English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kamis, 09 April 2009

HIPOTERMIA DAN PENDAKI GUNUNG

Bagi seseorang yang mempunyai hoby berkegiatan di alam bebas, sebaiknya mengerti akan resiko yang mungkin akan di timbulkan,terutama dalam pendakian gunung. Karakter ketinggian gunung yang variativ membuat suhu di gunung menentukan karakter suhu tubuh seseorang. Salah satu penyakit yang sering menyerang para pendaki adalah Hipotermia. Salah dalam penanganan akan berakibat fatal bahkan beresiko pada kematian. Pendaki gunung dan Hipotermia merupakan sebuah hubungan yang sangat terkait dalam pendakian.

Jika kondisi tubuh terlalu lama kedinginan, khususnya dalam cuaca berangin dan hujan, dapat menyebabkan mekanisme pemanasan tubuh terganggu sehingga menyebabkan penyakit kronis. Hipotermia adalah suatu keadaan dimana tubuh merasa sangat kedinginan. Setelah panas dipermukaan tubuh hilang maka akan terjadi pendinginan pada jaringan dalam dan organ tubuh. Kedinginan yang terlalu lama dapat menyebabkan tubuh beku, pembuluh darah dapat mengerut dan memutus aliran darah ke telinga, hidung, jari dan kaki. Dalam kondisi yang parah mungkin korban menderita pembekuan dan perlu diamputasi.

Udara dingin yang basah disertai angin yang bertiup kencang, seringkali dijumpai para pendaki ketika melakukan pendakian gunung. Tidak jarang badai dan hujan lebat menyertai hawa dingin. Malam yang cerah seringkali membuat udara semakin dingin dan berembun. Di puncak musim kemarau justru di sekitar puncak gunung seringkali muncul kristal-kristal es yang menempel pada daun-daunan dan bunga edelweis. Pakaian yang basah, kaos kaki yang basah semakin menambah dinginnya badan. Keadaan akan semakin parah bila pendaki tidak memperhatikan makanan sehingga tubuh tidak memperoleh ernergi untuk memanaskan badan. Dinginnya udara seringkali membuat perut kembung sehingga enggan untuk makan, kecuali memang kehabisan makanan. Gejala -gejala kedinginan biasanya Pendaki akan menggigil kedinginan, gigi gemeretakan, merasa sangat letih dan mengantuk yang sangat luar biasa. Selanjutnya pandangan mulai menjadi kabur, kesigapan mental dan fisik menjadi lamban.

Gejala kedinginan yang lebih parah akan membuat gerakan tubuh menjadi tidak terkoordinasi, berjalan sempoyongan dan tersandung-sandung. Pikiran menjadi kacau, bingung, dan pembicaraannya mulai ngacau. Kulit tubuh terasa sangat dingin bila disentuh, nafas menjadi pendek dan lamban. Denyut nadi pun menjadi lamban, seringkali menjadi kram bahkan akhirnya pingsan. Untuk membantu penderita sebaiknya jangan cepat-cepat menghangatkan korban dengan botol berisikan air panas atau membaringkan di dekat api atau pemanas. Jangang menggosok-gosok tubuh penderita. Jika korban pingsan, baringkan dia dalam posisi miring. Periksa saluran pernafasan, pernafasan dan denyut nadi. Mulailah pernafasan buatan dari mulut dan menekan dada.

Cara Penanganan :

  1. Pindahkan ke tempat kering yang teduh. Ganti pakaian basah dengan pakaian kering yang hangat, selimuti untuk mencegah kedinginan. Jika tersedia, gunakan bahan tahan angin, seperti alumunium foil atau plastik untuk perlindungan lebih lanjut.
  2. Panas tubuh dari orang lain juga bagus untuk diberikan, suruh seseorang melepas pakaian, dan berbagi pakai selimut dengan si korban. Jika penderita sadar, berikan minuman hangat jangan memberikan minuman alkohol. Segeralah cari bantuan medis.
  3. Seperti halnya terlalu kepanasan, anak muda dan orang tua merupakan sasaran paling banyak. Alasannya, tubuh kurang efisien dalam mengatur temperatur tubuh. Namun, orang dewasa yang fitpun, dapat kedinginan jika terlalu lama berada di air dingin, udara dingin atau di cuaca dingin tanpa pelindung. Selain itu minuman beralkohol dan narkotika juga mengurangi mekanisme pemanasan tubuh. Untuk menghadapi bahaya kedinginan bawalah beberapa lapis pakaian kering. Siapkan mantel hujan, jaket tebal, dan kantung tidur. Masukkan pakaian kedalam kantong plastik sebelum dimasukkan ke dalam tas.
  4. Gunakan cover pelindung air untuk membungkus tas. Bawalah bekal makanan yang cukup, ada baiknya membawa bekal lebih guna menghapi tertundanya perjalanan karena cuaca atau harus beristirahat karena sakit. Pelajari jalur yang akan ditempuh sebelum melakukan pendakian, hal ini bisa ditanyakan ke petugas pos penjagaan. Rencanakan dan pilih tempat yang akan digunakanan untuk beristirahat, berlindung, memasak, dan mendirikan tenda.

Pilihlah pendakian pada musim kemarau, karena pada musim penghujan curah hujannya tinggi sering ada badai dan tanah longsor, di musim kemaraupun di gunung sering turun hujan namun tidak sebanyak dan sesering di musim hujan. Musim kemarau yang cerah suhu di gunung sangat dingin sekali bisa minus dibawah nol, dibeberapa gunung misal gunung Lawu sering muncul kristal-kristal es. Bila cuaca sangat buruk dan sudah tidak sanggup menghadapi udara yang semakin dingin sebaiknya tidak melanjutkan pendakian, karena bisa berakibat sangat fatal. Dalam menembus cuaca yang sangat dingin harus berusaha mengatasi rasa lapar, kelelahan dan mengantuk. Beristirahatlah sebentar saja bila terlalu lama badan justru akan semakin dingin dan semakin mengantuk, dengan berjalan badan biasanya menjadi hangat bahkan berkeringat. Termos kecil berisi kopi hangat sangat praktis untuk membantu mengatasi rasa dingin dan mengantuk. Sepatu bot dengan kaos kaki yang tebal dan kering sangat membantu. Sebaliknya sepatu basah, kaos kaki basah, dan sendal, dapat membuat kaki serasa beku.

Beristirahat di antara hempasan angin dingin dan tebalnya kabut, justru semakin membuat badan menjadi menggigil, untuk itu carilah batu besar atau celah-celah batu untuk berlindung dari hempasan angin dingin. Bila ingin istirahat tunggulah sampai kabut menghilang, karena beristirahat di tengah kabut membuat pakaian basah dan berembun, sehingga semakin menyiksa badan. Kaos tangan, kerudung kepala, kaos kaki, jaket tebal bisa membantu mengatasi rasa dingin. Bila memungkinkan dan tidak membahayakan lingkungan bisa membuat api unggun untuk menghangatkan badan dan beristirahat. Ketika hendak mendirikan tenda carilah tempat yang terlindung dari hempasan angin, dan usahakan tempat yang kering. Di tempat yang basah dan lembab embun dan kabut mudah terbentuk sehingga pakaian dan peralatan kita menjadi basah, berembun dan dingin. Bila ingin minum obat minumlah pada waktu istirahat mau tidur jangan minum obat pada saat melakukan perjalanan sangat berbahaya. Beberapa jenis obat bisa membuat kita menjadi mengantuk atau tenggorokan kering.

Segala berita dan informasi yang kita peroleh akan sangat membantu kita dalam meminimalkan resiko yang akan dihadapi......salam lestari



dari berbagai sumber

Yohanes Kurnia Irawan

109 komentar:

Akinini 5 Agustus 2012 pukul 19.05  

Yang paling penting adalah berdoa sebelum memulai perjalanan.. apalagi yang namanya gunung dan hutan itu pasti ada penunggunya... pasti..
Hipotermia itu penjelasan ilmiah.. Kekuatan sang penunggu adalah penjelasan batiniahnya..

Terima kasih, Suara Petualang...

:)

foredi 17 Oktober 2012 pukul 08.36  

Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

Obat Gasa 17 Oktober 2012 pukul 08.39  

Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

Gasa Boyke 17 Oktober 2012 pukul 08.41  

saya akan mencoba tipsnya yang sangat bermanfaat sekali

Kapsul Gasa 17 Oktober 2012 pukul 08.44  

Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

Gasa Murah 17 Oktober 2012 pukul 08.46  

Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

Obat Gagah Perkasa 17 Oktober 2012 pukul 08.48  

Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

Gasa 17 Oktober 2012 pukul 08.50  

Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

Foredi Tuban 17 Oktober 2012 pukul 08.53  

Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

Jamu Kuat 17 Oktober 2012 pukul 08.56  

Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

Jual Foredi Gel 17 Oktober 2012 pukul 09.00  

Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

Obat Ejakulasi Dini 17 Oktober 2012 pukul 09.02  

Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu

Obat Pembesar Penis 17 Oktober 2012 pukul 09.04  

Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

Hajar Jahanam 17 Oktober 2012 pukul 09.07  

Terimakasih Banyak Tips dan Artikelnya, boleh dicoba. Salam sukses

Teknik Mengatasi Ejakulasi Dini 17 Oktober 2012 pukul 09.09  

Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

Cara Mengatasi Ejakulasi Dini 17 Oktober 2012 pukul 09.14  

setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

Penyebab Ejakulasi Dini 17 Oktober 2012 pukul 09.16  

Saat membaca Artikel dan Tipsnya yang benar benar menarik. Jadi ingin mencoba. Salam sukses selalu

Gejala atau Tanda Ejakulasi Dini 17 Oktober 2012 pukul 09.18  

cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

sure up plus 17 Oktober 2012 pukul 09.22  

Wibesite yang menarik di dalamnya banyak Artikel dan Tips yang mengandung Ilmu Pengetahuan, Harus dicoba.Terimakasih

Kondom Fiesta 17 Oktober 2012 pukul 09.25  

Saya senang membaca Info dan Artikel yang di buat di Wibesite ini. Patut dicoba. Salam Sukses selalu.

Tips Cara Penggunaan Kondom Lelaki 17 Oktober 2012 pukul 09.29  

saya senang setelah membaca tipsnya,pasti saya akan di coba..

Tips Membeli Jenis Kondom 17 Oktober 2012 pukul 09.33  

terimakasih tips yang sangat amazingnya, pasti saya akan coba tipsnya

Cara Pakai Kondom Pada Pria / Lelaki 17 Oktober 2012 pukul 09.35  

Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

Kondom Sutra Fiesta EarthQuake 17 Oktober 2012 pukul 09.38  

Postingan yang sangat Hebat, Tips boleh dicoba.salam sukses

Tips Memilih Kondom Yang Tepat 17 Oktober 2012 pukul 09.41  

Artikel yang bermanfaat dan berguna, wajib di coba. sukses selalu

Tips Memilih Kondom Dan Menggunakan Kondom 17 Oktober 2012 pukul 09.43  

Ilmu yang sangat Hebat, boleh dicoba Artikel dan Tipsnya. Semoga berhasil

for him capsul 17 Oktober 2012 pukul 09.54  

setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

obat kuat alami 17 Oktober 2012 pukul 09.59  

Baru kali ini saya membaca Artikel yang sangat membangun. Boleh dicoba

Obat Kuat Herbal 17 Oktober 2012 pukul 10.04  

wah bagus sekali infonya pasti say akan coba sekarang juga, sukses yah

Obat Kuat Lelaki 17 Oktober 2012 pukul 10.18  

Tipsnya boleh dicoba, Artikelnya sangat bermanfaat.

Obat Kuat Seks 17 Oktober 2012 pukul 10.20  

Terimaksih untuk info yang sangat efektif, boleh dicoba.

obat kuat sex 17 Oktober 2012 pukul 10.24  

Terimaksih untuk Info yang sangat Amazing, boleh dicoba.

Obat Tahan Lama 17 Oktober 2012 pukul 10.26  

Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

agen gagah perkasa 17 Oktober 2012 pukul 10.30  

Sebanyak saya membaca Artikel,baru kali ini saya menemukan Artikel yang Amazing. boleh di coba. Terimaksih

Kata Mutiara Perpisahan 4 November 2012 pukul 15.39  

Hai suara petualang, wah terimakasin atas artikelnya HIPOTERMIA DAN PENDAKI GUNUNG. Saya senang sekali membaca artikel blo suara petualang tentang HIPOTERMIA DAN PENDAKI GUNUNG ini. Saya berharap semoga tulisan suara petualang tentangHIPOTERMIA DAN PENDAKI GUNUNG bisa bermanfaat bagi sahabt blogger lainnya.

toko bunga murah purwokerto 1 Desember 2012 pukul 07.31  

Ketika menjadi tim SAR di Gunung Sindoro, saya pernah menangani pendaki yang kena hipoterma

pulau tidung 4 Desember 2012 pukul 01.17  

thanks untuk admin atas postingan yang bagus ini berguna buat kita juga yang sedang mendaki gunung

Commonwealth Life Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Indonesia 5 Desember 2012 pukul 08.43  

manstab gan postingannya kapan-kapan kita mua berpetualang nih gan

Kredit Mobil 7 Desember 2012 pukul 06.50  

makasih mas saya suka artikel-artikelnya yang membahas tentang alam.

agen gasa 31 Desember 2012 pukul 18.07  

tapi biasanya orang yang suka petualangan tahan fisik kok. bagi yang fisiknya lemah jangan dilanjutkan pendakian...

pulau tidung 15 April 2013 pukul 21.40  

infomasinya sangat menantang saya

Pulau Tidung 10 Mei 2013 pukul 23.17  

infomasinya sangat membantu.

downloadyoutube 19 Juni 2013 pukul 08.02  

menarik sekali menyimak artikel di sini

adit 2 Agustus 2013 pukul 13.07  

informasi yang sangat menarik sukses terus gan..

ilawati Pristiani 20 Agustus 2013 pukul 02.18  

seorang pendaki gunung memang harus kuat dan harus bisa menghindari hipotermia tersebut...

Aussie 22 Agustus 2013 pukul 06.44  

persiapkan fisik, mental, makanan, minuman dan obat-obatan, serta berdoa sebelum melakukan perjalanan.

true woman indonesia 11 September 2013 pukul 09.24  

woahh , agak ngeri juga kalo kena hipotermia ... :3

klik selanjutnya 18 September 2013 pukul 02.50  

Terimakasih atas infonya ya sob, sangat bermanfaat, salam kenal dan salam sukses!

Pulau Tidung 16 Oktober 2013 pukul 14.06  

Menyimak saja dulu.Salam Pulau Tidung http://www.tidungcity.com

Label Barcode 17 Oktober 2013 pukul 04.02  

Hmmmm.... mesti persiapan dulu deh.... akhir tahun ini diajakin temen naek gunung di kawasan bandung timur...

alami 17 Oktober 2013 pukul 16.01  

terimakasih banyak atas info nya..
sangat luar biasa sekali..
semoga semakin sukses..
saya suka berkunjung ke blog ini
semakin banyak pengetahuan yang saya daptkan...

Jual Jaket Wanita Online Terpercaya 19 Oktober 2013 pukul 21.55  

seorang pendaki gunung memang harus kuat dan harus bisa menghindari hipotermia tersebut...

rahasia meningkatkan percaya diri 23 Oktober 2013 pukul 02.56  

Menarik sekali sob, terimakasih ya, sangat bermanfaat, salam kenal dari saya...!

rahasia percaya diri 23 Oktober 2013 pukul 05.58  

saya takut sekali ketinggian, sepertinya tidak cocok mendaki gunung..

rahasia sukses lebih cepat dengan berpikir positif 24 Oktober 2013 pukul 02.50  

ini ilmu baru bagi saya, terimakasih banyak sob...salam sukses!

Pulau Tidung 25 Oktober 2013 pukul 02.20  

Selamat Malam,..saya juga takut etinggian.

herbal1 2 November 2013 pukul 15.50  

Terimakasih banyak atas info nya
sangat bermanfaat sekali
kini pengetahuan saya semakin bertambah
semnoga semakin sukses nya

pengobatan terbaik 19 November 2013 pukul 14.40  

Luar biasa sekali info nya sangat bermanfaat
semoga sukses

Pulau Pari 20 November 2013 pukul 08.06  

Terimakasih banyak atas info nya

lutfi 29 November 2013 pukul 13.38  

artikel yang sangat menarik dan tentunya sangat membantu saya dalam belajar, makasih banyak ya lam sukses selalu

dian 29 November 2013 pukul 13.39  

. setelah saya menyimak dari awal hingga akhir, banyak sekali ilmu yang saya terima dari artikel yang anda tulia, semoga tambah bermanfaat ya lam kenal dan sukses selalu

kanker kolon 30 November 2013 pukul 11.08  

menakjubkan sekali gan, hemzz pengen aku juga ngerasain berpetualang pasti seruu :)

tina 2 Desember 2013 pukul 16.28  

artikel yang anda tulis di blog ini, sungguh sangat memotivasi diri saya untuk trus berkarya, terima kasih semoga kebaikan anda mendapatkan balasa yang lebih baik.

obat 11 Desember 2013 pukul 07.59  

terimakasih banyak tas informasi nya sangat mankjubkan sekali
informasi nya sangat bermanfaat..
semoga sukses
saya tunggu informasi selanjutnya..

tasya 11 Desember 2013 pukul 15.48  

wah infonya kerennnnn sob suksek selalu ea,,,

cici 18 Desember 2013 pukul 09.45  

kereen bangettt sok artikelnya thanks infonya...

Obat benjolan di rahim 20 Desember 2013 pukul 13.28  

nice infonya.... sukses terus ea ditunggu artikel selanjutnya!!!

a link 27 Desember 2013 pukul 08.43  




ditunggu artikel selanjutnya gan

Sheila Qinu 6 Januari 2014 pukul 19.00  

thanks a lot ya infonya :D

Kredit Mobil Avanza 28 Januari 2014 pukul 18.47  

Infonya Sangat Menarik Buat Saaya Izin Bookmark :)

Pulau Tidung 28 Januari 2014 pukul 18.48  

Infonya Sangat Bermanfaat Buat Saya bos :)

Obat Perangsang 28 Januari 2014 pukul 18.49  

Izin Nyimak Artikel Yang Lain Gan ^_^

Obat Perangsang Wanita 28 Januari 2014 pukul 18.52  

Ditunggu Postingan Artikel Selanjutanya gan :)

Obat Bius 28 Januari 2014 pukul 19.01  

Izin Bookmark Sobat,blog walking

Kredit Mobil Toyota Avanza 7 Februari 2014 pukul 06.58  

Bermanfaat Sekali Infonya Buat Syaa ^_^

Jasa Seo Murah 7 Februari 2014 pukul 07.00  

Wahh si agan demen berpetualang ya :) ,dh Hobi Susah Dihilangi ^_^

US News 4 Agustus 2014 pukul 06.19  

Unquestionably imagine that which you said. Your favourite justification appeared to be at the internet the simplest factor to take into account of. I say to you, I definitely get annoyed at the same time as other people think about issues that they just don't recognise about. You managed to hit the nail upon the highest and also defined out the whole thing with no need side-effects , other people could take a signal. Will probably be again to get more. Thank youThis is really fascinating, You're a very skilled blogger. I've joined your rss feed and sit up for in the hunt for more of your wonderful post. Also, I have shared your website in my social networks!

obat radang telinga 28 November 2014 pukul 15.50  

hipotermia memang menyeramkan gan

flash card can talk 23 Desember 2014 pukul 11.25  

Terima kasih atas berita dan informasi yang telah dibagi. informasi tsb sangat membantu kita dalam meminimalkan resiko yang akan dihadapi ketika kita mendaki gunung.

PAPJSO 4 Desember 2015 pukul 17.10  

This information is what I am searching for. Thank for sharing it. I will bookmark this article, thank you again! http://www.pusatamazonplus.com http://www.jualsofaonline.com

Imron Rosidik 28 Februari 2016 pukul 11.40  

Tengkyu nih infonya yaa, emang deh hipotermia tuh mimpi buruk banget kalo kita lagi ngedaki... namanya berpetualang di alam bebas, sgala kemungkinan bisa aja terjadi

PAPJSO 2 Maret 2016 pukul 17.43  

Tengkyu nih infonya http://www.hainesmedicom.com/ yaa, emang deh hipotermia tuh mimpi buruk banget kalo kita lagi ngedaki... namanya http://www.hainesmedicom.com/madu-diet-ath-thoifah-herbal-pelangsing-alami-dan-aman.html berpetualang di alam bebas, sgala kemungkinan bisa aja terjadi

KemalaHerbal.com 9 April 2016 pukul 15.55  

Terima kasih atas berita dan informasi yang telah dibagi. informasi tsb sangat membantu kita dalam meminimalkan resiko yang akan dihadapi ketika kita KemalaHerbal.com/harga-jual-hajar-jahanam-mesir-asli-cair-cap-piramid-obat-kuat-herbal-alami mendaki gunung.

Ali Man 12 April 2016 pukul 10.36  

mantep banget blog tentang mengatasi hipotermia ini. bermanfaat sekali. izin share ya, bro

obat gangren 30 Agustus 2016 pukul 08.23  

penyakit yang menakutkan yah gan

funpoker88 18 Oktober 2017 pukul 22.01  

funpoker88 Adalah Situs judi poker online Menyediakan server poker88 yang memberikan permainan domino online, dominoqq, Bandar Ceme dan Capsa Susun terpercaya di indonesia

Agen Bola Terpecaya 7 Januari 2018 pukul 20.38  

Please stay us informed like this. Thanks for sharing. ??

Scr888 Malaysia 2 Juli 2019 pukul 21.30  

I have read many blogs scr888 casino game free download in the net but have never come across such a well written blog. Good work keep it up

flag 3 Juli 2019 pukul 14.35  

I think most people would 918kiss hack agree with your article. I am going to bookmark this web site so I can come back and read more articles. Keep up the good work!

scr888 malaysia login 3 Juli 2019 pukul 18.35  

This article has great reference value, thank you very much for sharing, I would like to reproduced scr888 kiss918 apk download your article, so that more people would see it.

OneGold88 28 Agustus 2019 pukul 21.16  

This is easier 918kiss Apk Download and surely gives comfort to internet 918KISS DOWNLOAD 2019 users. Thanks for sharing. Post like this 918KISS DOWNLOAD IOS offers great benefit. Thank you!

Muhammad Usman 7 November 2019 pukul 20.13  

This is easier and surely gives comfort to mega888 bet
internet users. Thanks for sharing. Post like this offers great benefit. Thank you!

IDN Poker 3 Desember 2019 pukul 10.39  

bermain judi online di idn poker anda bisa mendapatkan banyak keuntungan yang langsung di bayarkan kepada pemain setiap hari dan bonus menarik di setiap permainan yang di mainkan, hanya dengan deposit 10 ribu rupiah anda sudah bisa bermain judi idn poker, jika anda penasaran bisa klik link di bawah ini untuk lebih lanjutnya.
http://www.studiognata.it/index.php?option=com_k2&view=itemlist&task=user&id=1096648

IDN Poker 11 Januari 2020 pukul 09.52  

idn poker situs judi poker terpercaya 2020 untuk bermain judi poker onlline karena bisa menguntungkan pemain dengan cepat dan mudah setiap hari, hanya dengan minimal deposit 10 ribu anda sudah bisa bermain di idn poker, ayo klik link di bawah ini untuk bermain di idn poker.

https://www.tumblr.com/blog/situsidnpoker77

Posting Komentar

free counters

Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net Msn bot last visit powered by MyPagerank.Net Indonesian Blogger Suara Petualang Adventure Blogs - Blog Catalog Blog Directory Free Automatic Backlink kostenlose backlinks