English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Selasa, 26 Mei 2009

Sekilas Tentang Navigasi Darat

Pengetahuan umum tentang kegiatan petualangan merupakan hal yang mutlak dimiliki oleh para penggemar kegiatan alam bebas. Salah satunya adalah pengetahuan dalam membaca peta dan kompas, atau yang lebih dikenal dengan ilmu navigasi darat. Dalam blog ini saya akan sedikit membagi pengetahuan dasar seputar navigasi darat secara umum untuk para petualang dan penggiat alam bebas (petualangan).

Navigasi darat adalah ilmu yang dapat dikatakan ilmu praktis. Karena kemampuan bernavigasi seseorang dapat terasah keterampilannya jika sering berlatih. Peta adalah gambaran konvensional dari permukaan bumi yang diperkecil seperti kenampakan yang sebenarnya dengan skala tertentu, dan digambar diatas bidang datar melalui system proyeksi, serta ditambah tulisan – tulisan sebagai pengenal. Sebuah peta dapat menyajikan informasi yang diungkapkan melalui bentuk simbol dan tulisan yang disebut legenda peta.

Peta sendiri ada bermacam – macam yang beberapa diantaranya antara lain : Peta Geografi, peta ini adalah peta yang menyajikan proyeksi dari deluruh permukaan fisik bumi seperti yang kita lihat pada atlas dan globe. Peta Strategi adalah peta yang memberikan hal – hal yang biasanya diperlukan dalam operasi – operasi militer. Peta Tematik adalah peta yang memberikan gambaran atau informasi yang mempumyai tema tertentu seperti pada peta tanah atau peta geologi, dan yang terakhir adalah peta Topografi yang menyajikan penyebaran, bentuk, dan ukuran bumi seperti relief, beda tinggi rendah suatu daerah, bentuk bukit dan lembah. Peta topografi inilah yang kita sering gunakan dalam berkegiatan di alam bebas.

Pertama kali menghadapi peta hal yang perlu kita perhatikan adalah garis vertikal dan horizontal karena garis ini membantu menentukan letak sebuah titik di peta ( titik koordinat ). Sementara itu beberapa unsur yang bisa dilihat di dalam peta adalah judul peta yang biasanya terdapat di atas dan menunjukkan letak peta. Nomor peta bisa dijadikan sebagai nomor registrasi dari badan atau instansi yang membuat peta atau bisa juga kita gunakan sebagai petunjuk jika kelak kita akan mencari sebuah peta.

Koordinat peta adalah kedudukan suatu titik pada peta yang secara teori koordinat merupakan titik pertemuan antara absis dan ordinat. Koordinat sendiri ditentukan dengan menggunakan system sumbu yaitu perpotongan antara garis – garis yang tegak lurus antara satu sama lain. Sistem koordinat yang resmi dipakai ada dua macam yaitu koordinat geografis ( Geographical coordinate ) dan koordinat Grid ( Grid Coordinate atau UTM ).

Dalam koordinat geografis sumbu yang digunakan adalah garis bujur ( bujur barat dan bujur timur ) yang tegak lurus dengan garis khatulistiwa dan garis lintang ( garis lintang utara dan lintang selatan ) yang sejajar dengan garis khatulistiwa. Koordinat geografis dinyatakan dalam satuan derajat, menit dan detik. Pada instansi seperti Bakosurtanal biasanya menggunakan koordinat geografis sebagai koordinat utama. Pada peta geografis ini satu kotak ( atau sering disebut satu karvak ) lebarnya adalah 3,7 Cm. Jika pada skala 1 : 25.000, satu karvak akan sama dengan 30 detik ( 30“ ), dan pada peta skala 1 : 50.000, satu karvak sama dengan 1 menit ( 60“ ).

Sedangkan dalam koordinat Grid, kedudukan suatu titik dinyatakan dalam ukuran jarak seiap titik yang kita jadikan sebagai acuan. Untuk wilayah Indonesia titik acuan berada di sebelah barata Jakarta ( 60º LU dan 980º BT yang biasa disebut Batavia datum ). Garis vertical diberi nomor urut dari selatan ke utara, sedangkan horizontal dari barat ke timur atau untuk lebih mudah mngingatnya kita bisa menggunakan KIKA BATA ( kiri kanan, bawah atas ). Sistem koordinat sendiri mengenal penomoran 4 angka, 6 angka dan 8 angka. Pada peta AMS, biasanya menggunakan koordinat Grid. Satu karvak sebanding dengan 2 Cm. Karena itu untuk penentuan koordinat Grid 4 angka, dapat langsung ditentukan. Penentuan koordinat Grid 6 angka, satu karvak dibagi terlebih dahulu menjadi 10 bagian ( per 2 mm ). Sedangkan penentuan koordinat Grid 8 angka satu karvak akan dibagi menjadi sepuluh bagian ( per 1 mm ).

Kompas adalah alat penunjuk arah yang karena sifat magnetnya jarumnya akan selalu menunjuk arah utara selatan namun utara yang ditunjuk bukan utara yang sebenarnya melainkan utara magnetis. Secara fisik kompas terdiri dari Badan kompas yaitu tempat dimana komponen lainnya berada. Jarum, jarum akan selalu menunjuk arah utara selatan dengan catatan kompas tersebut tidak berada dekat dengan magnet lain atau tidak dipengaruhi medan magnet, dan pergerakan jarum tidak terganggu ( kompas dalam posisi horizontal ). Skala penunjuk, merupakan pembagian derajat system mata angin.
Jenis kompas yang biasa digunakan dalam navigasi darat ada dua macam yakni kompas bidik ( misalnya kompas prisma ) dan kompas orienteering ( misalnya kompas silva, sunto dll ). Untuk membidik suatu titik, kompas bidik jika digunakan secara benar akan lebih akurat dari pada kompas silva. Namun, untuk pergerakan dan kemudahan ploting peta, kompas orienteering akan lebih handal dan efisien. Dalam memilih kompas sendiri kita harus brpikir berdasarkan penggunaannya. Namun secara umum, kompas yang baik adalah kompas yang jarumya dapat menunjukkan arah utara secara konsisten dan tidak bergoyang – goyang dalam waktu lama. Bahan dari badan kompas pun perlu diperhatikan karena bahan dari badan kompas harus kuat / tahan banting mengingat kompas merupakan salah satu unsur vital dalam navigasi darat.

-dari berbagai sumber-
Segala informasi menjadi wajib kita ketahui
Semoga Bermanfaat

43 komentar:

oceanoffish.blogspot.com 1 November 2011 pukul 11.05  

lebih rumit lagi navigasilaut bro. agak ribet...soalnya toolsnya agak banyak. tapi secara prinsip sama saja.

jual karpet 5 Januari 2012 pukul 14.17  

seperti itu yah rutenya ? :)

Cara Membuat Nasi Goreng Dadar Gulung Kukus 4 November 2012 pukul 16.48  

Hai suara petualang, wah terimakasin atas artikelnya Sekilas Tentang Navigasi Darat. Saya senang sekali membaca artikel blo suara petualang tentang Sekilas Tentang Navigasi Darat ini. Saya berharap semoga tulisan suara petualang tentang Sekilas Tentang Navigasi Darat bisa bermanfaat bagi sahabt blogger lainnya.

toko bunga online 25 Februari 2013 pukul 22.39  

Navigasi sangat diperlukan dalam berpetualang

adit 2 Agustus 2013 pukul 10.56  

informasi yang sangat menarik sukses terus gan..

ami 27 Agustus 2013 pukul 10.47  

Informasinya sangat bermanfaat sekali gan..
Banyak pelajaran yang saya daptkan.. semoga sukses

cep _choky 27 Agustus 2013 pukul 11.12  

Infonya mantap keren...
Banyak pengetahuan yang saya dapatkan setelah saya berkunjung ke blog ini...
Makasih infonya... Sukses deh...

desi 27 Agustus 2013 pukul 11.16  

Luar biasa sekali gan infonya mantap abis...
Banyak ilmu pengethaun yang saya dapatkan...
Makasih infonya semoga sukses...

true woman indonesia 7 September 2013 pukul 10.46  

makasii banget infonya , bermanfaat nih , soalnya kadang juga saya agak bingung tentang navigasi ato bisa dibilang buta arah , hehe

Obat Herbal Abses Payudara 13 September 2013 pukul 11.08  

Informasinya sangat bermanfaat sekali....
Terimakasih banyak atas informasinya...
Semoga semakin sukses...

faujiah 8 Oktober 2013 pukul 09.39  


Informasi yang unik dan inopatif gan :)

obat kulit belang ampuh 17 Oktober 2013 pukul 15.14  

terimakasih banyak atas info nya..
sangat luar biasa sekali..
semoga semakin sukses..
saya suka berkunjung ke blog ini
semakin banyak pengetahuan yang saya daptkan...

obat benjolan di belakang telinga 18 November 2013 pukul 08.01  

terimakasih banyak atas info nya sangat bermanfaat sekali
semoga semakin sukses nya

pengobatan terbaik 19 November 2013 pukul 14.02  

Luar biasa sekali info nya sangat bermanfaat
semoga sukses

obat lepra 27 November 2013 pukul 15.50  

info yang saca baca ternyata sangat menarik
dan bermanfaat
semoga sukses

kanker kolon 29 November 2013 pukul 13.21  

terima kasih banyak atas imformasinya ini sangat bermanfaat khususnya untuk saya pribadi, sukses ya gan

obat benjolan di ketiak 29 November 2013 pukul 13.22  

artikel yang sangat menarik dan tentunya sangat membantu saya dalam belajar, makasih banyak ya lam sukses selalu

tina 2 Desember 2013 pukul 16.20  

. terima kasih banyak atas imformasinya ini sangat bermanfaat khususnya untuk saya pribadi, sukses ya gan..

fatimah 3 Desember 2013 pukul 13.52  

terimakasih banyak atas info nya
luar biasa ternyata sangat bermanfaat
dan juga sangatmenarik sekali...
semoga sukses

pengobatan benjolan di zakar 9 Desember 2013 pukul 16.23  

Informasinya sangat bermanfaat makasih gan,,,

obat 11 Desember 2013 pukul 07.49  

terimakasih banyak tas informasi nya sangat mankjubkan sekali
informasi nya sangat bermanfaat..
semoga sukses
saya tunggu informasi selanjutnya..

obat herbal sifilis 11 Desember 2013 pukul 15.50  

terimakasih banyak atas info nya sangat bermanfaat
semoga sukses

rio 12 Desember 2013 pukul 09.09  



Mantappppp infonya gan thankas ea :D

cika 12 Desember 2013 pukul 09.11  



sukses terus bang di tunggu artikel selanjutnya

tasya 12 Desember 2013 pukul 09.14  

wah infonya kerennnnn sob suksek selalu ea,,,

Obat benjolan di rahim 20 Desember 2013 pukul 13.11  

nice infonya.... sukses terus ea ditunggu artikel selanjutnya!!!

a link 27 Desember 2013 pukul 08.24  


ditunggu artikel selanjutnya gan

tips kesehatan 12 April 2014 pukul 11.54  

terima kasih atas partisipasinya

US News 5 Agustus 2014 pukul 12.55  

We are a group of volunteers and starting a new scheme in our community. Your website provided us with useful info to paintings on. You've done an impressive task and our whole neighborhood can be thankful to you.

flash card gratis 22 Desember 2014 pukul 13.49  

Terima kasih telah membagi berita atau informasi. sangat menambah pengetahuan sekali. sukses terus

marketing indonesia 12 Maret 2015 pukul 10.19  

dalam beberapa ilmu praktis, pengetahuan seputar ilmu navigasi darat ini dapat berguna, misalnya dalam hal antar barang untuk keperluan marketing di indonesia, yang jalur transportasi utamanya masih berupa transportasi darat.

unsgu 24 November 2015 pukul 15.36  

Terimaksih telah minimalist house 1 floor berbagi infonya,,sukses selalu specifications kawasaki ninja h2 untuk info and websitenya,,,and be the best best photos modern house to the next info,, price honda cbr1000rr sp

kripik usus 13 Juni 2016 pukul 05.53  

seperti itu yah rutenya ?

Posting Komentar

free counters

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Indonesian Blogger Suara Petualang Adventure Blogs - Blog Catalog Blog Directory Free Automatic Backlink kostenlose backlinks