English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Minggu, 24 Mei 2009

Pra Pelaksanaan Ekspedisi

Pendahuluan tentang ekspedisi
1. Informasi
Pada pencarian informasi ini ialah informasi lengkap tentang lokasi yang akan di jadikan tempat dilakukannnya ekspedisi. Pencarian informasi diantaranya melalui studi literatur terhadap buku-buku petualangan ataupun laporan-laporan penelitian suatu daerah yang mungkin berpotensi untuk di jadikan obyek ekspedisi. Pencarian informasi dan wawancara kepada organisasi-organisasi pecinta alam baik di daerah sendiri maupun organisasi pecinta alam di sekitar lokasi kegiatan dan sebagainya. Dalam pencarian informasi ke Instansi pemerintah ini mungkin mempunyai nilai jual terhadap hasil Ekspedisi kita berupa laporan penelitian. (kalau bertujuan untuk pengembangan daerah dan melakukan penelitian) atau bila di mungkinkan lokasi kegiatan merupakan zona larangan bagi masyarakat umum. Dalam hal ini, pencarian tidak terbatas pada data lokasi, tetapi perlu juga informasi tentang karakteristik masyarakat meliputi sosial dan budaya.Informasi yang perlu disini ialah :
a. Basecamp terdekat
b. Konsumsi
c. Komunikasi
d. Transportasi
e. Dan informasi perkiraan biaya yang akan dikeluarkan
f. Informasi tentang pusat-pusat kesehatan seperti puskesmas, rumah sakit yang terdekat.

2. Pembentukan kepanitiaan
Sudah sewajarnya bahwa suatu kegiatan besar pasti akan memerlukan sumberdaya yang besar pula, begitu juga halnya dengan suatu kegiatan ekspedisi praktis akan membutuhkan sumber daya manusia sebgai elemen-elemen pendukung dalam kegiatan ini yang tergabung dalam sutu kepanitiaan. Berhasil atau tidaknya suatu ekspedisi termasuk juga pengaruh dari suatu kepanitiaan. Maka dari itu dalam hal rekruitmen orang-orang yang akan di dudukkan dalam kepanitiaan haruslah sadar dan mengerti benar akan tugas dan kewajibannya serta mengerti apa tujuan di adakannya ekspedisi itu. Banyak kegiatan yang tidak mencapai target yang diharapkan akibat kepanitiaan yang tidak berjalan dengan semestinya, dan untuk kelancaran kepaniataan tersebut sebaiknyalah ketua penitia melalui pendekatan-pendekatan pribadi terlebih dahulu kepada orang yang akan mengemban tugas yang akan diberikan dan dalam hal ini juga ketua panitia harus mempunyai kemampuan dalam mempengaruhi anggotanya.

3. Pembuatan proposal
Proposal adalah rencana kegiatan yang menggambarkan proses dan tahapan suatu kegiatan dalam bentuk perencanaan yang menyeluruh. Perencanaan disini menggambarkan apa bentuk kegiatan, nama kegiatan, kapan kegiatan berlangsung, dan siapa yang mengadakan kegiatan. Jadi secara konkrit bahwa proposal adalah rencana kerja yang disusun secara sistematik dan terinci untuk suatu kegiatan yang bersifat format.
Dalam hal ini proposal terbagi tiga, yaitu :
a. Proyek Proposal.
Adalah yang menggambarkan rangkaian kegiatan secara menyeluruh, artinya proposal ini meyakinkan pembaca akan kegiatan yang akan dilakukan, yang berkegunaan untuk kepentingan administrasi, perizinan, publikasi, perencanaan dan sebagainya yang bersifat administratif.
b. Proposal kontraprestasi sponsor
Proposal yang menggambarkan kepada perusahaan sponsor kegiatan yang akan dilakukan sehingga perusahaan sponsor yakin akan kegiatan kita. Dimana perusahaan sponsor tersebut mendapatkan kontraprestasi atau imbal balik dari kegiatan yang akan dilaksanakan. Sebagai contoh dalam ekspedisi penelusuran gua, nama atau produk perusahaan yang menjadi sponsor akan menjadi label atau logo pada baju atlit, topi atau spanduk rentang.
c. Proposal penelitian
Proposal penelitian ini ditujukan ke Instansi Pemerintah seperti KSDA dan Instansi yang mungkin berterkaitan dengan kegiatan yang akan dilakukan, seperti Dinas pertambangan dan Energi yang mempunyai nilai jual terhadap hasil ekspedisi. Seperti proposal penelitian kualitas air yang nantinya hasil dari penelitian tersebut mungkin mendapat respon dari Dinas pertambangan dan Energi yang pada akhirnya nanti kalau memang debit air yang terdapat pada aliran sungai bawah tanah mencukupi standart untuk di jadikan pembangkit tenaga listrik, maka akan sangat berguna bagi masyarakat sekitar, karena susahnya mendapatkan air di kawasan karst. Sebaiknya pula sebelum menawarkan sutu proposal kepada satu perusahaan atau instansi yang akan dimasukkan proposal harus melalui pendekatan-pendekatan terlebih dahulu kepada pihak perusahaan atau instansi.

4. Presentasi awal
Tentunya setiap orang atau organisasi tidak menginginkan pekerjaan yang tanpa hasil, maka dari itu sebelum melangkah lebih jauh sebaiknya dilakukan terlebih dahulu pemberitahuan kelayakan kegiatan yang akan dilakukan dalam bentuk presentasi awal kepada anggota dan kepada pihak-pihak yang berpotensi menjadi sponsor penyandang dana ekspedisi.

5. Publikasi
Dalam pendaan ekspedisi publikasi ekspedisi sangatlah penting dilakukan sebagai sarana untuk menyebarluaskan/menginformasikan kegiatan yang akan, sedang, dan telah kita lakkan dan memberikan informasi kepada mereka yang terlibat atau mendukung ekspedisi terbut, ini akan membawa dampak yang sangat baik terhadap nilai ekspedisi juga bisa menaikkan negosiasi kepada pihak sponsor. Sementara dilihat dari sasarannya, publikasi dapat dikelompokkan dalam dua bagian :
a. Intern/ Kelompok dalam
Pada kelompok ini termasuk didalamnya adalah organisasi yang bersangkutan, Universitas/Sekolah/ Lembaga yang menaunginya, keluarga peserta ekspedisi.
b. Ekstern/ Kelompok luar
Sementara pada elompok ini terdapat masyarakat/ Organisasi lain yang berhubungan/ Sejenis/ Berterkaitan. Misalnya Sponsor, Kelompok pecinta alam lain, Lembaga Swadaya Masyarakat lain, dsb.
Sedangkan untuk sarana publikasi yang dapat digunakan, saat ini sudah banyak dan beragam, dimana sarana informsi massa berkembang dengan pesatnya. Seperti Majalah, Surat kabar, Stasiun Televisi, Media Internet dan lain-lain. Dan sarana publikasi lain seperti Spanduk, Poster, Baliho, umbul-umbul, serta yang sangat sering dilakukan ialah presentasi atau laporan person to person.

6. Pembuatan rencana kegiatan
Ada orang bilang bahwa 50 % keberhasilan suatu kegiatan ditentukan oleh pekerjaan diatas meja/ paper work. Memang pasti membosankan, tapi sebaiknya dikerjakan, melihat besarnya kemungkinan keberhasilan yang bisa didapat dari kegiatan tersebut.
Dalam pembuatan ROP kita harus mengetahui Jenis kegiatan apa yang akan dilakukan. Semua kegiatan alam terbuka yang kita lakukan haruslah terfokus, artinya kita mengetahui apa yang akan kita lakukan. Selain itu lokasi yang dituju haruslah kita kenali dahulu, meskipun itu hanya berdasarkan informasi. Manfaatkan semua akses dan fasilitas informasi semaksimal mungkin. bisa diumpamakan sebelum kita kesana kita sudah merasa disana.
Dalam menuju suatu kegiatan sangat perlu pengadaan target –target kapan selesainya perencanaan, kapan pelaksanaan. Dalam hal ini pembuatan rencana operasi perjalanan atau renca kegiatan sangat perlu di adakan dalam bentuk time schedule, dan skenario-skenario operasi.
Dalam penyusunan rop kita tidak hanya terpaku pada informasi informasi yang didapatkan di sekitar daerah kita, alangkah baikanya penyusunan rop berdasarkan hasil dari team survey, agar sesuai dengan konsisi real nya di lapangan.

7. Pengurusan perijinan
Setelah ditentukannya tempat berkegiatan, maka untuk melegalkan suatu kegiatan yang kita lakukan perlulah kiranya mengurus suatu perijinan ke Instansi yang berwenang di daerah tempat berkegiatan atau pihak-pihak kepolisian setempat.

8. Pencarian dana
Usaha dana adalah suatu kegiatan yang mengolah, mengkoordinir, mengkontribusikan dan mengusahakan serta bertanggung jawab dalam pengadaan dana yang diperlukan dalam anggaran serta waktu yang ditentukan oleh target kepanitiaan demi terlaksananya kegiatan.
Pengetahuan tentang usaha dana memang jarang dipelajari dalam suatu Organisasi pecinta alam, namun itu terbentuk dengan sendirinya dimana kita diharuskan untuk mencari dana dalam suatu kegiatan besar atsupun kecil.Dalam melakukan suatu kegiatan pendanaan/ Usaha dana kita harus mengetahui beberapa macam bentuk usaha dana yang cukup berpeluang besar untuk saat itu dan perlu kreatifitas untuk panitia itu sendiri. Usaha dana ini dapat di klasifikasikan menjadi dua yaitu penggalian dana ke pihak internal, misalnya pengadaan bazar, pameran, penjualan parsel dan even-even tertentu dan sebagainya.Sdangkan penggalian dana eksternal seperti sponsor, donatur, pihak-pihak terkait.

8. Komunikasi dan transportasi
a. Komunikasi
Dalam pengelolaan suatu ekspedisi yang tak kalah pentingnya ialah pengaturan jaringan informasi lapangan, seperti menjalin hubungan dengan Instansi seperti RAPI,ORARI dan organisasi organisasi pencinta alam yang berada pada sekitar lokasi, nantinya ini akan mempermudah dalam sistem penanganan alur komunikasi lapangan sehingga didapatnya informasi lapangan yang valid, aktual, aman cepat dan murah. Dan dalam ekspedisi penelusuran gua ini perlu ada kesepakatan tentang komunikasi yang akan di pakai di lapangan pada saat pemanjatan, sebagai contoh akan menggunakan kode-kode tertentu seperti menggoyangkan tali apabila atlit membutuhkan bantuan.
b.Transportasi
Komunikasi dan transportasi erat kaitannya, karena sama-sama berfungsi sebagai penghubung. dan transportasi ini juga bisa sebagai media untuk komunikasi, tetapi dalam rencana pengaturan fungsi di lapangan, nantinya lebih pada arus pengangkutan personil dan logistik. Jadi dalam pengaturan transportasi harus se-efisien dan efektif mungkin mulai dari pemberangkatan atlit, pada saat di lapangan sampai dengan selesainya kegiatan.

10. Survey
Seperti kegiatan alam bebas yang lain, kegiatan panajt tebing juga merupakan kegiatan yang beresiko tinggi dimana kesalahan kecilpun yang kita buat bukan tidak mungkin nyawa akan menjadi taruhannya. Dimana segala keterampilan yang sudah dipersiapkan secara matangpun akan berantakan dan dalam sekejap mata kegiatan yang menyenangkan ini bisa berubah menjadi malapetaka. Makna dari kegiatan alam bebas ialah usaha untuk mensiasati kekuatan alam (bukan menaklukkan) menjadikannya sebagai kegiatan yang menyenangkan, namun sekali lagi ternyata alam memiliki kekuatan yang dahsyat yang bisa berubah seketika tanpa disadari oleh para penelusur ini sehingga melampaui batas kemampuan yang dimiliki.
Karena adanya ketidakpastian di alam yang selalu berubah-ubah, satu cara yang baik dan sangat di anjurkan ialah dengan mengadakan survey ke lokasi, Dalam survey ini akan berterkaitan nantinya dengan :
- Basecamp
- Konsumsi
- Komunikasi
- Transportasi
- Dan jalur Emergency apabila terjadi kecelakaan di lapangan
- Dan hal hal penunjang kegiatan lainnya
Dalam hal survey, sebagai contoh dalam ekspedisi pemanjatan selain tim survey mensurvey hal-hal diatas,Tim survey juga harus memastikan ketinggian tebing, jarak tebing dari pemukiman penduduk, jalur yang akan digunakan yang berbentuk sketsa jalur atau meenggunakan kamera, meliputi berapakah pitchnya, karakteristik batuaannya,.cacat batuan,bentuk muka tebing, kemiringan muka tebing, yang nanti larinya ke manjemen peralatan, danjuga harus dilaihat dari segi teknis untuk pemanjatannya nanti
Hal ini dilakukan untuk nantinya mempermudah para atlit dalam memprediksi jalur yang akan di buat sebelum ke lapangan

11. Emergency plan
Banyak juga para penggiat Alam bebas yang kurang memperhatikan prosedur-prosedur darurat yang mesti dilakukan pada saat ada kecelakaan di lapangan.
Bagan rencana jalur emergency di atas menunjukkan bahwa apabila terjadi kecelakaan dilapangan atlit maupun tim pendukung harus melakukan pertolongan pertama sebelum korban dibawa ke base camp, kemudian ke base camp bila memang masih sanggup melakukan pertolongan, setelah itu di bawa ke Puskesmas, apabila penangan pada tingkat kecamatan ini tidak sanggup maka harus di bawa ke Rumah Saki Umum Daerah, dan apabila memang masih membutuhkan perwatan yang lebih intensif maka di bawa ke Rumah Sakit untuk tingkat Propinsi.

12. Tim pendukung
Sudah sewajarnyalah bahwa setiap kegiatan, satu tim yang sangat di perlukan untuk kelancaran kegiatan ialah tim pendukug. Tim pendukung ialah orang-orang yang pada opersionalnya di lapangan memegang peranan dalam hal dukungan atau tenaga yang selalu siap bila diperlukan, tim pendukung ini harus di bentuk mengingat akan sangat sulitnya bila segala keseluruhan aktifitas di lapangan selalu di kerjakan oleh atlit. Tim pendukung juga bukan sebatas dari kepanitiaan saja , tetapi penduduk sekitar lokasi juga dalam hal ini yang siap membantu pada saat di butuhkan juga merupakan bagian daari tim pendukung

-dari berbagai sumber-
semoga bermanfaat

84 komentar:

Kumpulan Pantun Konyol Lucu 4 November 2012 pukul 16.51  

Hai suara petualang, wah terimakasin atas artikelnya Pra Pelaksanaan Ekspedisi. Saya senang sekali membaca artikel blo suara petualang tentang Pra Pelaksanaan Ekspedisi ini. Saya berharap semoga tulisan suara petualang tentang Pra Pelaksanaan Ekspedisi bisa bermanfaat bagi sahabt blogger lainnya.

foredi 14 November 2012 pukul 08.31  

Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

harga foredi gel 14 November 2012 pukul 08.32  

aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

Foredi Gel 14 November 2012 pukul 08.34  

Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

penjual foredi gel 14 November 2012 pukul 08.35  

Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

amankan foredi gel 14 November 2012 pukul 08.37  

Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

foredi memperbesar 14 November 2012 pukul 08.38  

saya akan mencoba tipsnya yang sangat bermanfaat sekali

foredi gel 14 November 2012 pukul 08.40  

Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

foredi murah 14 November 2012 pukul 08.42  

Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

foredi boyke 14 November 2012 pukul 08.44  

Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

foredi ejakulasi dini 14 November 2012 pukul 08.45  

Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

jual foredi gel 14 November 2012 pukul 09.07  

Saya senang membaca Info dan Artikel yang di buat di Wibesite ini. Patut dicoba. Salam Sukses selalu.

efek negatif foredi 14 November 2012 pukul 09.08  

saya senang setelah membaca tipsnya,pasti saya akan di coba..

khasiat foredi gel 14 November 2012 pukul 09.09  

terimakasih tips yang sangat amazingnya, pasti saya akan coba tipsnya

bahan obat foredi 14 November 2012 pukul 09.11  

Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

toko jual foredi 14 November 2012 pukul 09.12  

Postingan yang sangat Hebat, Tips boleh dicoba.salam sukses

toko obat foredi 14 November 2012 pukul 09.14  

Artikel yang bermanfaat dan berguna, wajib di coba. sukses selalu

manfaat foredi gel 14 November 2012 pukul 09.15  

Ilmu yang sangat Hebat, boleh dicoba Artikel dan Tipsnya. Semoga berhasil

cara menggunakan foredi 14 November 2012 pukul 09.16  

Artikel yang benar benar sangat infomantif dan Kreatif. boleh dicoba, sukses selalu

cara pakai foredi 14 November 2012 pukul 09.18  

setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

efek samping foredi gel 14 November 2012 pukul 09.19  

Baru kali ini saya membaca Artikel yang sangat membangun. Boleh dicoba

Foredi Gel 14 November 2012 pukul 09.37  

Terimaksih untuk Info yang sangat Amazing, boleh dicoba.

foredi gel 14 November 2012 pukul 09.39  

Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

toko bunga purwokerto 2 Februari 2013 pukul 16.51  

Ekspedisi memang harus dipersiapkan dengan matang

Jual Mobil Bekas 11 Februari 2013 pukul 16.02  

Wah ternyata persiapan sebelum ekspedisi sedemikian rinci yaa.

Grosir sprei Murah 15 Mei 2013 pukul 19.41  



Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

Abu Wijaya 1 Juni 2013 pukul 01.33  

Informasi yang menarik.

sejarah Celana Jeans 4 Juni 2013 pukul 21.44  

terimakasih-atas-informasinya

adit 2 Agustus 2013 pukul 10.57  

informasi yang sangat menarik sukses terus gan..

klik saja disini 13 Agustus 2013 pukul 13.34  

lengkap sekali ya pembahasannya, terimakasih ya..! sukses selalu buat suara petualang...

ami 27 Agustus 2013 pukul 10.47  

Informasinya sangat bermanfaat sekali gan..
Banyak pelajaran yang saya daptkan.. semoga sukses

cep _choky 27 Agustus 2013 pukul 11.12  

Infonya mantap keren...
Banyak pengetahuan yang saya dapatkan setelah saya berkunjung ke blog ini...
Makasih infonya... Sukses deh...

desi 27 Agustus 2013 pukul 11.16  

Luar biasa sekali gan infonya mantap abis...
Banyak ilmu pengethaun yang saya dapatkan...
Makasih infonya semoga sukses...

true woman indonesia 7 September 2013 pukul 10.49  

banyak juga yahh ternyata hal yang harus dilakukan sebelum ekspedisi ... :3

Obat Herbal Abses Payudara 13 September 2013 pukul 11.08  

Informasinya sangat bermanfaat sekali....
Terimakasih banyak atas informasinya...
Semoga semakin sukses...

faujiah 8 Oktober 2013 pukul 09.39  


Informasi yang unik dan inopatif gan :)

obat kulit belang ampuh 17 Oktober 2013 pukul 15.13  

terimakasih banyak atas info nya..
sangat luar biasa sekali..
semoga semakin sukses..
saya suka berkunjung ke blog ini
semakin banyak pengetahuan yang saya daptkan...

terbaik1 2 November 2013 pukul 14.18  

Terimakasih banyak atas info nya
sangat bermanfaat sekali
kini pengetahuan saya semakin bertambah
semnoga semakin sukses nya

herbal1 2 November 2013 pukul 14.30  

informasi yang sangat luar biasa sekali menakjubkan
banyak pengetahuan yang saya dapat
teimakasih salam sukses

obat benjolan di belakang telinga 18 November 2013 pukul 08.01  

terimakasih banyak atas info nya sangat bermanfaat sekali
semoga semakin sukses nya

pengobatan terbaik 19 November 2013 pukul 14.02  

Luar biasa sekali info nya sangat bermanfaat
semoga sukses

obat lepra 27 November 2013 pukul 15.50  

info yang saca baca ternyata sangat menarik
dan bermanfaat
semoga sukses

obat benjolan 29 November 2013 pukul 08.16  

Terimakasih banyak atas informasi nya sangat bermanfaat semoga sukses

kanker kolon 29 November 2013 pukul 13.20  

terima kasih banyak atas imformasinya ini sangat bermanfaat khususnya untuk saya pribadi, sukses ya gan

obat benjolan di ketiak 29 November 2013 pukul 13.22  

artikel yang sangat menarik dan tentunya sangat membantu saya dalam belajar, makasih banyak ya lam sukses selalu

tina 2 Desember 2013 pukul 16.20  

. terima kasih banyak atas imformasinya ini sangat bermanfaat khususnya untuk saya pribadi, sukses ya gan..

fatimah 3 Desember 2013 pukul 13.51  

terimakasih banyak atas info nya
luar biasa ternyata sangat bermanfaat
dan juga sangatmenarik sekali...
semoga sukses

pengobatan benjolan di zakar 9 Desember 2013 pukul 16.23  

Informasinya sangat bermanfaat makasih gan,,,

obat 11 Desember 2013 pukul 07.49  

terimakasih banyak tas informasi nya sangat mankjubkan sekali
informasi nya sangat bermanfaat..
semoga sukses
saya tunggu informasi selanjutnya..

tasya 11 Desember 2013 pukul 15.00  

wah infonya kerennnnn sob suksek selalu ea,,,

obat herbal sifilis 11 Desember 2013 pukul 15.49  

terimakasih banyak atas info nya sangat bermanfaat
semoga sukses

rio 12 Desember 2013 pukul 09.09  



Mantappppp infonya gan thankas ea :D

cika 12 Desember 2013 pukul 09.11  



sukses terus bang di tunggu artikel selanjutnya

Obat benjolan di rahim 20 Desember 2013 pukul 13.11  

nice infonya.... sukses terus ea ditunggu artikel selanjutnya!!!

a link 27 Desember 2013 pukul 08.24  


ditunggu artikel selanjutnya gan

pulau tidung 18 Januari 2014 pukul 16.23  

Banyak pengetahuan yang saya dapatkan setelah saya berkunjung ke blog ini...

info saja 18 Januari 2014 pukul 16.27  

informasi yang sangat luar biasa sekali menakjubkan
banyak pengetahuan yang saya dapat wahai kawan

jasa seo 18 Januari 2014 pukul 16.34  

saya suka berkunjung ke blog ini
semakin banyak pengetahuan yang saya daptkan.

jasa seo 18 Januari 2014 pukul 16.37  

Artikel yang benar benar sangat infomantif dan Kreatif mari kita coba

GSMCeria 17 Mei 2014 pukul 02.44  

keren dah, tapi panjang bnget

US News 31 Juli 2014 pukul 01.16  

I got what you wish, thanks for swing up. Woh I am happy to conceptualize this website finished google. Thanks For Share DUBSTEP GUNS | 007 Video Recording Games | 007MRLUKIAN.

Paket tour ke bali 7 Januari 2016 pukul 09.59  

selamat siang gan terimakasih untuk informasinya salam sukses

Agen Poker Online 7 Juni 2016 pukul 14.37  

Bagus sekali blog-nya, Terus berkarya Gan...!!
Yuk Mampir ke Situs Kami, Byk bonus menanti.
Terima kasih

Distributor tali rope 6 Maret 2018 pukul 08.19  

Terima kasih informasinya semoga selalu bermanfaat .

jual kawat seling murah 2 Juli 2018 pukul 14.45  

Terima kasih atas informasinya. Kami tunggu artikel yang baru.

Dhidhit 25 Desember 2018 pukul 15.41  

terimakasih info Pra Pelaksanaan Ekspedisi

Nuno 26 Desember 2018 pukul 10.59  

Pendahuluan tentang ekspedisi

Dhidhit 27 Desember 2018 pukul 16.11  

Pra Pelaksanaan Ekspedisi

Nuno 31 Desember 2018 pukul 20.34  

Pembuatan rencana kegiatan

Dhidhit 2 Januari 2019 pukul 22.54  

Pembuatan rencana kegiatan

Posting Komentar

free counters

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Indonesian Blogger Suara Petualang Adventure Blogs - Blog Catalog Blog Directory Free Automatic Backlink kostenlose backlinks