English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Selasa, 21 April 2009

Mountain Code (Kode Gunung)

You, who are on your road
Should have a code
That you can live by
And so become yourself
Because the past is just a goodbye.

Graham Nash in Déjà vu

A.Pengantar
Berjuta-juta pendaki gunung dan pemanjat tebing di seluruh penjuru dunia. Di banyak negara, olah raga gunung sudah menjadi suatu faktor kebutuhan dari kehidupan sehari-hari. Perkembangan nilai-nilai dan kesadaran umum didalam masyarakat modern sudah menandakan kepedulian mereka pada olah raga mendaki gunung. Sebagai contoh, di awal pertumbuhan kesadaran ekologis terjadi debat antara pemanjat tebing dan pendaki gunung atas hak untuk mengakses area dari aktivitas mereka, sudah menuju suatu proses refleksi, mendorong pemanjat untuk mengambil inisiatif atas isu ekologis. Secara internal, suatu diskusi yang menarik atas gaya pemanjatan yang dilakukan, sebagian besar isu dari hak kekuasaan seperti itu mendukung pemanjat tebing, menentukan oksigen dan tali yang digunakan. Yang perlu dan seringkali juga kerjasama pemanjat-pemanjat yang berhasil dengan sponsor komersil telah dihadapkan pada banyak orang yang memimpin aktifis dengan berbagai pertanyaan, format apa yang mempengaruhi ini sehingga mengorbankan kredibilitas dan integritas dari olahraga mereka. Yang terakhir tapi bukan tidak penting, rasa tidak peduli tumbuh di dalam masyarakat menimbulkan kerusakan dalam pendakian gunung, dan menjadi perhatian di dalam komunitas pendaki.
Kita sudah mempersiapkan kode etik sebagai jawaban atas keinginan yang tersebar luas untuk dengan tegas merumuskan sampai sekarang pendaki yang tidak terdaftar pada peraturan tentang melakukan dan untuk menyesuaikan mereka sesuai dengan kebutuhan waktunya. Kode etik menunjukkan semua orang tertarik akan mendaki gunung, apakah mereka hiking dan trekking di pegunungan, apakah mereka penggemar olah raga panjat tebing atau bahkan mereka pendaki gunung yang sangat tinggi. Petunjuk ditawarkan sebagai proposal dan telah dirumuskan untuk mencetuskan suatu diskusi internasional dengan tujuan untuk mencapai suatu kesepakatan yang luas dengan ketentuan-ketentuan dalam melakukan semua faktor area dari olah raga gunung.

B. Fungsi dari Kode
Kode terdiri dari sebuah sistem berharga, peribahasa dan aturan untuk memberikan suatu basis yang tersusun untuk tingkah laku yang diinginkan didalam tehnik mendaki gunung dan pemanjatan tebing. Walaupun rumusan itu merupakan satu set nilai-nilai untuk membantu pengambilan keputusan didalam situasi yang nyata, Kode tidak berisi perintah yang terperinci.
  1. Kode menggambarkan nilai-nilai pokok didalam tehnik mendaki gunung dan panjat tebing.
  2. Kode berisi prinsip dan peraturan tentang melakukan aspek penting dari pemanjatan.
  3. Kode merumuskan segi standar evaluasi yang layak untuk konflik keputusan dan situasi yang tidak-pasti.
  4. Kode memberikan prinsip yang etis dimana masyarakat dapat memberi penilaian tehnik kegiatan mendaki gunung dan pendakian tebing.
  5. Kode memperkenalkan kepada pemanjat pemula satuan nilai-nilai dan prinsip moral yang berhubungan dengan olahraga mereka.
  6. Kode menetapkan suatu standard dimana pemanjat dapat menilai dan, jika perlu, menghukum aktivitas yang lain dari pemanjat.
C. Nilai-nilai
Martabat manusia
Sehubungan dengan Artikel 1 dari UN Bill of Human Rights, Kode didasarkan dengan landasan pemikiran manusia yang dilahirkan sama didalam martabat dan hak dan tindakan sebaiknya memelihara semangat persaudaraan.
Hidup, kebebasan, kebahagiaan
Sudah tentu pemanjat dan pendaki gunung mempunyai hak azasi manusia yang tidak dapat dicabut yang dinyatakan oleh Thomas Jefferson ”hidup yang terkemuka, kebebasan, dan mencari kebahagiaan”. Kita merasakan suatu tanggung jawab yang khusus ke arah populasi yang berasal dari area gunung, hak untuk hidup, menentukan kehidupan dan melindungi diri sendiri.
Kealamian yang Tetap utuh
Terima kasih untuk kontak intensive mereka dengan kealamian, pemanjat dan alpinists mengembangkan suatu kesadaran untuk keindahan sebuah lingkungan yang sehat dan kebutuhan untuk memelihara fauna dan tumbuh-tumbuhannya. “Tidak meninggalkan jejak apapun” selalu menjadi sebuah kunci keluar di dalam filosofi lingkungan kita. Dengan tumbuhnya ancaman untuk ekosistem yang mudah pecah di region gunung diseluruh penjuru dunia, salah satu dari komitmen yang paling utama dari masyarakat pemanjat telah menjadi perlindungan dari membahayakan jenis tumbuh-tumbuhan dan fauna, baik di pegunungan dan di area pemanjatan crag.
solidaritas
Ada sedikit situasi di mana orang-orang menjadi sangat bergantung pada yang lain seperti pemanjat pada sebuah rute yang sulit. Memberi penghargaan pengalaman dan sukses paling siap ditunjukkan dalam sebuah team yang harmonis dimana saling mendukung adalah peraturannya. Pengalaman bersama dari petualangan di luar yang intensive mengurangi perbedaan dalam kaitan dengan kelas sosial, umur, ras, agama atau kebangsaan. Seperti itu, pemanjatan menjadi bermakna untuk mempromosikan pemahaman antar individu seperti halnya negara-negara.
Kebenaran
Seperti prestasi dalam memanjat seringkali pergi tanpa disaksikan dan seringkali juga tidak dapat dijadikan dokumentasi yang tidak dapat dibantah, ahli dan publik mirip harus percaya pada keadaan yang sebenarnya dari aktifis yang melaporkan tentang prestasi mereka. Jika kesewenang-wenangan menggantikan kebenaran, akan menjadi mustahil untuk mengevaluasi prestasi dalam pememanjatan, dengan begitu merampas olahraga kita dari salah satu alasan yang paling utama.
Self-Actualisasi/perwujudan diri
Perwujudan diri merupakan pendirian kita bahwa semua manusia - setelah tuntutan fisik dan membutuhkan keamanan, cinta dan pengakuan telah dijumpai - berjuang untuk perwujudan diri. Karena jutaan orang-orang di seluruh bumi, memanjat dan mendaki gunung sudah menjadi sebuah faktor yang signifikan dalam pencarian hidup yang penuh arti. Itu adalah lanjutan akan pemanjatan yang mereka alami didukung dari sebuah lingkungan sosial yang ramah, pengakuan dan kesenangan yang sangat menggembirakan dari pencapaian olahraga.
Excellence/Keunggulan
Semua pendaki gunung dan pemanjat tebing suka mengerjakan permasalahan yang menantang kedua-duanya, secara phisik dan secara mental, mengejar elegant dan pelaksanaan yang terkendali dari tugas tersebut. Banyak aktifis bekerja keras untuk meningkatkan kemampuan mereka. Tanpa kemajuan yang berkesinambungan pada pinggiran dari prestasi, pemanjatan akan kehilangan banyak tentang teori pengaruh energi dan daya tariknya.
Adventure/Petualangan
Kita mengalami prestasi kita sendiri paling sering secara intensif ketika– bergerak dekat dengan batas kita– kita saling berinteraksi dengan rintangan yang alami yang diajukan oleh pegunungan atau crag secara langsung sebisa mungkin, dengan sebuah percampuran minimum teknologi yang bertentangan. Karena alasan ini, resiko dan petualangan adalah faktor penting dalam memanjat. Perasaan intensive dari kepuasan memanjat yang dapat diberikan, adalah suatu produk dari keseimbangan gairah antara bahaya dan keselamatan yang dicapai melalui percampuran yang cekatan antara keberanian, keputusan yang rasional, kendali emosional, tanggung jawab dan olah raga yang terarah.

Nilai-nilai Kualitas
Walaupun nilai individualis memainkan sebuah peran yang penting dalam melukiskan pemanjatan, kita harus menyadari bahwa dalam persoalan moral apapun, ranking ini di bawah asas manusia dan orientasi ideal lingkungan. Meletakkan perwujudan diri(self- actualization), performance dan petualangan di atas hak untuk hidup dari manusia dan lingkungan alaminya bertentangan dengan nilai-nilai humanistic mendaki gunung dan pendakian tebing. Hal Itu merupakan tanggung jawab dari setiap pemanjat tunggal untuk menimbang dan menyeimbangkan nilai-nilai dari olahraganya sedemikian rupa sehingga pemanjatan dapat memelihara integritasnya dan itu memungkinkan kecenderungan yang berlawanan menghadapi trends marked saat ini yang ditandai oleh egotisme dan ketamakan.

Translated from www.uiaa.ch

84 komentar:

Dhidhit 13 September 2012 pukul 12.44  

Terimakasih informasi tentang Mountain Code (Kode Gunung)

foredi gel 11 Oktober 2012 pukul 08.34  

Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

Foredi 11 Oktober 2012 pukul 08.41  

Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

foredi gel 11 Oktober 2012 pukul 08.44  

aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

foredi gel 11 Oktober 2012 pukul 08.47  

Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

foredi 11 Oktober 2012 pukul 08.51  

Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

obat gasa 11 Oktober 2012 pukul 10.14  

Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

obat gagah perkasa 11 Oktober 2012 pukul 10.18  

Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

Obat Gasa 11 Oktober 2012 pukul 10.22  

saya akan mencoba tipsnya yang sangat bermanfaat sekali

Kapsul Gasa 11 Oktober 2012 pukul 10.25  

Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

Gasa Murah 11 Oktober 2012 pukul 10.28  

Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

Tissue Majakani 11 Oktober 2012 pukul 10.34  

Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

Jati Belanda 11 Oktober 2012 pukul 10.49  

Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

Ramuan Herbal Dan Khasiat Daun Jati Belanda 11 Oktober 2012 pukul 10.52  

Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

Kunir Putih 11 Oktober 2012 pukul 11.26  

saya akan mencoba tipsnya yang sangat bermanfaat sekali

Kandungan Kunir Putih 11 Oktober 2012 pukul 11.32  

Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

Pengobatan Tradisional Kunir Putih 11 Oktober 2012 pukul 11.34  

Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

Kunir Putih ( Curcuma Zedoaria ) 11 Oktober 2012 pukul 11.37  

Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

Manfaat Kunir Putih 11 Oktober 2012 pukul 11.40  

cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

Mengkudu 11 Oktober 2012 pukul 11.43  

Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

Resep Tradisional Dari Mengkudu 11 Oktober 2012 pukul 11.46  

Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

manfaat mengkudu 11 Oktober 2012 pukul 11.50  

Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

Kandungan Senyawa Dalam Mengkudu 11 Oktober 2012 pukul 11.52  

Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu

Rumput Mutiara 11 Oktober 2012 pukul 11.55  

Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

Kandungan Rumput Mutiara 11 Oktober 2012 pukul 11.57  

Terimakasih Banyak Tips dan Artikelnya, boleh dicoba. Salam sukses

Pengobatan Tradisional Rumput Mutiara 11 Oktober 2012 pukul 12.00  

Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

Pengobatan Tradisional Rumput Mutiara 11 Oktober 2012 pukul 12.03  

setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

Khasiat Rumput Mutiara 11 Oktober 2012 pukul 12.06  

Saat membaca Artikel dan Tipsnya yang benar benar menarik. Jadi ingin mencoba. Salam sukses selalu

Songgolangit 11 Oktober 2012 pukul 12.09  

cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

Penyakit Rematik 11 Oktober 2012 pukul 12.12  

Wibesite yang menarik di dalamnya banyak Artikel dan Tips yang mengandung Ilmu Pengetahuan, Harus dicoba.Terimakasih

Gejala Dan Ciri Sakit Rematik 11 Oktober 2012 pukul 12.15  

Baru kali ini saya membaca Artikel yang sangat membangun. Boleh dicoba

Tempuyung 11 Oktober 2012 pukul 12.21  

Tipsnya boleh dicoba, Artikelnya sangat bermanfaat.

Resep Tradisional Indonesia 11 Oktober 2012 pukul 12.24  

Terimaksih untuk info yang sangat efektif, boleh dicoba.

Agen Xamthone 11 Oktober 2012 pukul 12.28  

Terimaksih untuk Info yang sangat Amazing, boleh dicoba.

Cara Mengatasi Kanker Payudara Dan Pencegahannya 11 Oktober 2012 pukul 12.30  

saran yang sangat bermutu dan amazingp, boleh di coba tipsnya. Salam sejahtera

Macam – Macam Penyakit Yang Perlu Diwaspadai 11 Oktober 2012 pukul 12.33  

Sebanyak saya membaca Artikel,baru kali ini saya menemukan Artikel yang Amazing. boleh di coba. Terimaksih

Foredi Gorontalo 16 Oktober 2012 pukul 11.57  

Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

Foredi Jakarta 16 Oktober 2012 pukul 12.01  

Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

Cara Membuat Siomay 4 November 2012 pukul 16.55  

Hai suara petualang, wah terimakasin atas artikelnya Mountain Code (Kode Gunung). Saya senang sekali membaca artikel blo suara petualang tentang Mountain Code (Kode Gunung) ini. Saya berharap semoga tulisan suara petualang tentang Mountain Code (Kode Gunung) bisa bermanfaat bagi sahabt blogger lainnya.

toko bunga purwokerto 5 Januari 2013 pukul 09.22  

ok.Terimakasih. sangat berguna bagi saya yang juga seorang petualang

obat herbal kanker serviks 24 Juni 2013 pukul 00.34  

apa maksudnya sob tentang kode gunung ini? salam kenal aja..

baca disini menarik loh 19 Juli 2013 pukul 06.50  

senang banget dengan ilmunya, makasih ya.

adit 2 Agustus 2013 pukul 10.56  

informasi yang sangat menarik sukses terus gan..

ami 27 Agustus 2013 pukul 10.54  

Informasinya sangat bermanfaat sekali gan..
Banyak pelajaran yang saya daptkan.. semoga sukses

cep _choky 27 Agustus 2013 pukul 10.55  

Infonya mantap keren...
Banyak pengetahuan yang saya dapatkan setelah saya berkunjung ke blog ini...
Makasih infonya... Sukses deh...

desi 27 Agustus 2013 pukul 11.21  

Luar biasa sekali gan infonya mantap abis...
Banyak ilmu pengethaun yang saya dapatkan...
Makasih infonya semoga sukses...

Obat Herbal Abses Payudara 13 September 2013 pukul 11.22  

Informasinya sangat bermanfaat sekali....
Terimakasih banyak atas informasinya...
Semoga semakin sukses...

alami 17 Oktober 2013 pukul 16.04  

terimakasih banyak atas info nya..
sangat luar biasa sekali..
semoga semakin sukses..
saya suka berkunjung ke blog ini
semakin banyak pengetahuan yang saya daptkan...

terbaik1 2 November 2013 pukul 14.45  

Terimakasih banyak atas info nya
sangat bermanfaat sekali
kini pengetahuan saya semakin bertambah
semnoga semakin sukses nya

obat benjolan di belakang telinga 18 November 2013 pukul 08.11  

terimakasih banyak atas info nya sangat bermanfaat sekali
semoga semakin sukses nya

pengobatan terbaik 19 November 2013 pukul 14.28  

Luar biasa sekali info nya sangat bermanfaat
semoga sukses

obat lepra 27 November 2013 pukul 15.54  

info yang saca baca ternyata sangat menarik
dan bermanfaat
semoga sukses

rianti 29 November 2013 pukul 13.29  

. artikel yang anda tulis di blog ini, sungguh sangat memotivasi diri saya untuk trus berkarya, terima kasih semoga kebaikan anda mendapatkan balasa yang lebih baik.

kanker kolon 30 November 2013 pukul 11.01  

menakjubkan sekali gan, hemzz pengen aku juga ngerasain berpetualang pasti seruu :)

alex 2 Desember 2013 pukul 16.24  

setelah saya menyimak dari awal hingga akhir, banyak sekali ilmu yang saya terima dari artikel yang anda tulia, semoga tambah bermanfaat ya lam kenal dan sukses selalu

fatimah 3 Desember 2013 pukul 13.57  

terimakasih banyak atas info nya
luar biasa ternyata sangat bermanfaat
dan juga sangatmenarik sekali...
semoga sukses

pengobatan benjolan di zakar 9 Desember 2013 pukul 16.27  

Informasinya sangat bermanfaat makasih gan,,,

motivasi diri 10 Desember 2013 pukul 03.03  

wah lengkap sekali artikelnya ya..ini benar-benar ilmu baru buat saya..terimakasih

obat 11 Desember 2013 pukul 07.54  

terimakasih banyak tas informasi nya sangat mankjubkan sekali
informasi nya sangat bermanfaat..
semoga sukses
saya tunggu informasi selanjutnya..

tasya 11 Desember 2013 pukul 15.11  

wah infonya kerennnnn sob suksek selalu ea,,,

obat herbal sifilis 11 Desember 2013 pukul 15.58  

terimakasih banyak atas info nya sangat bermanfaat
semoga sukses

rio 12 Desember 2013 pukul 09.27  


Mantappppp infonya gan thankas ea :D

cika 12 Desember 2013 pukul 09.29  



sukses terus bang di tunggu artikel selanjutnya

Obat benjolan di rahim 18 Desember 2013 pukul 09.28  

informasi yang sangat menambah wawasan saya makasih ga,.

cici 18 Desember 2013 pukul 09.29  

kereen bangettt sok artikelnya thanks infonya...

varida 18 Desember 2013 pukul 09.30  

trimakasi atas infonya semoga dapat bermanfaat gan

Obat benjolan di rahim 20 Desember 2013 pukul 13.16  

nice infonya.... sukses terus ea ditunggu artikel selanjutnya!!!

tips kesehatan 12 April 2014 pukul 11.55  

terima kasih atas pengetahuannya

US News 31 Juli 2014 pukul 01.46  

I got what you intend, thanks for putting up. Woh I am willing to reach this website finished google. Thanks For Share DUBSTEP GUNS | 007 Video Recording Games | 007MRLUKIAN.

Cara cepat cari rumah idaman 10 November 2014 pukul 15.22  

tulisan agan ngebantu banget, makasih gan

jimystefanus familyherbal 24 Juli 2017 pukul 10.48  

banyak manfaat yan g kita dapat dari mendaki gunung
mampir ke http://gizidatcare.com/kandungan-gizidat/

Dhidhit 16 Agustus 2018 pukul 08.37  

Kode Gunung...................

Dhidhit 16 Agustus 2018 pukul 08.42  

info kode gunung menambah pengetahuan

Dhidhit 25 Desember 2018 pukul 17.41  

Mountain Code (Kode Gunung)

Nuno 25 Desember 2018 pukul 17.44  

Kode menggambarkan nilai-nilai pokok didalam tehnik mendaki gunung dan panjat tebing

Dhidhit 29 Desember 2018 pukul 09.14  

Berjuta-juta pendaki gunung dan pemanjat tebing di seluruh penjuru dunia

Nuno 30 Desember 2018 pukul 18.01  

Perkembangan nilai-nilai dan kesadaran umum didalam masyarakat modern sudah menandakan kepedulian mereka pada olah raga mendaki gunung

Dhidhit 1 Januari 2019 pukul 08.57  

Fungsi dari Kode
Kode terdiri dari sebuah sistem berharga, peribahasa dan aturan untuk memberikan suatu basis yang tersusun untuk tingkah laku yang diinginkan didalam tehnik mendaki gunung dan pemanjatan tebing

Posting Komentar

free counters

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Indonesian Blogger Suara Petualang Adventure Blogs - Blog Catalog Blog Directory Free Automatic Backlink kostenlose backlinks