English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Senin, 20 April 2009

Mount Sindoro (3.153 metres), Central Java

Gunung Sindoro, Jawa Tengah memiliki tinggi 3.153 m dpl, merupakan kembaran gunung Sumbing. Secara administrativ Gn. Sindoro terletak di antara Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Wonosobo, yang secara geografis terletak antara 8.8 LS dan 111.05 BT. Dari bentuknya, Gn. Sindoro termasuk dalam jenis stratovolcano. Pendakian di Gunung Sindoro dapat dilakukan melalui beberapa jalur, yaitu jalur Kledung dan Sikatok. Pada pendakian ini, aku bersama rekan-rekan ku (octa, dhany dan dancil) merencanakan pendakian melalui jalur Kledung, jalur yang biasa digunakan oleh para pendaki.
Rencana awal pendakian kami adalah tanggal 18-20 Juli, namun karena stock air yang menipis makan kami putuskan turun pada tanggal 19 Juli. Pendakaian diawali berangkat dari terminal Giwangan Jogja sekitar pukul 11.30 WIB menggunakan bus jurusan magelang-semarang (tarif @Rp.8000). Tiba di terminal Tidar Magelang sekitar pukul 13.00, kami turun dan ganti bus jurusan wonosobo menuju desa Kledung (tarif @Rp 10.000). Tiba didesa Kledung pukul 14.45, kami langsung menuju ke BaseCamp GRASINDO yang berjarak sekitar 100m dari jalan raya. Kami melakukan registrasi untuk pendakian dan membayar retribusi (@Rp.2000), kemudian mengisi air (2 jerigen 5L, 4 Botol 1,5) dan makan di basecamp (porsi nasi telur+teh hangat @Rp.4000).
Pendakian kami mulai pukul 16.10 dari Basecamp, melewati kebun tembakau penduduk. Dalam perjalanan menuju Pos I kami melewati Watu Gede, yaitu batu besar yang berada di kebun Tembakau penduduk yang di percaya sebagai pintu gerbang Gunung Sindoro. Udara dingin menyelimuti sepanjang perjalanan kami. Tiba di Pos I sekitar pukul 17.53, kami istirahat sejenak sambil menunggu waktu Maghrib usai. Sekitar pukul 18.10 kami melanjutkan perjalanan menuju Pos II. Hari mulai gelap ketika kami melanjutkan perjalanan. Dalam perjalan kami melewati simpang buntu, jika mengambil jalan lurus merupakan jalan buntu, kami mengambil jalan kekanan, kemudian menuruni lembah melewati sungai kering dan mendaki sedikit kami tiba di Pos II sekitar pukul 19.15. Kami istirahat sejenak sambil memasak air membuat minuman hangat. Perjalanan menuju Pos III kami lanjutkan sekitar pukul 19.35. Beruntung bagi kami karena sepanjang perjalanan kami disinari cahaya dari bulan purnama penuh pada malam itu, sehingga nampak samar gunung Sumbing di seberang sana, pemandangan yang menakjubkan.
Pukul 20.30 kami memutuskan untuk istirahat dan mendirikan tenda diantara Pos II dan Pos III (pos bayangan, kemudian masak untuk makan malam dan membuat minuman hangat. Suasana sepi, hening, disinari cahaya rembulan menambah indah suasana malam itu. Bintang-bintang bercahaya berkedipan menemani sang rembulan. Lampu warna-warni Temanggung menemani indahnya malam. Sambil bercerita dan mengebulkan asap rokok yang menambah akrab suasana. Kami tidur sekitar pukul 23.30, kemudian terbangun pada pukul 04.10 (waktu di HP ku ). Dari jauh sayup-sayup terdengan suara Adzan Subuh dari masjid di desa. Sambil masak air, aku mempersiapkan peralatan Photography menanti sunrise tiba. Namun sayang perlangkapan yang aku bawa tidak lengkap, aku tidak membawa Tripod (memang belum punya), namun aku gak kehabisan akal. Kupakai ceril (ransel) sebagai penyangga camera. Kini Canon EOS 350D dengan Lensa Kit (EF-S 18-55mm 1:3.5-5.6 II) siap untuk merekam sunrise. Pagi itu aku cukup puas mendapatkan beberapa foto sunrise yang muncul di balik Gunung Ungaran. Nampak di kejauhan juga terliahat gunung Merapi dan Merbabu, serta gunung Sumbing yang menjulang tinnggi. Selamat Pagi Indonesia……..
Pukul 06.00 kami masak untuk sarapan setelah itu dilanjutkan dengan membonkar tenda dan packing ulang untuk melanjutkanperjalaan menuju Puncak. Pukul 07.10 kami mulai melanjutkan perjalanan menuju puncak. Pukul 07.55 kami tiba di Camping Ground Pos III. Perjalanan kami lanjutkan melalui hutan pinus dengan medan berpasir yang mengahruskan kami untuk ekstra hati-hati dalam perjalanan. Keluar dari hutan pinus medan yang kami hadapai semakin terjal menuju punggungan yang kami kira sebelumnya adalah puncak. Pukul 09.55 kami tiba di watu tatah selanjutnya melalui padang sabana. Karen beban yang dibawa cukup berat, kami memutuskan meninggalkan barang-barang kami di sabana dan membawa logistic dalam satu ceril untuk bekal ke puncak. Perjalanan pun kami lanjutkan menuju puncak melalui padang Edelweis, dan tepat pukul 12.15 kami tiba di puncak. Lelah dalam perjanan mendaki serasa hilang begitu mencapai puncak. Sambil bersujud kepada yang Maha Kuasa, kami berdoa bersama dalam hati. di Puncak Sindoro Kamera D-SLR ku kembali beraksi merekam moment-moment bersejarah (untuk anak cucu-ku kelak). Pemandangan dari puncak sungguh menakjubkan. Gunung Sumbing berselimutkan awan putih terlihat puncaknya saja kala itu. Kawah mati Sindoro juga tak luput dari rekaman kamera ku. Pukul 12.30 kami masak untuk makan siang dan selanjutnya bersiap-siap untuk turun. Tepat pukul 14.00 kami turun melalui jalur yag kami lewati waktu mendaki.
Dalam perjalanan turun, tak lupa kami singgah untuk mengambil barani-barang yang kami tinggalkan tadi. Dalam perjalanan turun kami bertemu dengan bebrapa rombongan pendaki lain yang akan menuju puncak, yaitu rombongan dari Vetpagama UGM dan Penggiat Alam Bebas dari Bekasi. Pukul 16.00 kami tiba di pos III untuk istirahat sejenak. Selanjutnya menuju Pos II dan Pos I. tiba di kebun Tembakau sekitar pukul 18.10, kabut tebal menyelimuti daerah disitu, jarak pandang maksimal hanya sekitar 3 meter walaupun sudah menggunakjan senter. Kurang lebih 1 jam langkah gontai kami melewati kebun the akhirnya kami tiba di basecamp Grasindo pukul 19.20. rasa lelah dan lapar hilang setelah kami makan malam di basecamp. Selanjutnya kami pamit dan melanjutkan perjalanan pulang menuju Jogja.

“Take Nothing but Picture, Kill Nothing But Time, Leave Noting But Foot Print”

(dari catatan pendakian Yohanes Kurnia Irawan)

the team : yoyon, octa, dani, dancil

18-19 Juli 2008

Mengatasi Ketiak Hitam 2 Oktober 2012 pukul 12.33

Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

Cara Menghilangkan Hitam Di Ketiak 2 Oktober 2012 pukul 12.36

Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

Ketiak Hitam 2 Oktober 2012 pukul 12.40

Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

pemuitih ketiak 2 Oktober 2012 pukul 12.45

aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

Penyebab Kulit Ketiak Menjadi Hitam 2 Oktober 2012 pukul 12.50

Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

Pemutih Selangkangan 2 Oktober 2012 pukul 13.35

Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

Pemutih Selangkangan Alami 2 Oktober 2012 pukul 13.47

Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

Cara Memutihkan Kulit Wajah 2 Oktober 2012 pukul 13.51

Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

Cara Memutihkan Wajah 2 Oktober 2012 pukul 13.53

Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

Cara Merawat Kulit Wajah Yang Berminyak 2 Oktober 2012 pukul 13.55

Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

Kesehatan Dan Kecantikan Wanita 2 Oktober 2012 pukul 13.58

Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

Cream Pemutih Wajah 2 Oktober 2012 pukul 14.02

Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

Bedak Pemutih Wajah 2 Oktober 2012 pukul 15.30

saya akan coba tipsnya ynag sangat bermanfaar sekali

Cream Pemutih Wajah Algae 2 Oktober 2012 pukul 15.33

Kecantikan Wanita 2 Oktober 2012 pukul 15.56

Terimakasih Banyak Tips dan Artikelnya, boleh dicoba. Salam sukses

Penyebab Kulit Wajah Kusam 2 Oktober 2012 pukul 15.59

Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

Mengenali Jenis Kulit Wajah 2 Oktober 2012 pukul 16.02

Saat membaca Artikel dan Tipsnya yang benar benar menarik. Jadi ingin mencoba. Salam sukses selalu

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat 2 Oktober 2012 pukul 16.05

Wibesite yang menarik di dalamnya banyak Artikel dan Tips yang mengandung Ilmu Pengetahuan, Harus dicoba.Terimakasih

Cara Menghilangkan Jerawat Dan Bekas Jerawat 2 Oktober 2012 pukul 16.10

Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

Tips Menghilangkan Jerawat 2 Oktober 2012 pukul 16.13

Postingan yang sangat Hebat, Tips boleh dicoba.salam sukses

Penghilang Bekas Jerawat 2 Oktober 2012 pukul 16.15

Artikel yang bermanfaat dan berguna, wajib di coba. sukses selalu

beauty bust 2 Oktober 2012 pukul 16.17

Ilmu yang sangat Hebat, boleh dicoba Artikel dan Tipsnya. Semoga berhasil

Beauty Bust Cream 2 Oktober 2012 pukul 16.19

Artikel yang benar benar sangat infomantif dan Kreatif. boleh dicoba, sukses selalu

Cara Mengencangkan Payudara 2 Oktober 2012 pukul 16.21

setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

Cara Merawat Payudara 2 Oktober 2012 pukul 16.23

Baru kali ini saya membaca Artikel yang sangat membangun. Boleh dicoba

Wish Beauty Bust 2 Oktober 2012 pukul 16.25

wah bagus sekali infonya pasti say akan coba sekarang juga, sukses yah

Eksim Basah 2 Oktober 2012 pukul 16.28

Tipsnya boleh dicoba, Artikelnya sangat bermanfaat.

Gejala Eksim Basah 2 Oktober 2012 pukul 16.31

Terimaksih untuk info yang sangat efektif, boleh dicoba.

Obat Alami Eksim Basah 2 Oktober 2012 pukul 16.33

Terimaksih untuk Info yang sangat Amazing, boleh dicoba.

Penyakit Kulit Eksim Basah 2 Oktober 2012 pukul 16.35

saran yang sangat bermutu dan amazingp, boleh di coba tipsnya. Salam sejahtera

Eksim Kering 2 Oktober 2012 pukul 16.37

Sebanyak saya membaca Artikel,baru kali ini saya menemukan Artikel yang Amazing. boleh di coba. Terimaksih

Cara Membuat Kakap Saos Cabe 4 November 2012 pukul 17.00

Hai suara petualang, wah terimakasin atas artikelnya Mount Sindoro (3.153 metres), Central Java. Saya senang sekali membaca artikel blo suara petualang tentang Mount Sindoro (3.153 metres), Central Java ini. Saya berharap semoga tulisan suara petualang tentang Mount Sindoro (3.153 metres), Central Java bisa bermanfaat bagi sahabt blogger lainnya.

renovasi rumah 11 November 2012 pukul 12.19

cita-cita dr dulu yg ga pernah kesampaian..pengen bertualang bgt

toko bunga cilacap 1 Januari 2013 pukul 18.26

Baca artikel ini saya merinding mas, bukan karena hantu, tapi saya mempunayai banyak kenangan di Gunung Sindoro. Dulu hampir setiap bulan saya mendaki sindoro. sekarang sudah 15 Tahun tidak menjejakan kaki ke sana. Kledung,Tambi,watu Gede, Gunung sindoro & Sumbing aku sangat merindukanmu. Saya dulu punya banyak fotonya tapi semua foto telah terbakar ketika rumah saya kebakaran mas... saya sangat berharap mas mau mengasih saya foto file asli yang di sindoro / sumbing. kl berkenan bisa email ke saya mas? metrijaya@gmail.com Terimakasih sebelumnya

adit 2 Agustus 2013 pukul 12.17

informasi yang sangat menarik sukses terus gan..

true woman indonesia 10 September 2013 pukul 10.05

oasti berkesan banget yahh itu ... :D

Obat Herbal Abses Payudara 13 September 2013 pukul 11.21

Informasinya sangat bermanfaat sekali....
Terimakasih banyak atas informasinya...
Semoga semakin sukses...

alami 17 Oktober 2013 pukul 16.03

terimakasih banyak atas info nya..
sangat luar biasa sekali..
semoga semakin sukses..
saya suka berkunjung ke blog ini
semakin banyak pengetahuan yang saya daptkan...

obat benjolan di belakang telinga 18 November 2013 pukul 08.16

terimakasih banyak atas info nya sangat bermanfaat sekali
semoga semakin sukses nya

pengobatan terbaik 19 November 2013 pukul 14.32

Luar biasa sekali info nya sangat bermanfaat

obat lepra 27 November 2013 pukul 16.26

info yang saca baca ternyata sangat menarik
dan bermanfaat

melisa 29 November 2013 pukul 13.31

. kebaikan yang anda berikan melalui blod ini semoga menjadi amal soleh,,,amin salam kenal dan sukses selalu

kanker kolon 30 November 2013 pukul 11.05

menakjubkan sekali gan, hemzz pengen aku juga ngerasain berpetualang pasti seruu :)

fatimah 3 Desember 2013 pukul 14.00

terimakasih banyak atas info nya
luar biasa ternyata sangat bermanfaat
dan juga sangatmenarik sekali...

obat benjolan di pundak 9 Desember 2013 pukul 16.29

artikel yang anda tulis di blog ini, sungguh sangat memotivasi diri saya untuk trus berkarya, terima kasih semoga kebaikan anda mendapatkan balasa yang lebih baik.

obat 11 Desember 2013 pukul 07.56

terimakasih banyak tas informasi nya sangat mankjubkan sekali
informasi nya sangat bermanfaat..
semoga sukses
saya tunggu informasi selanjutnya..

tasya 11 Desember 2013 pukul 15.14

wah infonya kerennnnn sob suksek selalu ea,,,

obat herbal sifilis 11 Desember 2013 pukul 16.00

terimakasih banyak atas info nya sangat bermanfaat

rio 12 Desember 2013 pukul 09.26

Mantappppp infonya gan thankas ea :D

cika 12 Desember 2013 pukul 09.30

sukses terus bang di tunggu artikel selanjutnya

Obat benjolan di rahim 18 Desember 2013 pukul 09.34

informasi yang sangat menambah wawasan saya makasih ga,.

cici 18 Desember 2013 pukul 09.35

kereen bangettt sok artikelnya thanks infonya...

varida 18 Desember 2013 pukul 09.36

trimakasi atas infonya semoga dapat bermanfaat gan

obat penyempitan pembuluh darah 20 Desember 2013 pukul 13.24

nice infonya.... sukses terus ea ditunggu artikel selanjutnya!!!

a link 27 Desember 2013 pukul 08.38

ditunggu artikel selanjutnya gan

tips kesehatan 12 April 2014 pukul 12.01

terimakasih banyak atas info nya sangat bermanfaat

US News 5 Agustus 2014 pukul 19.05

Excellent goods from you, man. DUBSTEP GUNS 007 Video Recording Games | 007MRLUKIAN I have understand your stuff previous to and you are just extremely excellent. I really like what you have acquired here, really like what you are stating and the way in which you say it. You make it entertaining and you still take care of to keep it sensible. I can't wait to read much more from you. This is actually a wonderful DUBSTEP GUNS 007 Video Recording Games | 007MRLUKIAN informations.

gina 23 Januari 2015 pukul 12.05

Poto-potonya dimuat yang banyak dong, biar pembaca bisa ikut menikmati.hehe

Dhidhit 9 September 2018 pukul 10.40

Nuno 1 Januari 2019 pukul 12.19

Gn. Sindoro terletak di antara Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Wonosobo

Nuno 1 Januari 2019 pukul 12.22

secara geografis terletak antara 8.8 LS dan 111.05 BT.