English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Selasa, 21 April 2009

Sisi Lain Dunia MAPALA

MAPALA, dari namanya saja kita sudah bisa langsung mendapat gambaran orang–orang seperti apa yang ada didalam organisasi seperti itu. Orang-orang urakan, dekil, jarang mandi dan masih banyak lagi hal-hal jelek yang terlintas dipikiran kita. Sebenarnya makna apa yang dapat dilihat dibalik semua kejelekkan mereka? Apakah berantakan itu sudah bisa kita jadikan alasan untuk memvonis mereka bahwa mereka juga memiliki hati dan kepribadian yang jelek?.

Tak bisa dipungkiri bahwa sebagian besar anak mapala memang memiliki dandanan yang super slengean, rambut gondrong, celana sobek - sobek, jarang mandi, banyak aksesoris aneh, bahkan sampe tatto dan tindikan yang kurang etis. Tempat nongkrongpun tak jauh - jauh dari burjo dan angkringan ( senangannya ngutang ), biasanya alergi sama yang namanya mall, plaza ama dugem. Kegiatan - kegiatan yang dilakukanpun selalu extrem dan yang pasti beresiko tinggi, entah itu naik gunung, memanjat tebing, masuk gua, arung jeram atau terbang dengan gantole.

Kebanyakan orang menilai negatif dan pesimis dengan orang - orang ini, mereka menganggap kegiatan yang dilakukan ora mutu, ngga’ ada gunanya dan cuman ngabisin duit, waktu sama tenaga. Mending kuliah yang bener biar IP bagus daripada jadi mapala.

Ibarat kita menilai buah dari luar mungkin kita lebih memilih kedondong daripada durian, kalau ini yang terjadi pasti kita kecewa dengan rasa kedondong yang kecut ditambah bijinya yang berduri, mengapa tidak memilih durian yang buahnya lebih enak ? walaupun kelihatan di luar berduri. Seperti inilah kasus yang terjadi dengan kehidupan mapala yang selalu dinilai dari penampilan saja. Apakah dengan penampilan yang slengean dan kegiatan yang extreem kemudian kita memvonis mereka bobrok simbol dari sampah masyarakat dan kegagalan pendidikan ?, hal ini terlalu naif dan dini untuk diungkapkan.

Kita selalu menilai segala sesuatu dari luar, cewek cantik misalnya selalu dianggap lebih daripada cewek baik, penilaian seperti inilah yang membuat kita kemudian salah memilih, bukankah penilaian yang seperti ini yang sebenarnya kesalahan pendidikan ?

Jika kita melihat lebih dekat kedunia mapala, Kenapa mereka berpakaian slengean dan berambut gondrong ?. Biar kelihatan keren atau gaulkah ?, mungkin kalu masalah pakaian yang sekarang lagi ngetrend bukan pakaian slengean, juga masalah rambut kini yang lagi ngetrend rambut ala bintang film F4 bukan rambut gondrong lagi. Anak mapala perpakaian slengean dan berdandan aneh adalah merupakan suatu cara berekspresi, mengekspresikan kebebasan yang kini mulai samar. Banyak yang telah menyalah artikan kebebasan, yang berbuntut pada pengerusakan alam, penebangan hutan dimana - mana, penambangan liar areal hutan lindung, eksploitasi satwa - satwa dilindungi, pencemaran dsb.

Kenapa juga anak mapala mau berkegiatan yang ngga’ bermutu cuman ngabisin duit, waktu sama tenaga ?. Permasalahannya disini adalah yang ngga’ bermutu, ngabisin duit, waktu dan tenaga itu dilihat dari sisi mana ?, kalau dari sisi ekonomi mungkin iya, tapi disinilah intinya mereka berkegiatan tidak melihat dari sisi ekonomisnya kegiatan. Tapi dari sisi yang lain misalnya untuk kesehatan atau dari sisi sosial. Misalnya naik gunung Rinjani, dengan mendaki badan bisa sehat dan bisa mempelajari sosial masyarakat daerah Gunung Rinjani, atau susur gua di Wonosari, selain susur gua mereka juga memetakan gua dan mencari sumber air bawah permukaan yang mungkin bisa diambil untuk dipergunakan penduduk daerah wonosari yang selalu kekurangan air.

Dari kegiatan - kegiatan yang mereka lakukan banyak hal yang dapat diperoleh, sangat berbeda dengan orang yang kuliah cuman kuliah dan kost. Kita kuliah lalu balik kekost, hari esoknya begitu, lusa begitu dan seterusnya, apa yang akan kita dapatkan ?, tentu saja yang didapatkan hanya apa yang ada di kuliah dan yang di kost, tapi kalau kuliah, masuk gua, naik gunung, panjat tebing, arung jeram, kost, yang akan didapatkan apa yang ada di kuliah, di gua, di gunung, di tebing, dan di sungai. Bukankah yang mereka lakukan hal yang baik ?. Masa depan selalu sulit ditebak dan terkadang berbeda dengan apa yang kita impikan sama dengan alam yang selalu sulit diprediksi.

Rewrite From KAONAK (Garenc)

40 komentar:

Dimensi muslimah 22 Mei 2009 pukul 18.41  

Ass...mapala itu sebuah organisasi sosial yang tinggi..di banding orang2 metropolis yah hanya peduli dengan dirinya sendiri n kelompoknya...mapala lebih mencintai alam..mungkin tanpa mereka gunung2 di indonesia tak kan terdeteksi n terpelihara dengan baik..lihatlah alam maka engkau akan melihat kebesaran Tuhan dalam penciptaan alam ini..good luck sob..

Cara Membuat Sate Manis 4 November 2012 pukul 17.00  

Hai suara petualang, wah terimakasin atas artikelnya Sisi Lain Dunia MAPALA. Saya senang sekali membaca artikel blo suara petualang tentang Sisi Lain Dunia MAPALA ini. Saya berharap semoga tulisan suara petualang tentang Sisi Lain Dunia MAPALA bisa bermanfaat bagi sahabt blogger lainnya.

toko bunga cilacap 22 Maret 2013 pukul 09.07  

Mapala organisasi yang bagus, perlu dukungan....

obat ejakulasi dini 28 Mei 2013 pukul 20.53  

setiap orang punya hoby yang berbeda beda. mapala organisasi yang juga tidak jelek menurut saya

true woman indonesia 10 September 2013 pukul 10.01  

hoho , perumpamaannya durian sama kedondong ... :P
saya juga pasti lebih milih durian ... :P

Obat Herbal Abses Payudara 13 September 2013 pukul 11.21  

Informasinya sangat bermanfaat sekali....
Terimakasih banyak atas informasinya...
Semoga semakin sukses...

alami 17 Oktober 2013 pukul 16.03  

terimakasih banyak atas info nya..
sangat luar biasa sekali..
semoga semakin sukses..
saya suka berkunjung ke blog ini
semakin banyak pengetahuan yang saya daptkan...

obat benjolan di belakang telinga 18 November 2013 pukul 08.18  

terimakasih banyak atas info nya sangat bermanfaat sekali
semoga semakin sukses nya

obat lepra 27 November 2013 pukul 16.31  

info yang saca baca ternyata sangat menarik
dan bermanfaat
semoga sukses

melisa 29 November 2013 pukul 13.31  

. kebaikan yang anda berikan melalui blod ini semoga menjadi amal soleh,,,amin salam kenal dan sukses selalu

kanker kolon 30 November 2013 pukul 11.05  

menakjubkan sekali gan, hemzz pengen aku juga ngerasain berpetualang pasti seruu :)

alex 2 Desember 2013 pukul 16.26  

setelah saya menyimak dari awal hingga akhir, banyak sekali ilmu yang saya terima dari artikel yang anda tulia, semoga tambah bermanfaat ya lam kenal dan sukses selalu

fatimah 3 Desember 2013 pukul 14.00  

terimakasih banyak atas info nya
luar biasa ternyata sangat bermanfaat
dan juga sangatmenarik sekali...
semoga sukses

obat benjolan di pundak 9 Desember 2013 pukul 16.29  

artikel yang anda tulis di blog ini, sungguh sangat memotivasi diri saya untuk trus berkarya, terima kasih semoga kebaikan anda mendapatkan balasa yang lebih baik.

obat 11 Desember 2013 pukul 07.56  

terimakasih banyak tas informasi nya sangat mankjubkan sekali
informasi nya sangat bermanfaat..
semoga sukses
saya tunggu informasi selanjutnya..

tasya 11 Desember 2013 pukul 15.14  

wah infonya kerennnnn sob suksek selalu ea,,,

obat herbal sifilis 11 Desember 2013 pukul 16.00  

terimakasih banyak atas info nya sangat bermanfaat
semoga sukses

rio 12 Desember 2013 pukul 09.26  


Mantappppp infonya gan thankas ea :D

cika 12 Desember 2013 pukul 09.29  



sukses terus bang di tunggu artikel selanjutnya

Obat benjolan di rahim 18 Desember 2013 pukul 09.34  

informasi yang sangat menambah wawasan saya makasih ga,.

cici 18 Desember 2013 pukul 09.35  

kereen bangettt sok artikelnya thanks infonya...

varida 18 Desember 2013 pukul 09.36  

trimakasi atas infonya semoga dapat bermanfaat gan

obat penyempitan pembuluh darah 20 Desember 2013 pukul 13.24  

nice infonya.... sukses terus ea ditunggu artikel selanjutnya!!!

a link 27 Desember 2013 pukul 08.38  


ditunggu artikel selanjutnya gan

US News 31 Juli 2014 pukul 01.47  

I got what you destine, thanks for putting up. Woh I am glad to perceive this website through google. Thanks For Share DUBSTEP GUNS | 007 Video Recording Games | 007MRLUKIAN.

Dhidhit 8 September 2018 pukul 00.19  

Terimakasih info sisi lain dunia Mapala

Dhidhit 9 September 2018 pukul 10.28  

Segala sesuatu dilihat dari sisi positif

Dhidhit 9 September 2018 pukul 10.31  

Merawat alam..................

Nuno 28 Desember 2018 pukul 19.25  

sisi lain dunia Mapala

Dhidhit 1 Januari 2019 pukul 12.16  

Masa depan selalu sulit ditebak dan terkadang berbeda dengan apa yang kita impikan sama dengan alam yang selalu sulit diprediksi

Posting Komentar

free counters

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Indonesian Blogger Suara Petualang Adventure Blogs - Blog Catalog Blog Directory Free Automatic Backlink kostenlose backlinks