English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kamis, 16 April 2009

FILOSOFI SANG PENDAKI

Suatu ketika, ada seorang pendaki gunung yang sedang bersiap-siap melakukan perjalanan. Di punggungnya, ada ransel carrier dan beragam carabiner (pengait) yang tampak bergelantungan. Tak lupa tali-temali yang disusun melingkar di sela-sela bahunya. Pendakian kali ini cukup berat, persiapan yang dilakukan pun lebih lengkap. Kini, di hadapannya menjulang sebuah gunung yang tinggi. Puncaknya tak terlihat, tertutup salju yang putih. Ada awan berarak-arak disekitarnya, membuat tak seorangpun tahu apa yang tersembunyi didalamnya. Mulailah pendaki muda ini melangkah, menapaki jalan-jalan bersalju yang terbentang di hadapannya. Tongkat berkait yang di sandangnya, tampak menancap setiap kali ia mengayunkan langkah.

Setelah berjam-jam berjalan, mulailah ia menghadapi dinding yang terjal. Tak mungkin baginya untuk terus melangkah. Dipersiapkannya tali temali dan pengait di punggungnya. Tebing itu terlalu curam, ia harus mendaki dengan tali temali itu. Setelah beberapa kait ditancapkan, tiba-tiba terdengar gemuruh yang datang dari atas. Astaga, ada badai salju yang datang tanpa disangka. Longsoran salju tampak deras menimpa tubuh sang pendaki. Bongkah- bongkah salju yang mengeras, terus berjatuhan disertai deru angin yang membuat tubuhnya terhempas-hempas ke arah dinding.

Badai itu terus berlangsung selama beberapa menit. Namun, untunglah, tali-temali dan pengait telah menyelamatkan tubuhnya dari dinding yang curam itu. Semua perlengkapannya telah lenyap, hanya ada sebilah pisau yang ada di pinggangnya. Kini ia tampak tergantung terbalik di dinding yang terjal itu. Pandangannya kabur, karena semuanya tampak memutih. ia tak tahu dimana ia berada.

Sang pendaki begitu cemas, lalu ia berkomat-kamit , memohon doa kepada Tuhan agar diselamatkan dari bencana ini. Mulutnya terus bergumam, berharap ada pertolongan Tuhan datang padanya. Suasana hening setelah badai. Di tengah kepanikan itu, tampak terdengar suara dari hati kecilnya yang menyuruhnya melak ukan sesuatu. "Potong tali itu.... potong tali itu." Terdengar senyap melintasi telinganya. Sang pendaki bingung, apakah ini perintah dari Tuhan? Apakah suara ini adalah pertolongan dari Tuhan? Tapi bagaimana mungkin, memotong tali yang telah menyelamatkannya, sementara dinding ini begitu terjal? Pandanganku terhalang oleh salju ini, bagaimana aku bisa tahu? Banyak sekali pertanyaan dalam dirinya. Lama ia merenungi keputusan ini, dan ia tak mengambil keputusan apa-apa...

Beberapa minggu kemudian, seorang pendaki menemukan ada tubuh yang tergantung terbalik di sebuah dinding terjal. Tubuh itu tampak membeku,dan tampak telah meninggal karena kedinginan. Sementara itu, batas tubuh itu dengan tanah, hanya berjarak 1 meter saja....

Teman, kita mungkin kita akan berkata, betapa bodohnya pendaki itu, yang tak mau menuruti kata hatinya. Kita mungkin akan menyesalkan tindakan pendaki itu yang tak mau memotong saja tali pengaitnya. Pendaki itu tentu akan bisa selamat dengan membiarkannya terjatuh ke tanah yang hanya berjarak 1 meter. Ia tentu tak harus mati kedinginan karena tali itulah yang justru membuatnya terhal ang.

Begitulah, kadang kita berpikir, mengapa Sang Pencipta tampak tak melindungi hamba-Nya? Kita mungkin sering merasa, mengapa ada banyak sekali beban,masalah,hambatan yang kita hadapi dalam mendaki jalan kehidupan ini. Kita sering mendapati ada banyak sekali badai-badai salju yang terus menghantam tubuh kita. Mengapa tak disediakan saja, jalan yang lurus, tanpa perlu menanjak, agar kita terbebas dari semua halangan itu?

Namun teman, cobaan yang diberikan Sang Pencipta buat kita, adalah latihan,ad alah ujian, adalah layaknya besi-besi yang ditempa, adalah seperti pisau-pisau yang terus diasah. Sesungguh nya, di dalam semua ujian, dan latihan itu,ada tersimpan petunjuk-petunjuk, ada tersembunyi tanda-tanda, asal KITA PERCAYA.

Ya, asal kita percaya.

Seberapa besar rasa percaya kita kepada Sang Pencipta, sehingga mampu membuat kita "memotong tali pengait" saat kita tergantung terbalik? Seberapa besar rasa percaya kita kepada Sang Pencipta, hingga kita mau menyerahkan semua yang ada dalam diri kita kepada-Nya? Karena percaya adanya di dalam hati, maka tanamkan terus hal itu dalam kalbumu. Karena rasa percaya tersimpan dalam hati,maka penuhilah nuranimu dengan kekuatan itu.Percayalah, akan ada petunjuk-petunjuk Sang Pencipta dalam setiap langkah kita menapaki jalan kehidupan ini. Carilah, gali, dan temukan rasa percaya itu dalam hatimu. Sebab, saat kita telah percaya, maka petunjuk itu akan datang dengan tanpa disangka.


rewrite : Yohanes Kurnia Irawan
Belajar dari pengalaman, karena bagi sebagian orang, pengalaman adalah guru yang paling berharga, tak ternilai oleh apapun didunia......

33 komentar:

Cara Membuat Ayam Goreng Mentega 4 November 2012 pukul 16.59  

Hai suara petualang, wah terimakasin atas artikelnya FILOSOFI SANG PENDAKI. Saya senang sekali membaca artikel blo suara petualang tentang FILOSOFI SANG PENDAKI ini. Saya berharap semoga tulisan suara petualang tentang FILOSOFI SANG PENDAKI bisa bermanfaat bagi sahabt blogger lainnya.

Area pengiriman BUNGA DI KOTA BANJARNEGARA 20 November 2012 pukul 10.03  

Hebat mas tulisannya, saya juga hobi mendaki gunung....

Travel umroh 25 November 2012 pukul 14.51  

semoga bisa menjadi inspirasi buat si pembaca

info bisnis hot 24 Juli 2013 pukul 09.03  

bagus artikelnya, sukses selalu.

true woman indonesia 11 September 2013 pukul 09.34  

bagus banget ceritanya , kasian juga si pendaki itu ...
mungkin kesimupulan yg bisa diambil , setidaknya kita harus percaya dengan kata hati sendiri agar tak menyesal ... :D

Obat Herbal Abses Payudara 13 September 2013 pukul 11.21  

Informasinya sangat bermanfaat sekali....
Terimakasih banyak atas informasinya...
Semoga semakin sukses...

alami 17 Oktober 2013 pukul 16.02  

terimakasih banyak atas info nya..
sangat luar biasa sekali..
semoga semakin sukses..
saya suka berkunjung ke blog ini
semakin banyak pengetahuan yang saya daptkan...

herbal1 2 November 2013 pukul 15.51  

Terimakasih banyak atas info nya
sangat bermanfaat sekali
kini pengetahuan saya semakin bertambah
semnoga semakin sukses nya

obat benjolan di belakang telinga 18 November 2013 pukul 08.20  

terimakasih banyak atas info nya sangat bermanfaat sekali
semoga semakin sukses nya

dian 29 November 2013 pukul 13.35  

artikel yang sangat menarik dan tentunya sangat membantu saya dalam belajar, makasih banyak ya lam sukses selalu

kanker kolon 30 November 2013 pukul 11.08  

menakjubkan sekali gan, hemzz pengen aku juga ngerasain berpetualang pasti seruu :)

tina 2 Desember 2013 pukul 16.28  

artikel yang anda tulis di blog ini, sungguh sangat memotivasi diri saya untuk trus berkarya, terima kasih semoga kebaikan anda mendapatkan balasa yang lebih baik.

obat 11 Desember 2013 pukul 07.58  

terimakasih banyak tas informasi nya sangat mankjubkan sekali
informasi nya sangat bermanfaat..
semoga sukses
saya tunggu informasi selanjutnya..

tasya 11 Desember 2013 pukul 15.14  

wah infonya kerennnnn sob suksek selalu ea,,,

cici 18 Desember 2013 pukul 09.42  

kereen bangettt sok artikelnya thanks infonya...

Obat benjolan di rahim 20 Desember 2013 pukul 13.28  

nice infonya.... sukses terus ea ditunggu artikel selanjutnya!!!

US News 31 Juli 2014 pukul 01.20  

I got what you think, thanks for swing up. Woh I am pleased to perceive this website through google. Thanks For Share DUBSTEP GUNS | 007 Video Recording Games | 007MRLUKIAN.

Cara cepat cari rumah idaman 10 November 2014 pukul 16.29  

kejar terus puncaknya gan :D asal jangan puncak orang aja hehehe ;D

septick tank 8 Desember 2014 pukul 14.35  

hebat ....

jadi mau ikutan mendaki ,, ...

unsgu 1 Oktober 2015 pukul 09.00  

Nice info,,terrimaksih banyak telah berbagi infonya..sukses selalu untuk info and websitenya be the best and do the best to the next information.. Specifications and Price Toyota | She is the Snake Dodge Viper ACR Fastest | Latest Price And Specification | Tips And Ideas Kitchen Design Minimalist

Dhidhit 18 Agustus 2018 pukul 13.15  

pendaki................

Nuno 27 Desember 2018 pukul 22.13  

terimakasih info tentang filosofi pendaki

Posting Komentar

free counters

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Indonesian Blogger Suara Petualang Adventure Blogs - Blog Catalog Blog Directory Free Automatic Backlink kostenlose backlinks