English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kamis, 28 Mei 2009

DIKLAT SPELEOLOGI XIII ASC 2009

Pada usianya yang ke-25, ASC (Acintyacunyata Speleological Club) mengadakan Pendidikan & Latihan (DIKLAT) Speleologi ke-13. Kegiatan ini diadakan untuk regenerasi anggota, tetapi pada Diklat ke-13 ini ASC mengundang organisasi penggiat kegiatan alam bebas dari luar Yogyakarta, dengan misi menyebarluaskan kegiatan Speleologi di Indonesia. Speleologi adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang gua dan lingkungannya. Dalam mendalami ilmu ini seorang speleolog juga dituntut untuk bergaul langsung dengan obyek studinya, yaitu gua. Untuk itu keterampilan menelusuri gua adalah tuntutan yang tidak dapat digantikan bila seseorang ingin mendalami Speleologi. Tidak berlebihan bila dikatakan bahwa Speleologi adalah kegiatan ilmiah yang banyak melibatkan aktivitas kepetualangan, dan kegiatan penelusuran gua (Caving) adalah olahraga kepetualangan yang memiliki kaitan keilmuan sebagai nilai lebih.

Hari Minggu tanggal 12 April 2009, Pendidikan dan Latihan Speleologi ke-13 ASC dibuka oleh Mursyid Azhar selaku Ketua ASC yang ditandai dengan penyerahan secara simbolis buku materi kepada perwakilan peserta. 4 hari pertama (tanggal 12-15 April 2009) Diklat 13 ASC diisi dengan Materi Ruang. Dengan muatan 21 materi, yaitu: Introduksi Speleologi, Etika & Moral Penelusuran Gua, Bahaya Penelusuran Gua, Pengenalan & Pemeliharaan Peralatan, Teknik Penelusuran Gua Horizontal, Teknik Penelusuran Gua Vertikal, Manajemen Penelusuran Gua, Simpul, Rigging, Pemetaan Gua, Karstologi, Geomorfologi Karst, Hidrologi dan Speleogenesis, Arkeologi Dasar, Interpretasi Peta Topografi Untuk Kegiatan Speleologi, Biospeleologi, Fotografi Gua, Self Rescue, Cave Rescue Dasar, Manajamen Cave Rescue, PPGD, dan Konservasi Kawasan Karst.

Pendidikan dan Latihan Speleologi ke-13 ASC ini diikuti 31 peserta. 8 peserta dari dalam kota, 23 peserta dari luar kota, berasal dari: Semarang (Mapala Unissula, Mahapati FH-Unissula, Mapalast Stikubank, Aldakawanaseta), Bandung (PMPA Palawa Unpad, Mapeka Univ. Maranatha, KMPA Ganesha ITB), Jakarta (Universitas Trisakti), Malang (Impala Univ. Brawijaya), Denpasar (Mapala Wanaprastha Dharma Univ. Udayana), Mataram (Wanapratala FT – Unram, Mapala FKIP Unram), Ambon (Darmapala Univ. Darussalam Ambon), Maros (Maros Carso Community), Samarinda (Imapa Unmul), Lampung (Mapala Unila), Padang (Mapala Proklamator Univ. Proklamasi) dan Medan (Gasi - Uma Fak. Psikologi Univ. Medan Area).

Materi Ruang dilaksanakan di Gedung Pika, Kompleks Bumi Perkemahan Babarsari. Tidak semua materi diisi oleh teman-teman ASC, beberapa materi yang diisi oleh pemateri dari luar yaitu: Arkeologi Dasar oleh Jurusan Arkeologi UGM, Biospeleologi oleh MATALABIOGAMA, dan PPGD oleh KSR PMI Kota Yogyakarta. Alhamdulillah seluruh peserta dapat mengikuti materi ruang dengan lengkap. Antusias mereka cukup tinggi, banyak diskusi-diskusi muncul setelah materi selesai.

Pada hari ke-3 & 4 peserta mensimulasikan SRT (Single Rope Technique) di jembatan Babarsari. Macam-macam lintasan mereka coba, mulai dari polosan, intermediate, deviasi, dan sambungan. 8 lintasan disiapkan untuk latihan. Selesai dari latihan diadakan evaluasi, untuk membahas kesulitan yang dialami dan memberi solusinya.
Tanggal 15 April 2009 peserta berangkat ke lokasi Materi Lapangan, yang dilaksanakan di Kawasan Karst Menoreh, Purworejo, Jawa Tengah selama 3 hari (tanggal 16-19 April 2009). Tempat menginap di lapangan (base camp) berada di rumah Mbah Cokro yang terletak di RT 3, Dusun Katerban, Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Disana mereka belajar mengenai Interpretasi Peta Topografi Untuk Kegiatan Speleologi, Cave Rescue Dasar, Karstologi, Geomorfologi Karst, Hidrologi dan Speleogenesis, Teknik Penelusuran Gua Horizontal, Teknik Penelusuran Gua Vertikal, Fotografi Gua, & Pemetaan Gua. Materi yang dilapangan merupaksan aplikasi dari yang didapat selama materi ruang.

Pada materi Karstologi, Geomorfologi Karst & Interpretasi Peta Topografi Untuk Kegiatan Speleologi, peserta diajak jalan-jalan menelusuri kawasan karst Menoreh. Mereka disuruh mengamati morfologi karst yang membentang luas dan sedikit penjelasan dari teman-teman ASC membantu memahami mengenai hal tersebut. Setiap peserta diberi 1 lembar peta topografi untuk kepentingan intepretasi. Rangkaian kegiatan ini dinamakan kuliah lapangan.

Selesai dari kuliah lapangan, peserta dipersilakan ibadah Sholat Jum’at. Dan dilanjutkan dengan simulasi Cave Rescue Dasar. Pada simulasi ini peserta mengaplikasikan teknik hauling dan lowering. Dimulai dari mengangkat korban dengan pembagian beban 1/1, 1/3 dan 1/9 kemudian melewatkan sambungan tali ke hauling set. Seluruh peserta mencoba teknik ini satupersatu.

Hari berikutnya peserta diajak masuk gua. Mereka belajar tentang Hidrologi dan Speleogenesis, Teknik Penelusuran Gua Horizontal, Teknik Penelusuran Gua Vertikal, Fotografi Gua, & Pemetaan Gua. Dalam materi ini peserta diharuskan memasuki dua gua, yakni gua Nguwik (horizontal) dan gua Sibodag (vertikal). Di gua Nguwik peserta mencoba memetakan gua dengan grade 5b BCRA. Satu-persatu mencoba menjadi Sutter, Descriptor, dan Stasioner. Dan tentujuga belajar mengaplikaskan teknik penelusuran gua horizontal.

Di gua Sibodag (vertikal) peserta diharuskan melintasi lintasan vertikal dengan menggunakan SRT (Single Rope Technique). Sampai dalam gua, mereka mencoba fotografi gua. Hampir semua peserta sudah mencoba fotografi gua. Mereka sangat antusias dalam memotret.
Pada hari terakhir, setiap peserta diharuskan menggambar peta gua. Data survey gua Nguwik yang kemarin dipetakan, diolah secara manual menggunakan kalkulator. Setelah mendapat titik koordinat centerlinenya, mereka memplotkan ke millimeter blok, dan kemudian digambar.

Pukul 15.00 WIB acara penutupan diklat dimulai. Sambutan Akhmad Zona selaku ketua panitia DIKLAT 13 ASC mengawali acara penutupan, dilanjutkan sambutan ketua ASC, mbah Cokro (tuan rumah), dan pesan dan kesan dari seluruh peserta-panitia. Penyerahan sertifikat oleh Ketua ASC secara simbolis kepada perwakilan peserta mengakhiri acara penutupan DIKLAT 13 ASC.

Sesampai di Yogyakarta, khusus bagi peserta dari luar kota ada tambahan materi selama 3 hari, yakni: pengolahaan peta gua menggunakan software & self rescue. Hari pertama mereka belajar mengolah peta menggunakan software survex dan corel draw. Dua hari berikutnya mereka belajar teknik self rescue, beberapa teknik yang dipelajari: Italyan Pulley, Z-rig, Yossemite, dan Counter Balance.
Latihan diadakan di Jembatan Babarsari.

SPELEOLOGI, MORE THAN CAVING

oleh :
Akhmad Zona Adiardi
(pers rellease untuk Bulletin KAONAK Edisi-54, Media Informasi Independen GAPADRI Mapala STTNas Yogyakarta)

88 komentar:

affa 28 Mei 2009 pukul 10.38  

wow ternyata ada y
keren.. dl sih cuma ikut ikutan mainan di alam
tp mang rumahku di desa jd akrab ma alam liar
tp bedanya tempatku tandus.

but GL dengan eventnya heheeheh keren deh tak

Anonim,  28 Mei 2009 pukul 12.59  

wew... klu ada si Pekanbaru.. aku ngebet pengen ikut ni bro.... niceblog bro...
Ayo semangat ngeBlog..... Salam Lestari

Suara Petualang 28 Mei 2009 pukul 14.45  

@ affa : wow, kayaknya desa kamu keren tuh...:)

@SungaiKuantan : ntar kalo ada lagi aku masukkin deh infonya ke Blog.

jual karpet 5 Januari 2012 pukul 14.18  

nice mas bro kapan kapan ke bromo dong ^^

Habbatussauda Cap Kurma Ajwa 5 Oktober 2012 pukul 11.09  

Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

Khasiat Jintan Hitam Habbatussauda 5 Oktober 2012 pukul 11.11  

Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

Kandungan Habbatussauda Dari Biji Jintan Hitam 5 Oktober 2012 pukul 11.13  

Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

Habbatussauda Cap Kurma Ajwa 5 Oktober 2012 pukul 11.15  

aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

Jintan Hitam 5 Oktober 2012 pukul 11.17  

Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

Efek Samping Jintan Hitam 5 Oktober 2012 pukul 11.19  

Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

Manfaat Jintan Hitam 5 Oktober 2012 pukul 11.21  

Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

Jintan Hitam 5 Oktober 2012 pukul 11.23  

saya akan mencoba tipsnya yang sangat bermanfaat sekali

Jinten Hitam 5 Oktober 2012 pukul 11.27  

Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

Manfaat Jinten Hitam 5 Oktober 2012 pukul 11.30  

Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

Obat Jinten Hitam 5 Oktober 2012 pukul 11.34  

Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

Khasiat Habbatussauda 5 Oktober 2012 pukul 11.38  

Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

Pemanfaatan Habbatussauda 5 Oktober 2012 pukul 11.44  

Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

Kandungan Dan Manfaat Habbatussauda 5 Oktober 2012 pukul 11.46  

Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu

Khasiat Habbatussauda 5 Oktober 2012 pukul 11.48  

Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

Kegunaan Habbatussauda 5 Oktober 2012 pukul 11.52  

Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

Madu Habbatussauda 5 Oktober 2012 pukul 11.53  

setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

Daun Dewa 5 Oktober 2012 pukul 11.55  

Saat membaca Artikel dan Tipsnya yang benar benar menarik. Jadi ingin mencoba. Salam sukses selalu

Manfaat Daun Dewa 5 Oktober 2012 pukul 11.58  

cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

Kandungan Kimia Daun Dewa 5 Oktober 2012 pukul 12.01  

Wibesite yang menarik di dalamnya banyak Artikel dan Tips yang mengandung Ilmu Pengetahuan, Harus dicoba.Terimakasih

Herbal Daun Dewa 5 Oktober 2012 pukul 12.07  

Saya senang membaca Info dan Artikel yang di buat di Wibesite ini. Patut dicoba. Salam Sukses selalu.

Ramuan Herbal Daun Sendok 5 Oktober 2012 pukul 12.12  

terimakasih tips yang sangat amazingnya, pasti saya akan coba tipsnya

Manfaat Daun Sendok 5 Oktober 2012 pukul 12.14  

Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

Seputar Daun Sendok 5 Oktober 2012 pukul 12.16  

Postingan yang sangat Hebat, Tips boleh dicoba.salam sukses

Kapsul Mahkota Dewa 5 Oktober 2012 pukul 12.18  

Artikel yang bermanfaat dan berguna, wajib di coba. sukses selalu

Ragam Manfaat Mahkota Dewa 5 Oktober 2012 pukul 12.25  

Ilmu yang sangat Hebat, boleh dicoba Artikel dan Tipsnya. Semoga berhasil

Mahkota Dewa Obat Anti Kanker 5 Oktober 2012 pukul 12.28  

Baru kali ini saya membaca Artikel yang sangat membangun. Boleh dicoba

Pegagan 5 Oktober 2012 pukul 12.30  

wah bagus sekali infonya pasti saya akan coba sekarang juga, sukses yah

Manfaat Daun Pegagan 5 Oktober 2012 pukul 12.32  

Tipsnya boleh dicoba, Artikelnya sangat bermanfaat.

Pegagan Tumbuhan Nutrisi Bagi Otak Manusia 5 Oktober 2012 pukul 12.35  

Terimaksih untuk info yang sangat efektif, boleh dicoba.

Macam – Macam Penyakit Dengan Pegagan 5 Oktober 2012 pukul 12.37  

Terimaksih untuk Info yang sangat Amazing, boleh dicoba.

Purwoceng 5 Oktober 2012 pukul 12.39  

saran yang sangat bermutu dan amazingp, boleh di coba tipsnya. Salam sejahtera

Testimoni Purwoceng 5 Oktober 2012 pukul 12.41  

Sebanyak saya membaca Artikel,baru kali ini saya menemukan Artikel yang Amazing. boleh di coba. Terimaksih

Manfaat Purwoceng 5 Oktober 2012 pukul 12.43  

Saran yang bagus. Mungkin sebagian dari kita juga sudah mempraktekkannya. Makasih infonya

Cara Membuat Nasi Goreng Jawa 4 November 2012 pukul 16.50  

Hai suara petualang, wah terimakasin atas artikelnya DIKLAT SPELEOLOGI XIII ASC 2009. Saya senang sekali membaca artikel blo suara petualang tentang DIKLAT SPELEOLOGI XIII ASC 2009 ini. Saya berharap semoga tulisan suara petualang tentang DIKLAT SPELEOLOGI XIII ASC 2009 bisa bermanfaat bagi sahabt blogger lainnya.

toko bunga banjarnegara 13 November 2012 pukul 23.27  

Terimakasih artikelnya ........main dong ke Desa Aku masih alami nih

grosir sepatu futsal 26 Juli 2013 pukul 21.38  

memang petualang sejati mas. mantab.

adit 2 Agustus 2013 pukul 10.47  


informasi yang sangat menarik sukses terus gan..

ami 27 Agustus 2013 pukul 10.47  

Informasinya sangat bermanfaat sekali gan..
Banyak pelajaran yang saya daptkan.. semoga sukses

cep _choky 27 Agustus 2013 pukul 11.12  

Infonya mantap keren...
Banyak pengetahuan yang saya dapatkan setelah saya berkunjung ke blog ini...
Makasih infonya... Sukses deh...

desi 27 Agustus 2013 pukul 11.16  

Luar biasa sekali gan infonya mantap abis...
Banyak ilmu pengethaun yang saya dapatkan...
Makasih infonya semoga sukses...

Obat Herbal Abses Payudara 13 September 2013 pukul 11.08  

Informasinya sangat bermanfaat sekali....
Terimakasih banyak atas informasinya...
Semoga semakin sukses...

faujiah 8 Oktober 2013 pukul 09.39  


Informasi yang unik dan inopatif gan :)

obat kulit belang ampuh 17 Oktober 2013 pukul 15.14  

terimakasih banyak atas info nya..
sangat luar biasa sekali..
semoga semakin sukses..
saya suka berkunjung ke blog ini
semakin banyak pengetahuan yang saya daptkan...

terbaik1 2 November 2013 pukul 14.18  

Terimakasih banyak atas info nya
sangat bermanfaat sekali
kini pengetahuan saya semakin bertambah
semnoga semakin sukses nya

herbal1 2 November 2013 pukul 14.30  

informasi yang sangat luar biasa sekali menakjubkan
banyak pengetahuan yang saya dapat
teimakasih salam sukses

gina 18 November 2013 pukul 07.59  

terimakasih banyak atas info nya sangat bermanfaat sekali
semoga semakin sukses nya

obat benjolan 29 November 2013 pukul 08.16  

Terimakasih banyak atas informasi nya sangat bermanfaat semoga sukses

ketiak bengkak 29 November 2013 pukul 13.18  

terima kasih banyak atas imformasinya ini sangat bermanfaat khususnya untuk saya pribadi, sukses ya gan

rianti 30 November 2013 pukul 10.45  

. kebaikan yang anda berikan melalui blod ini semoga menjadi amal soleh,,,amin salam kenal dan sukses selalu

melisa 30 November 2013 pukul 10.46  

artikel yang anda tulis di blog ini, sungguh sangat memotivasi diri saya untuk trus berkarya, terima kasih semoga kebaikan anda mendapatkan balasa yang lebih baik

tasya 30 November 2013 pukul 10.47  

setelah saya menyimak dari awal hingga akhir, banyak sekali ilmu yang saya terima dari artikel yang anda tulia, semoga tambah bermanfaat ya lam kenal dan sukses selalu

moza 30 November 2013 pukul 10.52  

artikel yang sangat menarik dan tentunya sangat membantu saya dalam belajar, makasih banyak ya lam sukses selalu

alex 2 Desember 2013 pukul 16.18  

Thanks infonya sangat bermanfaat sekali buat saya, di tunggu ea artikel selanjutnya :D

fatimah 3 Desember 2013 pukul 13.17  

terimakasih banyak atas info nya
luar biasa ternyata sangat bermanfaat
dan juga sangatmenarik sekali...
semoga sukses

obat benjolan di pundak 9 Desember 2013 pukul 16.20  

artikel yang anda tulis di blog ini, sungguh sangat memotivasi diri saya untuk trus berkarya, terima kasih semoga kebaikan anda mendapatkan balasa yang lebih baik.

obat 11 Desember 2013 pukul 07.49  

terimakasih banyak tas informasi nya sangat mankjubkan sekali
informasi nya sangat bermanfaat..
semoga sukses
saya tunggu informasi selanjutnya..

obat herbal sifilis 11 Desember 2013 pukul 15.49  

terimakasih banyak atas info nya sangat bermanfaat
semoga sukses

rio 12 Desember 2013 pukul 09.09  



Mantappppp infonya gan thankas ea :D

cika 12 Desember 2013 pukul 09.11  



sukses terus bang di tunggu artikel selanjutnya

tasya 12 Desember 2013 pukul 09.14  

wah infonya kerennnnn sob suksek selalu ea,,,

Obat benjolan di rahim 18 Desember 2013 pukul 09.20  

informasi yang sangat menambah wawasan saya makasih ga,.

panduan seo 16 Maret 2014 pukul 15.06  

asc ternyata ada diklat juga toh..

US News 5 Agustus 2014 pukul 13.03  

I got what you will, thanks for swing up. Woh I am gladsome to reason this website finished google. Thanks For Share DUBSTEP GUNS | 007 Video Recording Games | 007MRLUKIAN.

Posting Komentar

free counters

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Indonesian Blogger Suara Petualang Adventure Blogs - Blog Catalog Blog Directory Free Automatic Backlink kostenlose backlinks