English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Selasa, 21 April 2009

Navigasi Darat

Navigasi darat adalah ilmu yang dapat dikatakan ilmu praktis. Karena kemampuan bernavigasi seseorang dapat terasah jika sering berlatih. Peta adalah gambaran konvensional dari permukaan bumi yang diperkecil seperti kenampakan yang sebenarnya dengan skala tertentu, dan digambar diatas bidang datar melalui system proyeksi, serta ditambah tulisan – tulisan sebagai pengenal. Sebuah peta dapat menyajikan informasi yang diungkapkan melalui bentuk simbol dan tulisan.
Peta sendiri ada bermacam – macam yang beberapa diantaranya antara lain : Peta Geografi, peta ini adalah peta yang menyajikan proyeksi dari deluruh permukaan fisik bumi seperti yang kita lihat pada atlas dan globe. Peta Strategi adalah peta yang memberikan hal – hal yang biasanya diperlukan dalam operasi – operasi militer. Peta Tematik adalah peta yang memberikan gambaran atau informasi yang mempumyai tema tertentu seperti pada peta tanah atau peta geologi, dan yang terakhir adalah peta Topografi yang menyajikan penyebaran, bentuk, dan ukuran bumi seperti relief, beda tinggi rendah suatu daerah, bentuk bukit dan lembah. Peta topografi inilah yang kita sering gunakan dalam berkegiatan di alam bebas.
Pertama kali menghadapi peta hal yang perlu kita perhatikan adalah garis vertikal dan horizontal karena garis ini membantu menentukan letak sebuah titik di peta ( titik koordinat ). Sementara itu beberapa unsur yang bisa dilihat di dalam peta adalah judul peta yang biasanya terdapat di atas dan menunjukkan letak peta. Nomor peta bisa dijadikan sebagai nomor registrasi dari badan atau instansi yang membuat peta atau bisa juga kita gunakan sebagai petunjuk jika kelak kita akan mencari sebuah peta.
Koordinat peta adalah kedudukan suatu titik pada peta yang secara teori koordinat merupakan titik pertemuan antara absis dan ordinat. Koordinat sendiri ditentukan dengan menggunakan system sumbu yaitu perpotongan antara garis – garis yang tegak lurus antara satu sama lain. Sistem koordinat yang resmi dipakai ada dua macam yaitu koordinat geografis ( Geographical coordinate ) dan koordinat Grid ( Grid Coordinate atau UTM ).
Dalam koordinat geografis sumbu yang digunakan adalah garis bujur ( bujur barat dan bujur timur ) yang tegak lurus dengan garis khatulistiwa dan garis lintang ( garis lintang utara dan lintang selatan ) yang sejajar dengan garis khatulistiwa. Koordinat geografis dinyatakan dalam satuan derajat, menit dan detik. Pada instansi seperti Bakosurtanal biasanya menggunakan koordinat geografis sebagai koordinat utama. Pada peta geografis ini satu kotak ( atau sering disebut satu karvak ) lebarnya adalah 3,7 Cm. Jika pada skala 1 : 25.000, satu karvak akan sama dengan 30 detik ( 30“ ), dan pada peta skala 1 : 50.000, satu karvak sama dengan 1 menit ( 60“ ).
Sedangkan dalam koordinat Grid, kedudukan suatu titik dinyatakan dalam ukuran jarak seiap titik yang kita jadikan sebagai acuan. Untuk wilayah Indonesia titik acuan berada di sebelah barata Jakarta ( 60º LU dan 980º BT yang biasa disebut Batavia datum ). Garis vertical diberi nomor urut dari selatan ke utara, sedangkan horizontal dari barat ke timur atau untuk lebih mudah mngingatnya kita bisa menggunakan KIKA BATA ( kiri kanan, bawah atas ). Sistem koordinat sendiri mengenal penomoran 4 angka, 6 angka dan 8 angka. Pada peta AMS, biasanya menggunakan koordinat Grid. Satu karvak sebanding dengan 2 Cm. Karena itu untuk penentuan koordinat Grid 4 angka, dapat langsung ditentukan. Penentuan koordinat Grid 6 angka, satu karvak dibagi terlebih dahulu menjadi 10 bagian ( per 2 mm ). Sedangkan penentuan koordinat Grid 8 angka satu karvak akan dibagi menjadi sepuluh bagian ( per 1 mm ).
Kompas adalah alat penunjuk arah yang karena sifat magnetnya jarumnya akan selalu menunjuk arah utara selatan namun utara yang ditunjuk bukan utara yang sebenarnya melainkan utara magnetis. Secara fisik kompas terdiri dari Badan kompas yaitu tempat dimana komponen lainnya berada. Jarum, jarum akan selalu menunjuk arah utara selatan dengan catatan kompas tersebut tidak berada dekat dengan magnet lain atau tidak dipengaruhi medan magnet, dan pergerakan jarum tidak terganggu ( kompas dalam posisi horizontal ). Skala penunjuk, merupakan pembagian derajat system mata angin.
Jenis kompas yang biasa digunakan dalam navigasi darat ada dua macam yakni kompas bidik ( misalnya kompas prisma ) dan kompas orienteering ( misalnya kompas silva, sunto dll ). Untuk membidik suatu titik, kompas bidik jika digunakan secara benar akan lebih akurat dari pada kompas silva. Namun, untuk pergerakan dan kemudahan ploting peta, kompas orienteering akan lebih handal dan efisien. Dalam memilih kompas sendiri kita harus brpikir berdasarkan penggunaannya. Namun secara umum, kompas yang baik adalah kompas yang jarumya dapat menunjukkan arah utara secara konsisten dan tidak bergoyang – goyang dalam waktu lama. Bahan dari badan kompas pun perlu diperhatikan karena bahan dari badan kompas harus kuat / tahan banting mengingat kompas merupakan salah satu unsur vital dalam navigasi darat.

-dari berbagai sumber-

42 komentar:

foredi 8 Oktober 2012 pukul 08.26  

Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

foredi gel 8 Oktober 2012 pukul 08.29  

Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

Jual Foredi Gel 8 Oktober 2012 pukul 08.31  

Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

Foredi Gel 8 Oktober 2012 pukul 08.32  

aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

Cara Membuat Gulai Ayam Cabe Hijau 4 November 2012 pukul 17.00  

Hai suara petualang, wah terimakasin atas artikelnya Navigasi Darat. Saya senang sekali membaca artikel blo suara petualang tentang Navigasi Darat ini. Saya berharap semoga tulisan suara petualang tentang Navigasi Darat bisa bermanfaat bagi sahabt blogger lainnya.

toko bunga semarang 8 Januari 2013 pukul 23.52  

Kompas yang baik memang sangat diperlukan agar kita tidak tersesat

Ojan Tolare 11 Maret 2013 pukul 19.47  

maaf, sy masih agak bingung pada beberapa bagian penjelasan.
1. dikatakan bahwa ukuran karvak pada peta geografis skala 1:25.000 adalah 30 detik, sedangkan skala 1:50.000 ukurannya 60 detik. ini agak membingungkan karena karvak adalah arean antara menit satu dengan menit lainnya, bagaimana bisa 1 menit berjumlah 30 detik.
setahu saya ukuran satu karvak tetaplah 60 detik, meski skalanya berbeda.
2. dikatakan juga bahwa titik acuan koordinat Grid untuk wilayah Indonesia berada di sebelah barat Jakarta yakni 60 derajat Lintang Utara (LU) dan 980 derajat Bujur Timur (BT). sy agak bingung karena setahu sy pulau jawa, Bali, lombok, sebagian besar sumatera, Australia hingga kutub selatan berada di wilayah Lintang Selatan (LS) bukan LU. sedangkan 980 derajat BT juga membingungkan karena setahu saya garis bujur hanya berjumlah 360 yg terdiri dari 180 BT dan 180 BB.

sy hanya ingin mengkonfirmasi pengetahuan yg ada pada saya, mohon penjelasannya...
thanks

klik disini 26 Mei 2013 pukul 20.57  

Terima kasih atas pencerahannya

adit 2 Agustus 2013 pukul 10.57  

informasi yang sangat menarik sukses terus gan..

info selengkapnya 21 Agustus 2013 pukul 15.22  

informasi yang sangat bermanfaat dan menambah wawasan ilmu pengetahuan

true woman indonesia 10 September 2013 pukul 09.59  

yosh , makasii infonya ...
btw , artikel ini perna direpost ya gan ?? :P

Obat Herbal Abses Payudara 13 September 2013 pukul 11.21  

Informasinya sangat bermanfaat sekali....
Terimakasih banyak atas informasinya...
Semoga semakin sukses...

alami 17 Oktober 2013 pukul 16.03  

terimakasih banyak atas info nya..
sangat luar biasa sekali..
semoga semakin sukses..
saya suka berkunjung ke blog ini
semakin banyak pengetahuan yang saya daptkan...

obat benjolan di belakang telinga 18 November 2013 pukul 08.18  

terimakasih banyak atas info nya sangat bermanfaat sekali
semoga semakin sukses nya

pengobatan terbaik 19 November 2013 pukul 14.33  

Luar biasa sekali info nya sangat bermanfaat
semoga sukses

obat lepra 27 November 2013 pukul 16.31  

info yang saca baca ternyata sangat menarik
dan bermanfaat
semoga sukses

melisa 29 November 2013 pukul 13.31  

. kebaikan yang anda berikan melalui blod ini semoga menjadi amal soleh,,,amin salam kenal dan sukses selalu

kanker kolon 30 November 2013 pukul 11.05  

menakjubkan sekali gan, hemzz pengen aku juga ngerasain berpetualang pasti seruu :)

alex 2 Desember 2013 pukul 16.26  

setelah saya menyimak dari awal hingga akhir, banyak sekali ilmu yang saya terima dari artikel yang anda tulia, semoga tambah bermanfaat ya lam kenal dan sukses selalu

fatimah 3 Desember 2013 pukul 14.00  

terimakasih banyak atas info nya
luar biasa ternyata sangat bermanfaat
dan juga sangatmenarik sekali...
semoga sukses

obat benjolan di pundak 9 Desember 2013 pukul 16.29  

artikel yang anda tulis di blog ini, sungguh sangat memotivasi diri saya untuk trus berkarya, terima kasih semoga kebaikan anda mendapatkan balasa yang lebih baik.

obat 11 Desember 2013 pukul 07.56  

terimakasih banyak tas informasi nya sangat mankjubkan sekali
informasi nya sangat bermanfaat..
semoga sukses
saya tunggu informasi selanjutnya..

tasya 11 Desember 2013 pukul 15.14  

wah infonya kerennnnn sob suksek selalu ea,,,

obat herbal sifilis 11 Desember 2013 pukul 16.00  

terimakasih banyak atas info nya sangat bermanfaat
semoga sukses

rio 12 Desember 2013 pukul 09.27  


Mantappppp infonya gan thankas ea :D

cika 12 Desember 2013 pukul 09.29  



sukses terus bang di tunggu artikel selanjutnya

Obat benjolan di rahim 18 Desember 2013 pukul 09.34  

informasi yang sangat menambah wawasan saya makasih ga,.

cici 18 Desember 2013 pukul 09.36  

kereen bangettt sok artikelnya thanks infonya...

varida 18 Desember 2013 pukul 09.36  

trimakasi atas infonya semoga dapat bermanfaat gan

obat penyempitan pembuluh darah 20 Desember 2013 pukul 13.24  

nice infonya.... sukses terus ea ditunggu artikel selanjutnya!!!

a link 27 Desember 2013 pukul 08.38  


ditunggu artikel selanjutnya gan

US News 31 Juli 2014 pukul 01.05  

Fox is a very famous mountain bike manufacturer. They are well known for making high quality bikes, which are durable and they are widely used in different types of bike racing games. Fox bikes are much liked by all these days, be it teens or adults who love biking, these bikes are super cool and they do have any issues even if they are paddled on worst of terrains. These bikes have a nice design and they look quite attractive as well. These bikes have a very firm shock absorber Fox Forks/ and hence they are super comfortable.

Dhidhit 18 Agustus 2018 pukul 00.24  

Terimakasih info navigasi darat

Dhidhit 18 Agustus 2018 pukul 00.25  

mengenal navigasi darat

Dhidhit 16 Oktober 2018 pukul 01.05  

Navigasi darat, peta dan kompas

Posting Komentar

free counters

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Indonesian Blogger Suara Petualang Adventure Blogs - Blog Catalog Blog Directory Free Automatic Backlink kostenlose backlinks