English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Selasa, 21 April 2009

The Pluralism of Climbing Games

Pemanjatan modern meliputi suatu spektrum yang luas dari berkisar aktivitas antara hiking dan bouldering hingga pemanjatan crag dan teknik mendaki gunung - termasuk format yang ekstrim dari ketinggian alpinism dan ekspedisi memanjat di Andes atau Himalaya. Sekalipun garis yang membedakan antara variasi format dari memanjat sama sekali tidak kaku, penggolongan berikut membuatnya mungkin untuk menyajikan keaneka ragaman yang luas dari olah raga gunung modern dalam sebuah tatakrama yang dapat dimengerti.

Hiking and Trekking

Hiking ke lereng gunung dan puncak di pre-alpine dan daerah alpen adalah format yang paling tersebar luas dari mendaki gunung. Suatu perjalanan berhari-hari di pegunungan tinggi, terutama melalui rute yang sulit, hari–hari seperti ini sering dikenal sebagai sebuah treking/perjalanan. Hiking mengarah pada sesuatu yang lebih menuntut format mendaki gunung secepatnya layaknya menggunakan tangan untuk kemajuan.

Pemanjatan Via Ferratas

Beraktivitas pada daerah curam yang berbatu-batu yang dilengkapi dengan kabel baja dan janjang besi menjadi semakin dan lebih populer. Suatu gelanggang sampai sekarang ini, disediakan untuk pendakian tebing teknis, suatu prasarana yang lebih terperinci dengan system proteksi khusus.

Tehnik mendaki gunung klasik

Seorang pendaki gunung pada kategori ini akan memanjat dari grade 3 standar UIAA dan naik 40 derajat sampai ke salju dan es. Tujuan yang khas dari kategori memanjat ini adalah rute yang reguler hingga mencapai puncak di daerah alpen.

Tehnik mendaki gunung Ski

Penganut format klasik alpinism ini menggunakan alpen atau telemark ski untuk berjalan naik pegunungan atau melintasi suatu daerah. Dalam kaitannya dengan kompleksitas dari keterampilan yang diperlukan, disiplin ini tergolong di antara yang paling menuntut dan berbahaya.

Hirarki dari “Memanjat”

Suatu sistem untuk mengkategorikan jenis yang berbeda dari memanjat diperkenalkan oleh Lito Tejada-Flores, telah terbukti sangat menolong dalam mendeskripsikan banyak segi pemanjatan modern yang telah diperoleh. Tiap-Tiap jenis khusus pemanjatan “game” digambarkan informal tetapi dengan suatu satuan aturan tepat, yang dirumuskan agar terpeliharanya tugas yang sulit–dan dengan demikian menjadi menarik. Bahaya terbesar dalam sebuah game pemanjatan tertentu dalam kaitannya dengan lingkungan alami, semakin toleran pembatasan penggunaan dari peralatan teknis. Semakin rendah bahaya obyektifnya maka semakin keras disiplin aturannya.

Bouldering

Dalam “Bouldering” bagian yang sulit dari batu dekat dengan tanah, normalnya dengan tidak menggunakan tali. Peralatan yang diijinkan dikurangi hingga sepatu panjat, chalk bag– dan akhir-akhir ini– suatu bantalan pengaman (Matras). Bouldering dilakukan pada batuan alami dan batuan seperti halnya pada objek tiruan.

Pemanjatan pada object tiruan

Belakangan ini kebanyakan pemanjat menggunakan dinding tiruan, di rumah, gimnasium atau diluar rumah untuk latihan dan kesenangan. Kompetisi yang sudah memperoleh ketenaran selama dua dekade, kini hadir suatu format yang sangat khusus dari jenis pemanjatan ini. Saat ini, kompetisi diselenggarakan dalam berbagai disiplin: “kesulitan”, “ kecepatan” dan “bouldering” dengan satu set aturan yang didefinisikan oleh International Council for Competition Climbing (ICCC) dari UIAA.

Crag Climbing

Mengarah antara yang pertama dan tiga hal yang disebut pemanjatan crag (Crag Climb). Oleh karena pemendekan mereka dan hampir total ketidak hadiran bahaya yang objektif, “etika” kenaikan secara bebas telah memperoleh persetujuan internasional untuk jenis pemanjatan ini selama dua dekade. Ini berarti bahwa hanya sebuah gelar jika tidak ada peralatan tetap ditempatkan di tebing telah digunakan untuk naik selama pemanjatan tersebut.


Gaya: Pemanjatan Petualangan dan Pemanjatan Sport/Olahraga

Istilah pemanjatan modern membedakan antara gaya dari petualangan atau pemanjatan tradisional dan olah raga atau “plaisir” pemanjatan.

pemanjatan Petualangan atau “trad” mempunyai unsur-unsur berikut:

· Pencapaian diputuskan oleh besar ketahanan terhadap tekanan yang penting bagi pendakian dari suatu rute.

· Pemanjat bertanggung jawab atas penempatan perlindungan atau apapun yang sudah diperbuat.

· kesalahan yang dibuat oleh pemimpin dapat memiliki konsekwensi yang sangat drastis.

pemanjatan Olahraga/sport atau plaisir ditandai seperti berikut:

· Pencapaian diputuskan oleh nilai teknis dari rute yang dipanjat.

· Unsur kinesthetic merupakan unsur yang dominan.

· Bolts merupakan jaminan yang menyempurnakan perlindungan.

· Jika teknik belaying modern dilakukan dengan baik, leader- jatuhnya cenderung tidak keras(aman).

Gaya dari petualangan dan pemanjatan olahraga dapat diberlakukan bagi semua jenis tali panjat.

Continous Climbing/Pemanjatan berlanjut


Jika pendakian dari suatu rute melibatkan beberapa derajat tingkat keseriusan dan kemunduran dalam mengambil sikap dalam sebuah masalah berkaitan dengan panjangnya atau sifat menggantungnya, itu diklasifikasikan sebagai “continous climbing”(pemanjatan berlanjut. Untuk jenis rute seperti ini memiliki aturan yang sama dengan yang digunakan pada crag climbing.


Bigwall/Aid Climbing

Pemanjatan ini dikembangkan di lembah Yosemite, aktivis menaiki dinding yang tidak bisa di panjat bebas sehingga dirancang peralatan yang di desain khusus. Mereka berkerja keras untuk mengurangi pengeboran lubang untuk penempatan baut atau alat yang lainnya sedapat mungkin, dengan begitu hanya akan meninggalkan sedikit jejak dan pengrusakan setelah pendakian selesai.

Alpine Climbing

Di “Alpine game” aktifis tidak hanya harus berhadapan dengan permasalahan yang diajukan oleh pemanjatan sebenarnya tetapi juga dengan bahaya “objektif” dari suatu lingkungan yang sering menjadi musuh pada pegunungan yang tinggi. Karena survival sering kali tidak hanya tergantung pada kemampuan untuk menguasai masalah-masalah teknis dari suatu rute dengan aman tetapi juga pada kecepatan dan sebuah kesenangan, peraturan yang tidak tertulis dari pemanjatan alpine dengan sederhana mengijinkan penggunaan piton dan chock untuk kemajuan. Bagaimanapun, penerapan prinsip dari pemanjatan bebas telah terus meningkat pada pegunungan yang tinggi. Sedangkan pada awal jaman baru, fokus pada pendakian rute normal dilakukan dengan peralatan, itu tidak memberi banyak kesulitan pemanjatan baru--yang dibangun menurut aturan yang lebih keras. Ini meliputi kedua rute, petualangan yang ekstrim dan olahraga pemanjatan yang hedonistik.

Suatu aspek yang penting dari alpine climbing adalah pendakian dari rute es di pegunungan yang tinggi. Bentangan dari es klasik hingga futuristik yang keras dan serius. Sebuah jenis pemanjatan es yang baru-baru ini menjadi populer adalah pendakian air terjun yang membeku dan stalaktit-es. Pencampuran modern rute batu dan es terkadang membuat gerakan menjadi sangat sulit dengan peralatan crampons dan peralatan-peralatan es lainnya. Permainan yang diatur oleh peraturan dari pendakian bebas. Ada Garisan yang teramat keras ketika memilih melakukannya tanpa loop tangan pada peralatannya. Es dan percampuran rute yang terbentang dari satu pitch pendek hingga operasi pengeboran pada bentangan yang dapat memakan waktu hingga berminggu-minggu.

Pemanjatan Super-Alpine/Super-Alpine Climbing.

Disiplin tehnik mendaki gunung ini menggunakan ketentuan-ketentuan berkenaan dengan pemanjatan alpine untuk daerah yang sangat tinggi pada enam, tujuh dan delapan ribu meter diatas permukaan laut yang disediakan untuk ekspedisi tradisional.

Pemanjatan Ekspedisi/Expedition Climbing

Dua format dari game ini sudah dikembangkan: Variasi yang pertama mempunyai fungsi dari memungkinkan jumlah maksimum anggota dalam mencapai puncak yang bergengsi di rangkaian pegunungan yang tinggi via rute normal. Mereka mengoptimalkan kemungkinan dari kesuksesan melalui kebebasan penggunaan dari kuli pengangkut barang “porter”, tali temali yang ditetapkan dan oksigen tiruan.

Dalam kekontrasannya, format ekstrim dari pemanjatan ekspedisi adalah bekerja keras untuk mendorong batas dari kesukaran teknis dengan bantuan dari peralatan modern yang disediakan: tali temali yang ditetapkan, kemah dan depot peralatan, bahkan oksigen dalam beberapa hal.


Game berbeda dan safety-“philosophies” yang sama sesuai dengan kebutuhan yang berbeda dari individu aktifis tersebut. Kekayaan dari bentuk olahraga gunung menyediakan kesenangan dan pemenuhan diri untuk banyak orang–-suatu fakta yang menyambut kita .

Pada sisi lain, kita menentang kecenderungan dengan sepenuhnya menghapuskan bahaya dari pemanjatan sepanjang garis filosofi “kesenangan” ,dengan begitu mengurangi aspek olahraga ke aspek arah pergerakannya. Karena tanpa bahaya dan ketidak-pastian, pemanjatan kehilangan salah satu unsur pendefinisinya—petualangan. Untuk memanjat suatu rute dengan sedikit peralatan akan selalu lebih sangat dihargai dibanding pendakian dari suatu rute dengan disempurnakan infrastruktur.


Translated from www.uiaa.ch


50 komentar:

Dhidhit 18 September 2012 pukul 11.01  

Banyak jenis jenis dan teknik pendakian ya...

Cara Membuat Ayam Goreng Tepung 4 November 2012 pukul 16.55  

Hai suara petualang, wah terimakasin atas artikelnya The Pluralism of Climbing Games. Saya senang sekali membaca artikel blo suara petualang tentang The Pluralism of Climbing Games ini. Saya berharap semoga tulisan suara petualang tentang The Pluralism of Climbing Games bisa bermanfaat bagi sahabt blogger lainnya.

obat ace maxs 27 Desember 2012 pukul 22.07  

blogwalking malam sobat dan semoga sukses

toko bunga cilacap 11 April 2013 pukul 22.56  

Sangat berguna artikelnya, saya sebagai pendaki yang masih amatir sangat terbantu dengan artikel Sang petualang

adit 2 Agustus 2013 pukul 12.04  

informasi yang sangat menarik sukses terus gan..

ami 27 Agustus 2013 pukul 10.54  

Informasinya sangat bermanfaat sekali gan..
Banyak pelajaran yang saya daptkan.. semoga sukses

cep _choky 27 Agustus 2013 pukul 10.55  

Infonya mantap keren...
Banyak pengetahuan yang saya dapatkan setelah saya berkunjung ke blog ini...
Makasih infonya... Sukses deh...

desi 27 Agustus 2013 pukul 11.20  

Luar biasa sekali gan infonya mantap abis...
Banyak ilmu pengethaun yang saya dapatkan...
Makasih infonya semoga sukses...

info bisnis hot 6 September 2013 pukul 09.23  

makasih buat info climbing gamesnya

true woman indonesia 9 September 2013 pukul 09.48  

woahh , banyak juga yahh jenisnya , baru tau saya , haha , makasii infonya ... :D

Obat Herbal Abses Payudara 13 September 2013 pukul 11.22  

Informasinya sangat bermanfaat sekali....
Terimakasih banyak atas informasinya...
Semoga semakin sukses...

alami 17 Oktober 2013 pukul 16.04  

terimakasih banyak atas info nya..
sangat luar biasa sekali..
semoga semakin sukses..
saya suka berkunjung ke blog ini
semakin banyak pengetahuan yang saya daptkan...

obat benjolan di belakang telinga 18 November 2013 pukul 08.11  

terimakasih banyak atas info nya sangat bermanfaat sekali
semoga semakin sukses nya

pengobatan terbaik 19 November 2013 pukul 14.29  

Luar biasa sekali info nya sangat bermanfaat
semoga sukses

obat lepra 27 November 2013 pukul 15.54  

info yang saca baca ternyata sangat menarik
dan bermanfaat
semoga sukses

rianti 29 November 2013 pukul 13.29  

. artikel yang anda tulis di blog ini, sungguh sangat memotivasi diri saya untuk trus berkarya, terima kasih semoga kebaikan anda mendapatkan balasa yang lebih baik.

kanker kolon 30 November 2013 pukul 11.01  

menakjubkan sekali gan, hemzz pengen aku juga ngerasain berpetualang pasti seruu :)

alex 2 Desember 2013 pukul 16.24  

setelah saya menyimak dari awal hingga akhir, banyak sekali ilmu yang saya terima dari artikel yang anda tulia, semoga tambah bermanfaat ya lam kenal dan sukses selalu

fatimah 3 Desember 2013 pukul 13.56  

terimakasih banyak atas info nya
luar biasa ternyata sangat bermanfaat
dan juga sangatmenarik sekali...
semoga sukses

pengobatan benjolan di zakar 9 Desember 2013 pukul 16.28  

Informasinya sangat bermanfaat makasih gan,,,

obat 11 Desember 2013 pukul 07.54  

terimakasih banyak tas informasi nya sangat mankjubkan sekali
informasi nya sangat bermanfaat..
semoga sukses
saya tunggu informasi selanjutnya..

tasya 11 Desember 2013 pukul 15.11  

wah infonya kerennnnn sob suksek selalu ea,,,

obat herbal sifilis 11 Desember 2013 pukul 15.58  

terimakasih banyak atas info nya sangat bermanfaat
semoga sukses

rio 12 Desember 2013 pukul 09.27  


Mantappppp infonya gan thankas ea :D

cika 12 Desember 2013 pukul 09.29  



sukses terus bang di tunggu artikel selanjutnya

Obat benjolan di rahim 18 Desember 2013 pukul 09.28  

informasi yang sangat menambah wawasan saya makasih ga,.

cici 18 Desember 2013 pukul 09.29  

kereen bangettt sok artikelnya thanks infonya...

varida 18 Desember 2013 pukul 09.30  

trimakasi atas infonya semoga dapat bermanfaat gan

Obat benjolan di rahim 20 Desember 2013 pukul 13.16  

nice infonya.... sukses terus ea ditunggu artikel selanjutnya!!!

obat penurun asam urat tinggi 26 Desember 2013 pukul 12.41  

terimakasih informasinya sangat bermanfaat

US News 4 Agustus 2014 pukul 06.18  

My brother recommended I may like this web site. He was entirely right. This submit truly made my day. You cann't consider just how much time I had spent for this information! Thank you!

gina 23 Januari 2015 pukul 11.31  

Pemahaman yang luar biasa, semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat unutk para pecinta alam yang lainnya.

Dhidhit 28 Desember 2018 pukul 20.48  

The Pluralism of Climbing Games

Nuno 30 Desember 2018 pukul 18.03  

Tehnik mendaki gunung klasik

Dhidhit 1 Januari 2019 pukul 08.54  

Tehnik mendaki gunung klasik

Posting Komentar

free counters

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Indonesian Blogger Suara Petualang Adventure Blogs - Blog Catalog Blog Directory Free Automatic Backlink kostenlose backlinks