuy nyebur ....
asik tuh maen cemplung-cemplungan jadi basah dah... hheheh

artikel yang seru gan

Obat Tradisional Penyakit Jantung 7 Februari 2012 21.02  

liat picnya jadi inget kampung halaman..

Wahyu Hidayat 9 Februari 2012 12.51  

Ane inget masa2 kecil dulu gan...
masih alami n natural..
sekarang udah susah nyari yang kayak gitu gan...

Kata Kata Bijak 16 Februari 2012 06.36  

asik y main2 kyk, indah ny dunia ank kecil,,jd inget masa dlu

xamthone plus surabaya 17 Februari 2012 09.30  

mengingatkan sewaktu kecil saat di desa :)

Hotel Murah di Bandung via KlikHotel.com 18 Februari 2012 09.50  

miris melihatnya,
nice share dan sukses selalu mas :)

obat herball 18 Februari 2012 09.54  

waduuuhhh yang kaya makin kaya
yang miskin makin miskin.....

Makanan 20 Februari 2012 09.12  

Ane Kasihan Gan Lihat Nasib Anak Indonesia. Di Bandingkan Anak Anak Yang Ada Di Negara Maju

obat tradisional kanker rahim 20 Februari 2012 09.31  

wahana bermain gratisan ini mah..tapi ga bahaya nieh bermain disana

obat herbal penyakit liver 20 Februari 2012 21.55  

mmmzzz...
berenang di kolam yag keruh

obat tradisional kanker rahim 21 Februari 2012 09.05  

waduh seru banget nien berenangnya....

Obat Tradisional Kelenjar Getah Bening 21 Februari 2012 13.50  

di balik senyum mereka,kita harus melihat betapa senangnya mereka bermain dengan teman-temanya.apakah ini yang di namakan ulah manusia yang tidak memikirkan kelestarian alam yang ada di tanah ibu pertiwi ini.marilah kita lestarikan kembali bersama-sama untuk generasi masa depan cucu kita.

obat herbal alami 22 Februari 2012 09.10  

senengnya kalau jadi mereka yang bebas bermain sambil tertawa riang..

Software Akuntansi Laporan Keuangan Terbaik 22 Februari 2012 15.11  

apa tidak berbahaya itu bermain di bekas tambang, pastikan banyak tailing atau limbah bekas buangan tambang yang beracun dan mengandung radiasi

obat herbal gagal ginjal 27 Februari 2012 14.50  

pertambangan emas tidak bertanggung jawab .. abis manis sepah di buang
akhirnya sepah nya di rasakan sama warga .. air yang kotor merewka gunakan .. padahal itu sangat berbahaya dapat menimbulkan banyak penyakit ,.
semoga mereka bisa menyadari kesalahan kesalahan yang telah mereka perbuat ..
saya ikut prihatin
terimakasih.

ayamSAKIT 29 Februari 2012 11.53  

itulah sob, realita yang di hadapi anak kalimantan, harus merasakan banyak erupsi dari batu bara juga, yang sekarang lagi gencar-gencarnya di tambang di hampir seluruh area kalimantan......

obat tradisional darah tinggi 1 Maret 2012 14.03  

kasian juga yah anak" berenang di tempat bekas penambangan, melihat dari tempat sekeliling nya itu indah ,nyaman, kalou ada yang urus itu lahan kaya nya enak buat di jadi kan tempat rekreasi.

Nuno 5 Maret 2012 00.29  

Wahana bermain yang mengasyikkan, bersahabat dengan alam

xamthone plus 6 Maret 2012 21.51  

wahhh... emang anak-anak ya, masih lagi seru-serunya bermain dan bersahabat di alam indah ini...
nice share,.

nita 13 Maret 2012 11.04  

asyiek liat fotonya, seger banget kayaknya...

obat jantung koroner 13 Maret 2012 11.58  

keren buat artikel nya, salam kenal.

Jelly gamat 14 Maret 2012 13.40  

oke juga nie artikel nya sangat bagus dan sangat menarik nie gan,,,,

mau Panasonic PABX 20 Maret 2012 16.54  

yang penting mereka tetap senang, di banding anak-anak sekarang yang duduk di depan komputer atau bermain video game

Jasa Lacak hp dan sadap hp 20 Maret 2012 16.55  

biar bekas tapi menyenangkan bagi mereka

Citayam Factory 23 Maret 2012 15.01  

Hal ini mengingatkan masa kecil saya yg penuh keceriaan :D

pertanian organik 27 Maret 2012 12.36  

dengan adanya artikel ini saya sadar kalo banyak hal - hal yang sudah saya lupakan..
makacih maz buat artikelnya...


thanks ya udah share

Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda 27 Maret 2012 12.42  

siiipppp dah!!
info yang bagus, semoga bermanfaat bagi kita semua.
Nice blog. Keep blogging in future....

Dunia Wanita 28 Maret 2012 13.21  

terus itu kualitas airnya gimana mas?
apakah sudah tercemar?

makanan 28 Maret 2012 13.37  

sebuah ironi..... sebagai orang kecil saya hanya bisa berharap dan berusaha menjadi baik n tidak merusak alam yang indah ini.

deka 28 Maret 2012 20.19  

coba airnya jernih,,pasti lebih asik

obat penyakit kanker prostat 29 Maret 2012 09.11  

tapi pmandangan nya msih bagus kok,, ksian anak2 itu ya.alam skitar nya sudah di rusak pnambang emas..

"cara mengganti template" 29 Maret 2012 23.17  

Wah saya jadi teringat waktu kecil dulu,, sama seperti itu,,,

obat herbal kanker darah 30 Maret 2012 07.17  

ksian anak2 nya,, mksih info nya gan..

tas branded 1 April 2012 02.09  

indonesia begitu indah

will123 2 April 2012 19.01  

Ternyata msh banyak di luarsana wahana bermain anak2 yg tdk terurus . . .

Mainan Anak 4 April 2012 09.43  

Kerusakan alam yang diakibatkan manusia... tanpa ada kejelasan siapa yg bertanggung jawab... Indonesia.. Indonesia.. Mau dibawa kemana negeri ini..

xamthone plus 9 April 2012 16.32  

tapi ingat perhatikan-lach kesehatan .
Ok gan

obat herbal- penyakit jantung 11 April 2012 13.35  

kasian warga sekitar nya,, lingkungan nya di rusak...

cara mengobati 11 April 2012 18.34  

artikel yang menarik, terimakasih

obat tradisional Diabetes Melitus 11 April 2012 19.36  

kaya nya seru tapi ko gitu amat ya tempatnya

Grosir Jilbab Tanah Abang 12 April 2012 22.57  

mengerikan..! banyak tangan2 jahil yang bisanya merusak alam tanpa mau ambil pusing untuk memperbaikinya

berbisnis di rumah 13 April 2012 05.55  

Wah, benar sekali, banyak pertambangan juga tanpa izin, semoga kita bis amencintai alam..bagus sekakli artikelnya tentang alam....

Obat herbal- Kanker prostat 14 April 2012 10.04  

wah kurang ajar org yg udh ngrusak nya...

Bunga Papan 15 April 2012 11.09  

Alam akan marah jika kita tak menjaga titipan dari Tuahanya ... jaga selalu alam kita untuk generasi anak cucu kita..

Obat herbal- Penyakit liver 15 April 2012 22.03  

info bagus gan,, di tnggu postingan trbaru nya...

Obat Herbal Komplikasi 19 April 2012 17.08  

emzz lagi@ ibu pertiwi menangis lagi tubuh'y digerogoti ganas'y kanker keserakah!!!
sipp gan artikel nyuah!!!

obat herbal kanker prostat 24 April 2012 07.44  

terimakasih gan atas infonya
salam sukses selalu

Argapala D'java Mountainer 25 April 2012 15.15  

tetap berpetualang mas... saya suka gaya anda..

Yasir Utomo 27 April 2012 16.21  

sy terfokus pada pemandangan pengunungan yang ada dibelakangnya sob, tempat bekas tambangnya agak rusak tapi mash ada bagian yang hijaunya terawat.

cara pemesanan trica jus 28 April 2012 13.09  

WAH INDAH BANGET
TERINGAT MASA KECIL KU
JADI INGIN SEP[ERTI ANAK2 LAGIH
JADI SEDIH

Cara Diet Yang Baik 30 April 2012 17.58  

olalaaa...hanya disini di Indonesia,yang kondisinya prihatin tambah prihatin, yang kaya semakin liar...

obat herbal stroke 1 Mei 2012 11.30  

terima kasih gan atas infonya
salam sukses selalu

obat herbal kanker payudara 2 Mei 2012 07.08  

maksih gan atas infonya
salam kenal gan

obat herbal kanker darah (leukimia) 2 Mei 2012 08.41  

bagus sekali postinganya
salam sukses selalu gan

obat herbal rematik 5 Mei 2012 08.16  

keren gan postingannya
salam suskes

obat herbal jantung koroner 5 Mei 2012 08.16  

bagus gan keren lagh postingannya

obat herbal gondok 9 Mei 2012 16.07  

indah tempatnya tpi sayang pemerintah setempat tidak melestarikannya....

jasa seo murah 12 Mei 2012 15.19  

mantab artikelnya, terima kasih atas infonya


signature,
JASA SEO MURAH
jasa seo

Obat Penyakit Miom 13 Mei 2012 11.33  

padahal bila segera di tangani dan di buat agar lebih indah pasti akan lebih menyenangkan untuk bermain anak-anak...

dinameilani 14 Mei 2012 15.45  

hmmm jd inget masa kecil...

obat herbal kanker payudara 15 Mei 2012 07.46  

makasih gan atas infonya
salam kenal

Belajar masak 15 Mei 2012 09.26  

wow..itu tempatnya bekas tambang yah, dimana lokasinya

cara mengobati kanker payudara 15 Mei 2012 15.34  

jadi ingat masa kanak2 lihat gambarnya.........

cara mengobati wasir 15 Mei 2012 15.35  

kayaknya indah banget tempatnya.....

cara mengobati kanker kelenjar getah bening 15 Mei 2012 15.38  

duh seger kayaknya mandi di empang kaya gitu.........

Obat Alternatif Asam Urat 15 Mei 2012 21.35  

kayanya indah tempatnya...
tapi bekas...

rahman 18 Mei 2012 09.36  

abis berenang mah laper meningan makannn pake sambel

Webawang [ Tips Trik Komputer ] 20 Mei 2012 14.58  

Wah, admin petualang sejati nih
Mantap om :D

san san 27 Mei 2012 08.36  

ijin nyimak gann..

obat herbal demam berdarah 27 Mei 2012 13.15  

waah.. keren tuuh, jdi pngen ke wahana bermain.

Dhidhit 31 Mei 2012 13.23  

Wahana bermain yang luas dan alami, saya malah suka tempat yang seperti itu

obat herbal gagal ginjal 31 Mei 2012 14.53  

betul banget gan....di indonesia yang kaya serakah yang miskin serakah juga jadi lingkungan kita cepat rusak.

Trik Mudah SEO 1 Juni 2012 14.13  

Aktivitas penambang selalu sja merusak alam sekitar. Kalau kaya mereka kaya sendiri, tapi kalau pohon habis kita semua susah....

Promo Member Alfamart 1 Juni 2012 14.14  

Tidak ada imbal balik pada lingkungan dari orang2 rakus itu

Obat Demam Berdarah|Obat Ampuh Demam Berdarah 1 Juni 2012 18.52  

Sebaiknya wahana-wahana seperti ini dilestarikan karena akan membawa damapak postitif bagi masyarakat, jika dikelola dengan baik akan menjadi tempat pariwisata yang berharga dan menjadi sumber investasi daerah tersebut

tita 7 Juni 2012 12.12  

mereka terlihat ceri dan bahagia sekali,lestarikan wahana bermain yang lain biar menjadi indah.

obat alami darah tinggi 9 Juni 2012 14.31  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat alami diabetes 9 Juni 2012 14.33  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat alami gagal ginjal 9 Juni 2012 14.36  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat alami ginjal 9 Juni 2012 14.38  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

obat alami jantung 9 Juni 2012 14.42  

beritanya bagus, trimakasih,,,,

Posting Komentar