English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Selasa, 21 April 2009

Manajemen Pemanjatan

Dalam pemanjatan tebing, seorang pemanjatat harus mengenal dan menguasai berbagai macam peralatan serta cara pemasangannya dengan baik dan benar, disamping itu pula pemanjatan harus dapat menguasai teknik – teknik yang digunakan dalam pemanjatan. Namun sebelum itu mengetahui medan dengan perencanaan adalah hal yang sangat penting.
Dalam pemanjatan tebing kita memerlukan etika, urutan, cara dan prosedur yang tepat agar menjamin lancarnya kegiatan panjat tebing tersebut. Berikut adalah langkah – langkah yang dilakukan dalam pemanjatan agar mencapai hasil sesuai dengan yang diharapkan.
  1. Pemilihan jalur, jalur yang dipilih kita cari datanya berdasarkan data yang telah ada melalui literatur, informasi dari pemanjat lain dan dari pengamatan langsung melalui orientasi medan / jalur, cara ini sangat efektif karena dapat mengetahui kondisi tebing yang sebenarnya.
  2. Mempersiapkan peralatan, peralatan harus di cek sebelum dan sesudah pemanjatan agar untuk mempermudah dalam pengontrolan alat, peralatan yang dibawa juga harus disesuaikan dengan kondisi medan dan sistem pemanjatan yang digunakan.
  3. Penentuan personil, penentuan personil harus disesuaikan dengan kemampuan, jalur yang dipilih, sistem pemanjatan yang digunakan dan persediaan alat. Dalam penentuan personil, jumlah, kemampuan serta tenaga diatur agar dapat didistribusikan secara tepat agar pemanjatan dapat berjalan dengan lancar.
  4. Mempersiapkan pemanjatan, dalam pemanjatan komunikasi antar para pemanjat sangat penting, sehingga tentukan dahulu jenis komunikasi sebelum melakukan pemanjatan, biasanya dalam bentuk teriakan atau sentakan pada tali dan dapat juga menggunakan peluit.
  5. Memulai pemanjatan, Leader melakukan pemanjatan dari Ground ke pitch pertama dengan membawa dua roll tali sekaligus, satu tali sebagai tali utama yang dikaitkan pada runner pengaman yang telah dipasang oleh leader, tali kedua adalah tali tambat ( fixed rope ) yang berfungsi sebagai tali untuk Jummaringan dan dapat juga digunakan untuk tali transfer.
  6. Cleaning, setelah leader sampai pitch pertama dan memberitahu bellayer / orang kedua yang melakukan pemanjatan dengan membersihkan semua pengaman dengan diamankan oleh leader yang telah beralih tugas menjadi hanging bellayer, sementara personil yang lain melakukan Jummaringan di tali tambat ( fixed rope )
  7. Pemanjatan pitch kedua dan selanjutnya, setelah cleaner sampai di pitch pertama langsung dilakukan persiapan untuk pemanjatan berikutnya, cleaner beralih tugas menjadi leader merintis jalur sampai pitch kedua dan di bellay oleh pemanjat lainnya, setelah leader sampai di pitch kedua cleaner melakukan tugasnya dst...
  8. Abseiling ( Rappelling ), setelah sampai di pitch terakhir maka yang dilakukan adalah turun tebing, dapat turun lewat jalan turun biasa ( way off ) kalau ada atau pemanjat melakukan instalasi untuk rappeling. Rappeling dapat dilakukan dengan tali tunggal ataupun tali ganda. Personil yang turun pertama membawa tali yang lain untuk dipasang pada pitch berikutnya, untuk pemanjatan terakhir sebaiknya melakukan rappeling dengan sistem double rope ( tali dikalungkan pada anchor ) agar tali dapat ditarik ke bawah dengan mudah.
  9. Re – check, setelah semua pemanjat turun, perlu dilakukan pengecekan semua data – data peralatan yang dipakai dalam pemanjatan.
Setelah selesai pemanjatan selanjutnya membuat topo jalur, yang dimaksudkan sebagai pembuatan laporan yang berisikan hal – hal/data – data dalam pemanjatan, juga sebagai bahan presentasi, skets topo dilengkapi dengan nama jalur, lokasi, jenis batuan, tinggi tebing, sistem pemanjatan, teknik pemanjatan, waktu, tingkat kesulitan, data peralatan yang digunakan, daftar pemanjat dan kronologis pemanjatan.


disadur dari O'croth
dari berbagai Sumber

36 komentar:

Dhidhit 18 September 2012 pukul 11.21  

Makasih info tentang manajemen pemanjatan

Cara Membuat Ayam Goreng 4 November 2012 pukul 17.02  

Hai suara petualang, wah terimakasin atas artikelnya Manajemen PemanjatanSaya senang sekali membaca artikel blo suara petualang tentang Manajemen Pemanjatan ini. Saya berharap semoga tulisan suara petualang tentang Manajemen Pemanjatan bisa bermanfaat bagi sahabt blogger lainnya.

Dekorasi bunga segar cilacap banjarnegara 11 Desember 2012 pukul 16.45  

Jangan lupa berdoa pada Tuhan, sebelum memanjat

adit 2 Agustus 2013 pukul 12.04  

informasi yang sangat menarik sukses terus gan..

true woman indonesia 10 September 2013 pukul 09.55  

kalo peralatan" dasar yg harus dibawa sebelum melakukan pemanjatan itu apa aja ??

alami 17 Oktober 2013 pukul 16.03  

terimakasih banyak atas info nya..
sangat luar biasa sekali..
semoga semakin sukses..
saya suka berkunjung ke blog ini
semakin banyak pengetahuan yang saya daptkan...

terbaik1 2 November 2013 pukul 14.44  

Terimakasih banyak atas info nya
sangat bermanfaat sekali
kini pengetahuan saya semakin bertambah
semnoga semakin sukses nya

obat lepra 27 November 2013 pukul 16.23  

info yang saca baca ternyata sangat menarik
dan bermanfaat
semoga sukses

rianti 29 November 2013 pukul 13.29  

. artikel yang anda tulis di blog ini, sungguh sangat memotivasi diri saya untuk trus berkarya, terima kasih semoga kebaikan anda mendapatkan balasa yang lebih baik.

melisa 29 November 2013 pukul 13.31  

. kebaikan yang anda berikan melalui blod ini semoga menjadi amal soleh,,,amin salam kenal dan sukses selalu

kanker kolon 30 November 2013 pukul 11.01  

menakjubkan sekali gan, hemzz pengen aku juga ngerasain berpetualang pasti seruu :)

alex 2 Desember 2013 pukul 16.24  

setelah saya menyimak dari awal hingga akhir, banyak sekali ilmu yang saya terima dari artikel yang anda tulia, semoga tambah bermanfaat ya lam kenal dan sukses selalu

fatimah 3 Desember 2013 pukul 13.57  

terimakasih banyak atas info nya
luar biasa ternyata sangat bermanfaat
dan juga sangatmenarik sekali...
semoga sukses

pengobatan benjolan di zakar 9 Desember 2013 pukul 16.27  

Informasinya sangat bermanfaat makasih gan,,,

obat 11 Desember 2013 pukul 07.56  

terimakasih banyak tas informasi nya sangat mankjubkan sekali
informasi nya sangat bermanfaat..
semoga sukses
saya tunggu informasi selanjutnya..

tasya 11 Desember 2013 pukul 15.11  

wah infonya kerennnnn sob suksek selalu ea,,,

obat herbal sifilis 11 Desember 2013 pukul 16.00  

terimakasih banyak atas info nya sangat bermanfaat
semoga sukses

rio 12 Desember 2013 pukul 09.27  


Mantappppp infonya gan thankas ea :D

cika 12 Desember 2013 pukul 09.29  



sukses terus bang di tunggu artikel selanjutnya

Obat benjolan di rahim 18 Desember 2013 pukul 09.31  

informasi yang sangat menambah wawasan saya makasih ga,.

cici 18 Desember 2013 pukul 09.32  

kereen bangettt sok artikelnya thanks infonya...

varida 18 Desember 2013 pukul 09.33  

trimakasi atas infonya semoga dapat bermanfaat gan

Obat benjolan di rahim 20 Desember 2013 pukul 13.15  

nice infonya.... sukses terus ea ditunggu artikel selanjutnya!!!

US News 31 Juli 2014 pukul 01.11  

great points altogether, you simply gained a new reader. What might you recommend in regards to your put up that you simply made some days in the past? Any sure?

Cara cepat cari rumah idaman 10 November 2014 pukul 15.40  

istilahnya keren jg gan, management :D

Dhidhit 18 Agustus 2018 pukul 00.19  

Manajemen pemanjatan...............

Dhidhit 18 Agustus 2018 pukul 00.21  

Terimakasih tips..........

Dhidhit 28 Desember 2018 pukul 16.55  

Dalam pemanjatan tebing, seorang pemanjatat harus mengenal dan menguasai berbagai macam peralatan serta cara pemasangannya dengan baik dan benar

Dhidhit 29 Desember 2018 pukul 09.32  

langkah – langkah yang dilakukan dalam pemanjatan agar mencapai hasil sesuai dengan yang diharapkan

Nuno 1 Januari 2019 pukul 09.12  

Pemilihan jalur, jalur yang dipilih kita cari datanya berdasarkan data yang telah ada melalui literatur, informasi dari pemanjat lain dan dari pengamatan langsung melalui orientasi medan / jalur, cara ini sangat efektif karena dapat mengetahui kondisi tebing yang sebenarnya

Posting Komentar

free counters

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Indonesian Blogger Suara Petualang Adventure Blogs - Blog Catalog Blog Directory Free Automatic Backlink kostenlose backlinks