English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Minggu, 10 Mei 2009

Tabu-kah Jika Pecinta Alam Berpolitik ???

Pecinta alam sebagai sebuah komunitas yang penuh dengan keunikan dan juga sebuah komunitas yang berisi mahluk-mahluk yang berpikiran progresif memang tidak bisa kita munafikan, hal tersebut bisa kita lihat dari personal hingga sistem kerja organisasinya. Banyak orang awam berpersepsi bahkan memvonis jika pecinta alam hanya sebuah organisasi hura-hura tanpa memiliki tujuan yang jelas apalagi mampu memberikan sumbangsih yang kongkrit untuk bangsa ini yang sedang mengalami krisis multidimensi.
Krisis multidimensi yang melanda tanah air kita memang telah memporak-porandakan semua aspek kehidupan kita, dari masalah ekonomi, sosial budaya hingga pendidikan. Belum lagi kebijakan-kebijakan politik yang ditelurkan oleh rezim yang berkuasa saat ini yang selalu kontroversial dan hanya mementingkan keuntungan segelintir orang. Kalau kita jeli menganalisis kondisi saat ini tidaklah lepas dari kebijakan-kebijakan politik yang dikeluarkan oleh para penguasa bangsa ini, kondisi ekonomi yang sudah hancur menjadi tambah parah, permasalan pendidikan yang selalu butuh sebuah perhatian demi regenerasi bangsa ini malah menjadi korban keserakahan para penguasa bangsa ini.
Keprihatinan ini bisa kita rasakan disekitar kita yang berada dalam sebuah institusi pendididikan dimana kita selalu menjadi korban dari sebuah kebijakan politik yang diturunkan ke institusi pendidikan. Dikekangnya ruang kita untuk berekspresi dan berkreatifitas belum lagi banyaknya peraturan yang diterapkan oleh pihak kampus yang tidak melibatkan kita sebagai obyek yang akan menjalankannya merupakan bukti sebuah pengkondisian dari para elite politik kita melalui kebijakan-kebijakannya yang dijalankan oleh institusi pendidikan dengan harapan agar nantinya para mahasiswa “ora neko-neko” yang bisa mengancam kepentingan para penguasa negeri ini. Hal inilah yang sebenarnya harus kita sikapi karena jika tidak maka akan terciptalah sebuah generasi yang akan menjadi “robot-robot” para penguasa yang akan selalu tertawa melihat tingkah kita, tetapi yang saat ini menjadi pertanyaan besar adalah sadarkah kita selaku sekelompok orang yang tergabung dalam sebuah alat yaitu organisasi pencinta alam tentang hal tersebut diatas ???
Fenomena yang terjadi saat ini di komunitas pecinta alam adalah sikap apatis kita terhadap kondisi politik di negeri ini. Kebanyakan dari kita (baca:pecinta alam) beranggapan urusan pecinta alam tidak ada hubungannya dengan masalah politik bahkan kita akan menjadi bahan lelucon ketika berbicara masalah politik di komunitas ini. Sikap tersebutlah yang akhirnya menyebabkan rasa kepedulian kita terhadap nasib bangsa ini semakin hari semakin menipis dan nyaris terancam habis, permasalahan politik selalu menjadi suatu hal yang tabu didalam komunitas pecinta alam padahal seandainya kita sadar eksistensi organisasi pecinta alam di dalam sebuah institusi pendidikan merupakan sebuah lingkaran kebijakan politik para elite politik kita yang diturunkan kedalam intitusi pendidikan. Hal lain yang bisa kita lihat adalah semakin memprihatinkannya permasalahan lingkungan hingga menyebabkan bencana baru bagi umat manusia dimana hal ini merupakan sebuah hasil dari kebijakan politik yang tidak pro terhadap kepentingan rakyat. Disisi lain masalah lingkungan menjadi bahan yang selalu dikonsumsi oleh organisasi pecinta alam.
Alasan klasik yang sering kita dengar dari kawan-kawan kita politik itu kejam, racun yang sewaktu-waktu bisa membunuh kita, licik, jahat dan masih banyak lagi yang pada intinya hal yang harus kita hindari, alasan-alasan tersebut sebenarnya tidak bisa kita jadikan patokan utama kita untuk tidak mau tahu/peduli terhadap permasalhan politik, memang benar politik itu penuh dengan trik dan intrik tetapi ketika kita masuk ke dalam lingkaran tersebut kita haruslah ambil bagian karena jika tidak kita hanya akan menjadi korban-korban politik yang tinggal menunggu waktu. Hal yang sangat mendasar lagi adalah ketika kita hidup dan mengarungi kehidupan ini tanpa kita sadari kita sedang berpolitik karena hidup ini penuh dengan politik dan kita ada di dalam lingkarannya, jika demikian masih tabukah jika pecinta alam apalagi dengan isi otak orang-orangnya yang progresif dihadapkan atau bersikap terhadap permasalahan-permasalahan politik ??? Kita harus segera menghilangkan persepsi yang salah selama ini dan mitos yang terbangun di tengah masyarakat dengan membangun sebuah wacana yang baru karena kita adalah penentu masa depan bangsa ini.
Salam lestari untuk seluruh penghuni bumi ini !!!
Pecinta alam bersatu tak bisa dikalahkan !!!

-.Mahesa.-

29 komentar:

Kata Mutiara Sahabat Bahasa Inggris 4 November 2012 pukul 16.54  

Hai suara petualang, wah terimakasin atas artikelnya Tabu-kah Jika Pecinta Alam Berpolitik ???. Saya senang sekali membaca artikel blo suara petualang tentang Tabu-kah Jika Pecinta Alam Berpolitik ??? ini. Saya berharap semoga tulisan suara petualang tentang Tabu-kah Jika Pecinta Alam Berpolitik ??? bisa bermanfaat bagi sahabt blogger lainnya.

toko bunga cilacap 29 Maret 2013 pukul 11.13  

Salut buat sang pecinta alam ....., lihat orang jangan cuma dari luarannya saja

ami 27 Agustus 2013 pukul 10.52  

Informasinya sangat bermanfaat sekali gan..
Banyak pelajaran yang saya daptkan.. semoga sukses

cep _choky 27 Agustus 2013 pukul 11.03  

Infonya mantap keren...
Banyak pengetahuan yang saya dapatkan setelah saya berkunjung ke blog ini...
Makasih infonya... Sukses deh...

desi 27 Agustus 2013 pukul 11.18  

Luar biasa sekali gan infonya mantap abis...
Banyak ilmu pengethaun yang saya dapatkan...
Makasih infonya semoga sukses...

true woman indonesia 7 September 2013 pukul 10.59  

gak tabu sih menurut ku , mungkin kesadaran dari masing individu aja yang kurang ... :)

Obat Herbal Abses Payudara 13 September 2013 pukul 11.23  

Informasinya sangat bermanfaat sekali....
Terimakasih banyak atas informasinya...
Semoga semakin sukses...

alami 17 Oktober 2013 pukul 16.01  

terimakasih banyak atas info nya..
sangat luar biasa sekali..
semoga semakin sukses..
saya suka berkunjung ke blog ini
semakin banyak pengetahuan yang saya daptkan...

pengobatan terbaik 19 November 2013 pukul 14.03  

Luar biasa sekali info nya sangat bermanfaat
semoga sukses

obat lepra 27 November 2013 pukul 15.52  

info yang saca baca ternyata sangat menarik
dan bermanfaat
semoga sukses

obat terbaik sumilangeun 29 November 2013 pukul 08.27  

Terimakasih banyak atas informasi nya sangat bermanfaat semoga sukses

benjolan di ketiak 29 November 2013 pukul 13.24  

setelah saya menyimak dari awal hingga akhir, banyak sekali ilmu yang saya terima dari artikel yang anda tulia, semoga tambah bermanfaat ya lam kenal dan sukses selalu

kanker kolon 30 November 2013 pukul 11.00  

menakjubkan sekali gan, hemzz pengen aku juga ngerasain berpetualang pasti seruu :)

tina 2 Desember 2013 pukul 16.22  

. terima kasih banyak atas imformasinya ini sangat bermanfaat khususnya untuk saya pribadi, sukses ya gan..

fatimah 3 Desember 2013 pukul 13.54  

terimakasih banyak atas info nya
luar biasa ternyata sangat bermanfaat
dan juga sangatmenarik sekali...
semoga sukses

obat benjolan di pundak 9 Desember 2013 pukul 16.26  

artikel yang anda tulis di blog ini, sungguh sangat memotivasi diri saya untuk trus berkarya, terima kasih semoga kebaikan anda mendapatkan balasa yang lebih baik.

obat 11 Desember 2013 pukul 07.52  

terimakasih banyak tas informasi nya sangat mankjubkan sekali
informasi nya sangat bermanfaat..
semoga sukses
saya tunggu informasi selanjutnya..

tasya 11 Desember 2013 pukul 15.03  

wah infonya kerennnnn sob suksek selalu ea,,,

obat herbal sifilis 11 Desember 2013 pukul 15.54  

terimakasih banyak atas info nya sangat bermanfaat
semoga sukses

rio 12 Desember 2013 pukul 09.17  


Mantappppp infonya gan thankas ea :D

cika 12 Desember 2013 pukul 09.20  


sukses terus bang di tunggu artikel selanjutnya

varida 18 Desember 2013 pukul 09.23  

trimakasi atas infonya semoga dapat bermanfaat gan

obat penyempitan pembuluh darah 20 Desember 2013 pukul 13.13  

nice infonya.... sukses terus ea ditunggu artikel selanjutnya!!!

US News 5 Agustus 2014 pukul 19.01  

I got what you designate, thanks for putting up. Woh I am gladsome to hit this website through google. Thanks For Share DUBSTEP GUNS 007 Video Recording Games | 007MRLUKIAN.

Sewa AC Jakarta 10 September 2019 pukul 15.23  

Saya yang suka mendaki gunung dan travel sepertinya tidak cocok dengan partai politik apalagi berpolitik, Sebaiknya saya menjauh saja tapi tetap mengamati..

Posting Komentar

free counters

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Indonesian Blogger Suara Petualang Adventure Blogs - Blog Catalog Blog Directory Free Automatic Backlink kostenlose backlinks