English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sabtu, 04 Juli 2009

Golput = Antara Hak Vs Kewajiban

Sahabat petualang sekalian, kita semua sudah tau jika Pemilihan Presiden akan dilaksanakn tanggal 8 Juli 2009. Kita tentu sudah mempunyai jagoan masing-masing siapa calon Presiden yang akan kita contreng dalam pilpres nanti. Setiap pasangan juga mempunyai kiat dan strategi tersendiri dalam mengkampanyekan pasangan Capres dan cawapresnya. Nah, masalah klasik yang selalu di khawatirkan oleh para tim sukses masing-masing pasangan tentunya adalah perolehan suara, hingga kekhawatiran akan semakin banyaknya gelombang Golput (katanya sih Golongan Putih). Sindir menyindir lumrah terjadi, seperti main catur, selalu mengatur strategi untuk mencari kesempatan 1 langkah, Skak-Mat.

Oh ya...kenapa saya ikut-ikutan bahas masalah politik ya? padahal blog saya sebenarnya tidak recomended untuk hal-hal berbau politik. Awal pembuatan blog ini hanya untuk mencurahkan kegiatan petulangan saya seperti mendaki gunung, panjat tebing, susur gua, arung jeram, dan petualangan lainnya, sesuai latar saya yang ngakunya Mahasiswa Pecinta Alam. Ah, sudahlah, sekali-sekali juga tidak apa-apa membahas yang beginian. Baiklah, tanpa memperpanjang apalagi memperlebar basa-basi, saya langsung saja deh pada topik yang akan dibahas.

Golput, sebuah kata yang tidak asing lagi di telinga kita semua. Menyikapi masalah Golput, kita tidak bisa memandang hanya dari satu sisi saja (dalam konteks kepentingan politik). Golput atau familiar dengan istilah tidak memilih jika ditinjau dari sisi hak asasi manusia, merupakan hal yang legal dan sah (menurut saya), sejauh hak tersebut digunakan dengan baik. Namun jika ditinjau dari sudut pandang kewajiban kita sebagai warga negara, maka akan timbul sebuah pertanyaan, sudahkah kita menjalankan kewajiban kita sebagai warganegara untuk memilih....???

Nah, jika kita membicarakan masalah hak untuk tidak memilih (karena kita berhak), maka akan timbul sebuah sanggahan, yaitu kita juga mempunyai hak untuk memilih dan dipilih. Banyak sekali anjuran untuk kita menggunakan hak pilih kita ini. Namun, menyikapi hal ini, kita kembalikan lagi kepada diri kita masing-masing, akan kita kemanakan hak kita ini jika kita tidak memilih? apakah kita akan dicap dengan embel-embel Apatis????

Jika kita membicarakan tentang kewajiban, maka tentu saja jawaban dari negara adalah wajib. Sebuah pameo yang dikatakan oleh salah satu mantan presiden AS berbunyi : "Jangan Kau tanyakan apa yang telah Negara berikan untuk-mu, tapi tanyakan apa yang sudah Kau berikan untuk Negara-mu". Sebuah kalimat yang sangat patriotik sekali (menurut saya lho).

Hak dan kewajiban memang seharusnya berbanding lurus (balance). Kita menuntut hak kita sebagai individu, kita juga harus melaksanakan kewajiban kita dalam bermasyarakat. Apakah kita bisa hidup sendiri tanpa ada siapa-siapa di dunia ini? Janganlah kita menuntut hak yang berlebihan, maka sebaiknya kita menjalankan kewajiban ini dengan hati nurani kita.

Kembali lagi tentang Golput, ini kembali lagi kepada diri kita sendiri. Apakah kita mempertahankan idealisme untuk memilih atau tidak. Ataukah kita akan berfikir kembali apa yang akan kita berikan untuk negara ini. Dalam Ulasan ini, saya tidak merekomendasikan (dalam hal kampanye) salah satu pasangan Capres-Cawapres, karena saya bukan tim sukses. Jadi, pilihan ada pada masing-masing kita, siapa yang akan kita pilih. Fikirkanlah....
Namun saya pribadi Berpendapat : "Memilih atau Tidak Memilih adalah Sebuah Pilihan....!!!"

Oh ya, mohon maaf jika tulisan ini kurang menarik untuk dibaca, karena sejujurnya saja saya tidak begitu mengetahui tentang seluk-beluk politik. Saya hanya menyampaikan sedikit pendapat saya, suara petualang....untuk itu saya mohon saran dan kritiknya mengenai tulisan ini melalui komentar sahabat petualang sekalian. Terima Kasih.

"Jika Pohon terakhir sudah ditebang,
Sungai terakhir sudah dicemari,
dan ikan terakhir sudah ditangkap,
Maka manusia akan sadar,
UANG TIDAK DAPAT DIMAKAN...!!!'

Salam Lestari

117 komentar:

Unknown 4 Juli 2009 pukul 13.15  

yang jelas kita punya hak memilih dan juga tidak memilih, tidak ada yng boleh memaksa. jadi memilih capres bukan kewajiban yg berdosa klw tdk dikerjakan...yg penting damai...

Ricky 4 Juli 2009 pukul 13.38  

saya mah tetep JK-Wiranto ah..
ga baik klo golput..
itu namanya orang yang tidak nasionalis dan tidak ingin rakyatnya maju..
ayo pilih jangan GOLPUT

Anonim,  4 Juli 2009 pukul 13.55  

sebagai rakyat kita juga punya tanggung jawab terhadap negara. jadi memilih capres adalah tanggung jawab yang harus ditanam dalam diri kita. coba bayangkan akan wujudkah sebuah negara tanpa rakyatnya. soal siapa yang dipilih itu hak individu. yang penting kita melaksanakan tanggung jawab dan yang terpilih harus melaksanakan amanat yang diberikan oleh rakyat untuk melaksanakan tugasnya demi kemakmuran rakyat dan negara.

Suara Petualang 4 Juli 2009 pukul 14.07  

@ Bayu : yups....yang penting damai

@ Ricky : Ok, siapapun Presidennya kita harus tetap mendukung.. Setuju..???

@ SeriBahasa : Sip...kemakmuran untuk negara....

Anonim,  4 Juli 2009 pukul 14.16  

ga ada yang salah dengan golput,..toh presiden nya siapapun, yang merubah nasib kita ya kita sendiri,..bukan siapa yang terpilih,...hidup GOLPUT,..maju terus pantang mundur GOLPUT masih lebih baik daripada CALON KORUPTOR

pendi 4 Juli 2009 pukul 14.23  

menitikberatkan pada masalah hak atau kewajibankah besok kita memilih, itu tergantung dari sudut pandang kita. Jika sodara merasa ingin membangun bangsa indo untuk menjadi lebih baik maka sodara otomatis akan mempelajari dan mengamati setiap capres baik visi misi maupun program nya. Dan pasti ada yg menarik untuk sodara yg datang dari ketulusan hati untuk semua orang, entah dari kandidat yg mana. maka dari itu tentu saja sodara akan memilih dan merasa itu adalah kewajiban yg muncul dari suara hati. bukan dari eksternal.

jadi jika org yg golput, maka org itu tidak memiliki rasa sosialis terhadap kepedulian bangsa dan negaranya.

gobang blog 4 Juli 2009 pukul 14.40  

iya sih dipikir pikir juga gak ada salahnya kita ikut golput habis yang nikmatin juga kebanyakan mereka-mereka yang duduk jd wakil rakyat, padahal kita yang molih dia supaya duduk di sana tapi apa balasanya 0 besar yang ada malah sekarang makin susah aja mau cari untuk hidup

the beauty of riau 4 Juli 2009 pukul 16.09  

Jika Golput haram penghuni neraka bakal bertambah, daripada pusing menentukan pilihan contreng semuanya biar adil

Arie_C 4 Juli 2009 pukul 16.15  

yang pasti.. mau golput atau pun tidak itu hak masing2 ya nggak kang petualang, yang penting bisa makan enak,pikiran tenang!
siapapun yang kepilih nanti jangan sampai:
"Pohon ditebang,
Sungai dicemari,
dan ikan habis ditangkap,
Maka manusia akan sadar,
UANG TIDAK DAPAT DIMAKAN...!!!'
benar banget kata-kata akang yang satu ini!

Satriyo Katrox 4 Juli 2009 pukul 16.38  

kalo aku golongan yang belang aja ah...ga ding aku pasti milih,tentunya dengan keyakinan masing2 hargai pilihan orang....tul ga sob...????

Nur Muhammad 4 Juli 2009 pukul 16.52  

waduh sob kalo golput haram maka penghuni neraka bakal bertambah nih, hiiii daripada ntar masuk neraka mending contreng aja deh hehehe.....

eNeS 4 Juli 2009 pukul 17.32  

Jaman rezim ORBA aku termasuk seorang demonstran yg pd saat itu org takut untuk berdemo, aku pendukung GOLPUT sehingga sempat mo dipriksa di kodim. Skarang, "meski politik tetep politik", aku gak golput lagi pd orde Reformasi ini krna ada banyak alternatif untuk dipilih. Makanya dalam pemilu aku bisa milih 3 partai berbeda untuk tiap caleg (DPRD II, DPRD I, dan DPR). Tp aku tetap menghargai orang-orang yang "memilih untuk tidak memilih". Itulah demokrasi, bung !!!

narti 4 Juli 2009 pukul 18.31  

hihi...gk ngerti politik...
diberi hak pilih ya digunakan sebaik-baiknya.

suzhu BITES 4 Juli 2009 pukul 18.40  

aq ragu ma ketiga kandidat. ada yang masih membawa dendam en suka menjelek2an orang lain. ada yang ngebodohin rakyat dengan ngasih uang padahl slama pemerintahanx kenaikan bhn pokok 3x, sama aja ttp bikin susah. ada juga yang suka mempermasalahkan kebaikan dimasa lalu padahl klo mmng ingin berkorban untuk rakyat tidak perlu ditahu.

golput is not a crime! kita blm spnuhnya berdemokrasi, krn masih dipimpin orang2 dr masalalu..partai hanya simbol dinasti masing2 keluarga.

golput is a right too!

Anonim,  4 Juli 2009 pukul 19.56  

pilih apa ya! (orang bingung)
memilih tak dpt pahala, kurang satu suara pun tak akan jadi 1 juta..! Tak memilih tak berdosa,kalau ada apa2.. tak ketahuan kita pilih apa...????
(Bingung gak)?????

azarre 4 Juli 2009 pukul 20.41  

Waww... mas tulisannya bagus... walaupun disampaikan dengan bahasa yang merendah tapi terlihat berisi... slam kenal ya mas...

bintangtimurclose 4 Juli 2009 pukul 21.47  

Jangan GOLPUT....Ayo Datang ke TPS untuk menentukan 5 tahun pemimpin kita.

Suara Petualang 4 Juli 2009 pukul 22.03  

@ For All : wah,thanks banget ya Sharing-nya...disini kita bisa melihat kesiapan kita sebagai bangsa yang berdemokrasi.

Beda Pendapat boleh saja, Yang penting tetap Damai...

Ok...
Salam Lestari...

How Much It Cost 4 Juli 2009 pukul 22.34  

kita diberi hak dan kewajiban yg sama besar...lebih baik sih milih krn itulah hak sekaligus kewajiban kita

archidesignconcept 4 Juli 2009 pukul 23.04  

http://www.youtube.com/watch?v=Pg1-MR02SYY

Unknown 4 Juli 2009 pukul 23.06  

sejak kapan sobatku si petualang..mikir kayak ginian..tapi bagus.. siapa yang larang pendaki gunung, penjelajah rimba, penurun lembah dan goa, pengarung jeram,..mikir kayak ginian..karena mereka juga warga negara...

posting yang keren sob.. memberikan pencerahan buat pembaca.tinggal terserah mereka mau pilih mana golput or milih, kalu saran aku sih jangan golput deh.. walau semua jelek he..he..he.. masak nggak ada yang lebih baik dikit aja ...siapa calonnya terserah aja....

Active Fitness Batam 4 Juli 2009 pukul 23.12  

Kadang kalo dipikir golput juga bagian dari pada politi. yaitu pembelajaran agar para "elite" politik sadar bahwa mereka bukan apa2 tanpa suara. resiko buat mereka besar.

Suara Petualang 4 Juli 2009 pukul 23.27  

@ Pawewet : thanks ya buat Spiritnya...:)

@ All : Kembali lagi kepada diri kita masing-masing....

Salam Lestari

Indoman 4 Juli 2009 pukul 23.36  

Golput juga pilihan. Walaupun menurut saya bukan pilihan yang terbaik. Karena biar bagaimanapun, yang terbaik adalah memberikan suara kita kepada yang menurut kita sedikit lebih baik daripada calon yang ada dan akan membawa negara dan bangsa ini menuju lebih baik. Ada yang berpendapat : "Aah, milih tidak milih toh saya tetap begini!" Jangan salah. Tidak harus pilihan kita yang berdampak langsung kepada kita. Inilah makna (mungkin hal yang paling kecil) dari pemeo mantan presiden AS yang ada di posting ini. Oleh karena itu cari tahu sebanyak-banyaknya tentang masing2 calon. Jangan apatis dan skeptis. Kita butuh optimisme dan harapan agar bangsa ini bisa bangkit.
Jadi menurut saya golput tidak salah karena ini adalah demokrasi, tetapi golput adalah pilihan terakhir.

Unknown 4 Juli 2009 pukul 23.41  

memilih atau tidak sma saja

Unknown 5 Juli 2009 pukul 02.12  

politik memang kejam, kita diberi pilihan untuk ttap memilih walau tidak ada pilihan. golput sama saja dengan memilih pilihan yang tidak ada pilihan.

Unknown 5 Juli 2009 pukul 02.17  

gol put juga merupakan suatu pilihan

MPuTraKusuMa 5 Juli 2009 pukul 02.26  

pilihan yan cerdas adalah pilihan yang membuat dan dibuat oleh hati yang bersih.

Anonim,  5 Juli 2009 pukul 06.28  

mantep, Mas! walau MAPALA tetep mbahas politik.

di sebuah novel yang pernah Ramdhan baca, judulnya '5 cm', katanya salah satu tokoh bangsa berucap bahwa negeri ini tidak akan kehilangan sosok pemimpin selama masih ada pemudanya yang menjelajahi alam.

untuk masalah Golput... bagi Ramdhan kayaknya sah-sah aja karena termasuk pilihan. kadang tergantung kondisi.

D`CILOK 5 Juli 2009 pukul 06.29  

sulit memang, tetapi akan lebih baik kalau kita dapat menentukan pilihan dari sejumlah pilihan yang tersedia.

selamat memilih, semoga kita menemukan pemimpin yang sesuai dengan harapan.

Unknown 5 Juli 2009 pukul 07.17  

Seruuu...seruuuu....
yah begitulah politik, mau tidak mau kitapun harus masuk dalam lingkarannya, karena kehidupan kita sehari-haripun tidak jauh dari sebuah politik, namun mungkin ukuran dan bentuknya yang berbeda. Setiap kita punya pendapat dan persepsi, yah... memang hidup ini hanya sebuah persepsi saja...
Saat kita memilih, tentunya kita tahu apa saja pilihannya, belajar jujur pada diri sendiri adalah awal yang baik untuk menata hidup.
Bila kita menyadari adalah penting perlunya seorang Pemimpin ,niatkan u/ memilih, kecuali sebaliknya.
Ada hal-hal dalam hidup ini kita tidak sependapat dengan yang lain tapi hal itu banyak manfaatnya untuk orang banyak, ada banyak persoalan berseberangan dengan pemikiran kita, namun ternyata orang lain malah banyak yang sepakat, yah ... semakin banyak mengetahui rahasia-rahasia hidup ini, akan semakin bijak kita bertindak dan bersikap.
"Pemimpin adalah cermin dari rakyatnya" begitu kata filsafat kuno, sejauh mana keberadaan pemimpin kita sekarang sejauh itu pula keadaan kita.
Salam silaturahim ... u/ semua
Semoga Alah meridloinya dan terus terpelihara, amiin

Desti Andani Permana 5 Juli 2009 pukul 07.39  

Met pagi...
Bagus juga koq ngebahas politik...
Selama in aku blom pernah golput, yaa.. mencoba menjadi warga negara yg baik... :)

Ade S 5 Juli 2009 pukul 08.42  

ade sih ga setuju yang namanya golput berarti dia tidak punya ide dan keputusan untuk memilih siapa yang menjadi pemimpin kita.. bangsa indonesia

reni 5 Juli 2009 pukul 09.13  

Aku gak ingin golput, jadi aku akan berangkat nyontreng tanggal 8 Juli nanti.
Cara penyampaiannya bagus kok... ^_^

Suara Petualang 5 Juli 2009 pukul 11.55  

@ For All : thanks banget atas partisipasinya karena sudah meramaikan Postingan ini....
Kita kembalikan kepada diri kita masing-masing, apakah kita siap memilih atau tidak....???

Salam Lestari....

Chela Gurukecil 5 Juli 2009 pukul 15.32  

yang jelas apapun pilihannya pasti ada kekurangn dankelebihan...so aku juga gag bakal GOLPUT...1 suara menentukan nasib kita juga

Pozi ABB 5 Juli 2009 pukul 18.17  

Mas? Bung? Kang? (mana satu yang betul?) YOYON!

"Memilih atau Tidak Memilih adalah Sebuah Pilihan....!!!"

Di sini (my)...MEMILIH adalah PILIHAN, TIDAK MEMILIH bukanlah SUATU PILIHAN! Semua kami terdidik oleh pemimpin utama kami (Perdana Menteri) sedari dulu agar menjadi seorang pemilih (di my disebut pengundi) yang bijak menilai pemimpin untuk dijadikan tunjang negara.
GOLPUT (di my - atas pagar) sangat tidak disyorkan...malah semua majikan dikehendaki memberikan cuti kepada pekerja mereka yang hendak mengundi.
Begitupun di sini, dan di mana2 pun juga di dunia ini...BUKAN HUNDRED PERSEN YG KELUAR MENGUNDI.
Mereka lebih senang menjadi GOLPUT atau GOLONGAN ATAS PAGAR,,,kerna boleh makan kiri dan kanan, berbanding menjadi Pemilih yang hanya boleh makan dari satu sisi sahaja.

Maaf ya Yoyon, terlanjur dan panjang amat petualangan ku ini...semoga jumpa lagi nanti pada lain kesempatan.

Jimox 5 Juli 2009 pukul 20.35  

wah kalau menurut saya sayang banget kalau sampai kita tidak memilih. disamping suara kita menentukan mau di bawa kemana bangsa ini, dana buat penyelenggaraan pemilu besar lo.. kan sayang kalau nggak milih. :-)

Ricky 5 Juli 2009 pukul 21.11  

Setujju 200%..
tapi suka pusing ma politik jaman sekarang mah euy, banyak wakil2 rakyat yang saling menjatuhkan..
ama sesama capres aja saling menjatuhkan apalagi sama rakyatnya..
apa rakyat Indonesia ini mau dijadikan kelinci percobaan mereka demi merengkuh kekuasaan..
kita liat aja nanti pas udah ada yang kepilih..
bakal pada nepatin janjinya ga?
kalo engga kita bantai aja tuh Istana Negara..
hahaha..
udah ah cape Nulis..

kakara 5 Juli 2009 pukul 22.22  

Gunakan hati nurani,akal dan pikiran..
kalau memang tidak ada pilihan, jangan paksakan.
TFS frenz :)

ina 6 Juli 2009 pukul 09.40  

memang bener, golput ato engga itu terserah kita,...

cmn sebagai WNI yg baek,mendingan milih ajah dech,

siapapun nanti yg jadi presidennya,kita hanya berharap Indonesia semakin lebih maju,...

Azwar 6 Juli 2009 pukul 10.13  

klo menurut saya pribadi, golput... jangan dech...
memang golput atau tidak golput itu hak individu, akan tetapi suara kita sangat menentukan NKRI ini kedepan.

So, gunakan hak pilih anda, jangan sia-siakan.

Suara Petualang 6 Juli 2009 pukul 10.21  

Wah...semakin Ramai nih, jadi tambah seru...!!!
ini menunjukkan bahwa Sahabat Petualang MAsih Peduli pada Bangsa ini....

Salam Lestari...

erlambang 6 Juli 2009 pukul 10.57  

orang punya hak memilih dan dipilih. tidak memilih saya kira juga hak. yang tidak boleh mengajak orang lain untuk tidak memilih atau memaksa memilih pilihan tertentu

Anonim,  6 Juli 2009 pukul 12.37  

wah kayaknya seru nih sang petualang yang melalang hutan rimba berbicara ttg politik :). membaca komentar dari sahabat2 blogger yang lain pada mantab2...yang penting sing pemilu damai, siapapun yang terpilih harapannya ingatlah janji akan memakmurkan rakyat dan negerinya bukan memakmurkan diri sendiri. semoga pemimpin kita kali ini benar2 seorang pemimpin yang takut akan azab Allah. benar2 yang dilakukan untuk rakyat dan negerinya.

attayaya 6 Juli 2009 pukul 20.55  

hak yang menjadi tanggung jawab
apakah yg dipilih ntar bisa mempertanggungjawabkan hak2 rakyat?
ntahlah

Andie 8 Juli 2009 pukul 02.58  

golput nih.
masih 15 tahun
heheheh :D:D:D

seumur hidup golput!
eeheh

Hill 8 Juli 2009 pukul 04.46  

yg penting pemilu damai, jgn ampe rusuh,gamau sampai negara ini seperti kejadian 97/98,terserah mau golput atau ga itu adalah pilihan,tp lebih baik contreng semua itu lebih adil biar ga ada yg iri satu sama lain...naahh lohhh :D

Semar Badranaya 8 Juli 2009 pukul 05.18  

pilih yang terbaik dari yang baik
pilih yang baik dari yang kurang baik
pilih yang kurang baik dari yang buruk
pilih yang buruk dari yang terburuk
... kalo ga ada juga.. biarkan hati yang berbicara

Shella Herviana 8 Juli 2009 pukul 07.10  

saya belum cukup umur untuk nyontreng..hehe...

bejo 8 Juli 2009 pukul 11.48  

bejo sudah nyontreng hari ini....
Apapun pilihan anda itulah yang terbaik menurut anda....peace

Lina Gustina 8 Juli 2009 pukul 23.21  

Saya ngga pernah golput, karena kita ngga mungkin ngga peduli dengan masa depan bangsa ini. SALAM DAMAI!!

jual karpet 5 Januari 2012 pukul 12.03  

siapa aja boleh deh gan :D

Obat tradisional diabetes mellitus 30 Januari 2012 pukul 16.05  

sebenarnya satu suara bisa sangat berpengaruh lho,,jadi mendingan ga golput,,

Xamthone plus 30 Januari 2012 pukul 16.06  

golput atau tidak adalah sebuah pilihan ,,kita hanya perlu saling menghormati pilihan tersebut

Obat Herbal Stroke 30 Januari 2012 pukul 16.08  

labih baik tidak golput,, memilih pemimpin adalah salah satu bentuk dedikasi kita terhadap kemajuan bangsa ini

Obat Herbal Penyakit Kanker Paru Paru 29 Maret 2012 pukul 09.08  

jangan lah jangan golput sayang tau satu suara juga bisa menentukan nasib bangsa kita ke depan nya

Obat Herbal Penyakit Kanker Darah Paling Ampuh 29 Maret 2012 pukul 09.11  

apapun alasan nya GOLPUT itu tetap pilihan yang salah . meskipun HAM tapi golput itu cara yang salah berikan lah suara yang terbaik ..
salam

Obat Herbal Penyakit Kanker Kelenjar Getah Bening 29 Maret 2012 pukul 09.15  

sebagai warga yang baik kita hindari yang namanya golput .. satu suara saja sangat berharga .. orang yang bijak pasti bisa memilih mana yang terbaik dan menghindari golput

Obata Herbal Penyakit Kanker Prostat Paling Ampuh 29 Maret 2012 pukul 09.20  

golput mah jalan yang sklah jelas lah kita sebagai rakyat di tuntut untuk memilih .. apapun alasan nya kita harus memilih dari sekian mereka kita pilih yang terbaik

Arti Mimpi Pacar Selingkuh 4 November 2012 pukul 16.41  

Hai suara petualang, wah terimakasin atas artikelnya Golput = Antara Hak Vs Kewajiban. Saya senang sekali membaca artikel blo suara petualang tentang Golput = Antara Hak Vs Kewajiban ini. Saya berharap semoga tulisan suara petualang tentang Golput = Antara Hak Vs Kewajiban bisa bermanfaat bagi sahabt blogger lainnya.

toko bunga kebumen 28 November 2012 pukul 07.03  

Jangan Kau tanyakan apa yang telah Negara berikan untuk-mu, tapi tanyakan apa yang sudah Kau berikan untuk Negara-mu.memang kalimat yang sangat heroik

Travel umroh 11 Desember 2012 pukul 11.18  

banyak calon yg selalu ngumbar janji-janji,begitu sudah di atas lupa deh ama janji-janjiny,makanya banyak yang lebih pilih golput

adit 2 Agustus 2013 pukul 10.31  

informasi yang sangat menarik sukses terus gan..

ami 27 Agustus 2013 pukul 10.20  

Informasinya sangat bermanfaat sekali gan..
Banyak pelajaran yang saya daptkan.. semoga sukses

cep _choky 27 Agustus 2013 pukul 10.29  

Infonya mantap keren...
Banyak pengetahuan yang saya dapatkan setelah saya berkunjung ke blog ini...
Makasih infonya... Sukses deh...

desi 27 Agustus 2013 pukul 10.36  

Luar biasa sekali gan infonya mantap abis...
Banyak ilmu pengethaun yang saya dapatkan...
Makasih infonya semoga sukses...

dian 28 Agustus 2013 pukul 10.26  

Infonya mantap keren ...
Saya mendapatkan pelajaran yang bermanfaat dalam blog ini
terimakasih semoga sukses

egi 28 Agustus 2013 pukul 10.33  

Izin nyimak gan...
Blognya bagus semoga semakin suksesnya..
Saya tunggu postingan selanjutnya

robi 28 Agustus 2013 pukul 10.36  

Terimakasih banayk atas infonya...
Ternyata banyak pelajaran ilmu pengetahuan yang saya dapatkan...
Semoga semakin suksenya...

true woman indonesia 5 September 2013 pukul 09.44  

bener sih semua tergantung pilihan individu masing" ... :)

Obat Herbal Abses Payudara 13 September 2013 pukul 11.07  

Informasinya sangat bermanfaat sekali....
Terimakasih banyak atas informasinya...
Semoga semakin sukses...

obat tipes 26 September 2013 pukul 09.43  

informasinya sangat bermanfaat sekali...
terimakasih banyak atas informasinya
semoga semakin sukses......

faujiah 8 Oktober 2013 pukul 09.35  


Informasi yang unik dan inopatif gan :)

santi 8 Oktober 2013 pukul 16.31  


makasih gan atas infonya

obat kulit belang 11 Oktober 2013 pukul 10.46  


artikelnya sangat menakjubkan gen B-)

alami 17 Oktober 2013 pukul 15.36  

terimakasih banyak atas info nya..
sangat luar biasa sekali..
semoga semakin sukses..
saya suka berkunjung ke blog ini
semakin banyak pengetahuan yang saya daptkan...

terbaik1 2 November 2013 pukul 14.20  

Terimakasih banyak atas info nya
sangat bermanfaat sekali
kini pengetahuan saya semakin bertambah
semnoga semakin sukses nya

herbal1 2 November 2013 pukul 14.32  

informasi yang sangat luar biasa sekali menakjubkan
banyak pengetahuan yang saya dapat
teimakasih salam sukses

obat benjolan di belakang telinga 18 November 2013 pukul 07.57  

terimakasih banyak atas info nya sangat bermanfaat sekali
semoga semakin sukses nya

pengobatan terbaik 19 November 2013 pukul 13.58  

Luar biasa sekali info nya sangat bermanfaat
semoga sukses

obat lepra 27 November 2013 pukul 15.45  

info yang saca baca ternyata sangat menarik
dan bermanfaat
semoga sukses

obat ibu hamil 29 November 2013 pukul 08.11  

Terimakasih banyak atas informasi nya sangat bermanfaat semoga sukses

obat leher bengkak 29 November 2013 pukul 13.12  

terimakasih banyak atas info nya sangat bermanfaat sekali..
sangat menarik semoga sukses

ketiak bengkak 29 November 2013 pukul 13.18  

terima kasih banyak atas imformasinya ini sangat bermanfaat khususnya untuk saya pribadi, sukses ya gan

alex 2 Desember 2013 pukul 16.17  

Thanks infonya sangat bermanfaat sekali buat saya, di tunggu ea artikel selanjutnya :D

fatimah 3 Desember 2013 pukul 12.47  

trimakasih banyak atas info nya
luar biasa ternyata sangat bermanfaat
dan juga sangatmenarik sekali...
semoga sukses

pengobatan benjolan di zakar 9 Desember 2013 pukul 16.18  

Informasinya sangat bermanfaat makasih gan,,,

obat 11 Desember 2013 pukul 07.46  

terimakasih banyak tas informasi nya sangat mankjubkan sekali
informasi nya sangat bermanfaat..
semoga sukses
saya tunggu informasi selanjutnya..

obat herbal sifilis 11 Desember 2013 pukul 14.30  

terimakasih banyak atas info nya sangat bermanfaat
semoga sukses

tasya 12 Desember 2013 pukul 09.03  

wah infonya kerennnnn sob suksek selalu ea,,,

rio 12 Desember 2013 pukul 09.05  


Mantappppp infonya gan thankas ea :D

cika 12 Desember 2013 pukul 09.06  


sukses terus bang di tunggu artikel selanjutnya

cici 18 Desember 2013 pukul 09.02  


kereen bangettt sok artikelnya thanks infonya...

Obat benjolan di rahim 20 Desember 2013 pukul 13.05  

nice infonya.... sukses terus ea ditunggu artikel selanjutnya!!!

panduan seo 16 Maret 2014 pukul 15.32  

kalo saya gak mau golput, karena golput tidak baik untuk negara kedepannya

US News 5 Agustus 2014 pukul 18.35  

I got what you designate, thanks for putting up. Woh I am glad to make this website finished google. Thanks For Share DUBSTEP GUNS | 007 Video Recording Games | 007MRLUKIAN.

Cara cepat cari rumah idaman 10 November 2014 pukul 13.01  

gak usah golput/milih yg ngasih duit, pilih pakai hati broh

flash card can talk 20 Desember 2014 pukul 14.28  

Terima kasih telah berbagi informasi, informasinya sangat jelas sekali sehingga mudah dipahami maksud dan tujuannya

DewaPokerQQ 28 Oktober 2017 pukul 09.54  

Terima kasih Informasinya gan , Sangat Membantu dan di tunggu artikel berikutnya^^

Unknown 19 November 2017 pukul 20.07  

Informasi yang sangat bagus dan bermanfaat gan. ditunggu informasi nya selanjutnya gan:) terima kasih ^^



Selamat Datang di Intanqq

Intanqq menyediakan 7 permainan dalam 1 ID
Berikut permainannya :
- BandarQ
- AduQ
- Bandar poker
- Bandar sakong
- Domino
- Poker
- Capsa

Berikut keuntungan bermain di Agent Poker Intanqq :
- Bonus Turnover 0.3% dibagikan setiap hari
- Bonus Extra turnover setiap minggu
- Bonus referal sampai 20% dan berlaku seumur hidup
- Proses depo dan wd HANYA 1 menit
- Minimal depo dan wd HANYA Rp.15.000
- Win Rate 98%

Ayo tunggu apalagi? segera bergabung bersama kami dan kunjungi website kami bosku ^^. menangkan hadiah nya bosku ^^

Anonim,  24 September 2018 pukul 08.14  

I am really happy to see this brilliant post and all the details are in this post is awesome.
agen poker online
bandar domino online

uaitcirjack 5 Maret 2022 pukul 20.54  

ceramic vs titanium flat iron - TITanium Art
Stainless toaks titanium steel titanium nipple bars is titanium jewelry piercing a solid alloy of titanium drill bit set titanium with the finest quality titanium alloys in the world. All natural and non-adjustable surfaces are made with only natural materials.

Anonim,  2 Juli 2023 pukul 06.38  

c678r7pcxte001 replica bags w802w5chzis894

Posting Komentar

free counters

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Indonesian Blogger Suara Petualang Adventure Blogs - Blog Catalog Blog Directory Free Automatic Backlink kostenlose backlinks